Nggak Butuh Skill Masak, Ini 7 Menu Sahur Praktis Buat Anak Kos

19 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Bulan puasa menjadi perjuangan sendiri bagi anak kos. Pasalnya, di bulan yang suci ini anak kos harus lebih mandiri tidak seperti di rumah, setidaknya kamu harus menyiapkan menu berbuka dan sahur sendiri di kos. Mungkin untuk buka puasa nggak terlalu ribet karena masih memungkinkan untuk makan di luar. Namun bagaimana ketika sahur? Tentu akan berbeda karena kamu harus mandiri menyiapkan menu sahur sendiri. Caranya?

Sebenarnya tidak sulit, kok. Tapi tentu saja kos kamu harus memiliki dapur mini bersama alat-alatnya. Selain itu, belanja bahan-bahan juga harus kamu lakukan sehari sebelumnya dan sesuaikan dengan menu yang akan kamu masak. Kalau sudah, berikut ini ada referensi menu sahur yang praktis untuk kamu bikin di kos. Penasaran? Kepo, yuk!

1. Mie instan pakai sayur

Pasti mie instan bakal jadi andalan sebagai menu sahur. Soalnya bikinnya memang nggak ribet. Tapi biar lebih sehat, kamu bisa tambahkan sayur di dalamnya, seperti sawi, brokoli, wortel, dan lainnya. Nggak ada salahnya makan mie instan dengan sajian berbeda. Pasti rasanya juga nggak kalah enak. Lalu kamu juga bisa menambahkan telur, sosis, atau ayam suwir di dalamnya.

2. Sop

Biar sehat, selama bulan puasa kamu perbanyak makan sayur. Untuk itu, menu sahur kamu bisa coba bikin sop. Bikinnya juga mudah. Kamu tinggal siapkan saja sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, bunga kol, jagung manis, dan lainnya. Lalu untuk bumbunya biar praktis, kamu bisa pakai bumbu instan yang ada di pasaran. Kalau ingin tambah nikmat, kamu bisa tambahkan ayam, sosis, atau bakso di dalam air rebusannya.

3. Bubur nasi

Siapa sih yang nggak bisa buat bubur nasi? Pasti kebanyakan orang bisa membuatnya. Soalnya kamu tinggal modal rice cooker, beras, sama air saja. Prosesnya sama kayak masak nasi, hanya saja airnya lebih banyak dan diaduk. Ini bisa cocok untuk menu sahur kamu. Biar rasa bubur tambah nikmat, tambahkan beberapa topping seperti ayam suwir atau cakue, lalu taburi bawang goreng dan seledri. Lalu makannya, bisa kamu tambahkan kecap.

4. Telur dadar campur

Siapa nih yang suka bikin telur dadar campur? Selain mengenyangkan, bikinnya juga mudah. Kamu hanya perlu memakai telur dan beberapa sayur saja. Saat kamu mengkocok telur, tambahkan sayur di dalamnya yang sudah kamu potong. Mungkin bisa bayam, seledri, sawi, sosis, dan lainnya. Ini bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kemudian kamu tinggal goreng saja. Mudah, bukan? Oiya, jangan lupa kasih garam dalam adonannya.

5. Telur orak-arik dan sayur

Masih dari olahan telur, kali ini orak-arik sayur. Bikinnya gampang. Kamu tinggal siapkan wajan dengan sedikit minyak di dalamnya. Lalu masukkan telur, sayur dan garam yang sudah kamu siapkan. Untuk sayur juga bisa kamu sesuaikan selera, seperti sawi, brokoli, buncis, wortel, dan lainnya. Lalu apinya jangan terlalu besar ya, sedang saja.

6. Roti sandwich

Kalau kamu ingin praktis dan sehat, bikin roti sandwich bisa kamu coba. Tapi pilihlah roti gandum yang banyak seratnya. Lalu untuk protein, kamu bisa memakai telur dan sosis. Kemudian untuk vitamin dan mineral, tambahkan daun selada, tomat, dan mentimun. Lalu minumnya dengan susu. Duh, pasti cocok nih buat menu sahur. Kalau belum kenyang, kamu bisa makan buah seperti apel, pisang, biar tubuh sehat selama puasa.

7. Oatmeal

Mungkin kamu nggak cukup kenyang makan oatmeal, untuk itu kamu bisa tambahkan buah dan sayur di dalamnya. Mungkin yang bisa kamu gunakan seperti brokoli, wortel, jagung yang sudah direbus atau ditumis sebelumnya. Lalu kalau masih kurang, tambahkan sumber protein seperti ayam, daging, atau telur. Atau dengan cara sajian lain, kamu bisa menambahkan buah dan yogurt di dalamnya agar makin lezat. Kemudian susu sebagai pelengkapnya.

Itulah tadi beberapa menu sahur yang cukup sederhana untuk kamu buat di kos. Mana nih yang menurutmu paling memungkinkan dibikin? Semua menu tadi cukup mudah kok dan nggak butuh skill memasak khusus. Jadi semua orang pasti bisa membuat menu andalan tadi. Selamat mencoba, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES