Nggak Boleh Asal, Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Bedak!

03 Mei 2018
|G Pangestu Jati
0SHARES

Bagi banyak perempuan, make up menjadi salah satu kebutuhan hidup yang nggak bisa ditinggalkan. Karena dengan bantuan make up, mereka dapat memoles kecantikannya hingga jadi lebih terlihat. Selain itu, make up menjadi salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri dan orang-orang yang akan ditemui.

Dari berbagai macam jenis make up yang digunakan oleh para perempuan, satu di antaranya yang paling penting adalah bedak. Produk kosmetik satu ini selain dapat mempercantik tampilan kulit wajah, juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Namun, ternyata tidak semua jenis bedak cocok digunakan oleh sembarang kulit, lho! Kali ini, Yukepo akan berbagi tips tentang cara memilih bedak yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu. Simak, yuk!

1. Perhatikan warnanya, sesuai nggak dengan kulitmu?

Terlepas dari merek, kamu harus pilih warna yang sesuai dengan warna kulitmu. Memilih warna yang lebih terang daripada warna kulit dapat menyebabkan kulitmu berwarna abu-abu. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki kulit dengan undertone dingin, kamu bisa memakai bedak berwarna pink atau bedak yang berwarna satu hingga dua tingkat di bawah warna kulitmu.

Namun, jika kulitmu gelap dengan undertone hangat, kamu bisa memilih bedak berwarna kuning atau oranye, atau warna lain yang kira-kira cocok dengan kulitmu.

2. Untuk yang punya kulit berminyak, pastikan jenis bedakmu tepat!

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, sebaiknya kamu memilih bedak jenis oil-control matte finish powder. Bedak jenis ini sangat cocok untuk kulitmu karena dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Kemudian, kamu harus menghindari bedak yang dapat menyebabkan efek glowing karena bedak jenis ini malah akan membuat wajahmu semakin tampak berminyak. Sebelum mengoleskan bedak ke seluruh muka, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggosok wajah dengan es batu. Cara ini dilakukan untuk mengecilkan pori-pori sehingga dapat mengurangi minyak berlebih.

3. Begitu juga dengan kamu yang berkulit kering

Buat kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, jangan gunakan bedak tipe matte. Bedak jenis ini akan membuat kulitmu lebih kering. Namun, kamu bisa menggunakan bedak jenis cream based compact atau translucent powder karena akan membuat wajah terlihat lebih sehat dan tidak bersisik. Sebelum mengaplikasikan bedak tersebut, kamu bisa mengenakan pelembab terlebih dahulu agar kulit terhidrasi dengan baik. Pelembab dapat membantu kulit terlihat lebih halus dan sehat.

4. Sedangkan kamu yang berkulit sensitif, ini yang harus diperhatikan!

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu bisa memilih bedak jenis mineral-based powder karena tidak mengandung minyak, lilin emolien, parfum, dan bahan pengawet. Selain itu, kamu juga bisa memilih bedak non-comedogenic dan non-acnegenic yang dibuat khusus untuk kulit yang mudah berjerawat.

Memilih bedak memang tak bisa sembarangan. Alih-alih membuat wajahmu cantik, pemilihan bedak yang salah malah bisa bikin penampilanmu nggak maksimal. Bahkan, bisa bikin kulit kamu break out atau jerawatan parah. Jadi, jeli saat memilih bedak ya girls!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
0SHARES