Ngekost Sekamar Berdua Itu Asik! Pokoknya, 12 Hal Ini Kalian Patuhi Bersama

03 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati

Buat yang pernah tinggal di asrama atau mess, pasti tahu betul suka dukanya tinggal sekamar berdua bahkan bertiga dan berempat dengan orang lain. Serunya sih kalian bisa barengan buat nonton film, ngemil, ngerumpi, pokoknya hari-hari kamu jauh deh dari kesepian dan kebosanan.

Namun, pasti kamu rindu punya “me time” alias waktu untuk sendiri. Iya, kadang kamu hanya ingin sendirian saja di kamar kost merenungkan hidupmu atau meratapi nasib burukmu hari ini. Tidak jarang kamu dan teman sekamarmu punya banyak kebiasaan berbeda yang bisa bikin kamu pusing dan sebel.

Untuk kamu yang harus tinggal sekamar dengan orang lain di asrama, kostan atau kamu yang siap-siap akan KKN, simak tips berikut biar tetap betah dan happy!

1. Buat kesepakatan dengan teman sekamarmu sejak awal pindah

Punya teman sekamar pastinya jadi tantangan tersendiri, bagaimana pun kalian besar di keluarga dengan tradisi dan karakter yang berbeda, hal-hal yang bisa menyebabkan pertengkaran pasti ada. Jadi, buatlah kesepakatan sejak awal, misalnya pada hari apa kalian harus bersih-bersih, barang-barang apa yang boleh dipinjam dan tidak. Jujur juga dengan kebiasaan kalian masing-masing, misalnya kentutmu bersuara keras jadi minta temanmu untuk maklum. Hehehe.

2. Sharing makanan, kadang-kadang

Kalau kamu habis masak atau punya makanan lebih, ajak teman sekamar makan bareng atau sisipkan catatan kalau temanmu boleh ambil sebagian saat kamu pergi. Berbagi makanan bisa bikin kamu dan temanmu makin akrab. Sebagai sesama anak rantau harus saling membantu, 'kan?

3. Berhenti berharap teman sekamarmu bisa jadi teman baikmu

Ya, sebab belum tentu juga. Jadi, siap-siap dengan segala kemungkinan. Ada kemungkinan kalau kalian cocok berteman akrab ataupun tidak. Tidak pun bukan masalah, kalian tetap punya hubungan baik.

4. Saling berbagi informasi penting untuk mengantisipasi hal darurat

Walaupun kalian nggak terlalu dekat, jangan ragu untuk membagikan beberapa kontak penting. Bagaimanapun juga teman sekamar adalah orang terdekat yang ada di sampingmu, ketika kamu sakit atau butuh bantuan. Jadi kamu perlu juga memberi tahu letak penyimpanan obat-obatan pribadimu atau nomor kontak orang tuamu jika terjadi sesuatu.

5. Saling mengingatkan

Sebagai teman satu kamar, kalian pasti punya beberapa hal yang harus digunakan berdua seperti kamar mandi. Nah, bagi jadwal piket saja siapa yang akan beli perlengkapan, seperti sabun cuci tangan, tisu, termasuk tugas bersih-bersih kamar mandi tiap minggunya. Usahakan untuk mematuhi jadwalnya ya, supaya nggak ada yang merasa dirugikan.

6. Kurangi hobi komentar seperti akun gosip

Ngaku deh, akun gosip memang seru kalau diikuti. Tetapi menyebalkan juga kalau setiap gerak-gerik orang selalu dipantau dan dikomentari dengan nyinyir. Nah, sebagai teman sekamar, kamu baiknya juga jangan terlalu banyak mencampuri urusan temanmu. Mau dia boros atau malas membereskan lemari pakaian, biarkan saja lah. Ingatkan seperlunya saja!

7. Beritahu kalau kamu akan mengundang tamu

Bagaimanapun juga itu kamar kalian berdua. Jadi kalau kamu mengundang temanmu untuk mengerjakan tugas kelompok, usahakan kamu mengabari teman sekamarmu sesegera mungkin.

8. Jangan paksakan kebiasaanmu kepada teman sekamarmu

Ingat lagi kalau kalian dibesarkan di rumah yang berbeda dengan tradisi yang berbeda. Jangan berusaha menekan teman sekamarmu untuk bisa sepertimu, lebih baik terima dia apa adanya dan lakukan yang terbaik sajalah!

9. Pakai headphone!

Ketika kamu ingin menghabiskan “metime” atau ingin fokus belajar, kenakan headphone! Ya, sebab dengan mengenakan headphone orang tahu kalau kamu sedang tak ingin diganggu.

10. Jangan pendam uneg-unegmu terlalu lama

Kalau pada akhirnya kamu dan temanmu tetap ada masalah, langsung selesaikan saja. Dalam kebiasaan kita memang cenderung diajarkan untuk tidak ceplas-ceplos dan sabar menghadapi perbedaan pendapat, tetapi kalau memang sudah terlalu lama akan jadi duri dalam pertemanan kalian. Tetaplah fokus pada solusi ya, jangan hanya memojokan temanmu.

11. Punya lampu sendiri-sendiri

Biasanya dalam satu kamar kalian cuma punya satu lampu. Kamu misalnya nggak bisa tidur dengan lampu menyala sementara temanmu masih butuh lampu untuk membaca. Solusinya, selain punya satu lampu master di tengah ruangan, kalian lebih baik beli lampu sendiri untuk diletakkan di dekat kasur atau meja belajar.

12. Pisahkan alat-alat mandimu

Alat-alat mandi merupakan salah satu benda paling pribadi yang harus kamu jaga betul-betul sebab nggak baik juga kalau kalian saling berbagi atau tukar alat mandi.

Bagaimana tipsnya? Semoga bermanfaat ya, ingat yang paling penting ketika kamu harus tinggal sekamar dengan orang lain adalah sabar dan toleransi. Yakin deh, kamu akan jadi manusia yang lebih bijak jika bisa melewati masa-masa sekamar berdua.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
SHARES