Muka Breakout Gara-Gara Coba Skincare Baru? Ini Cara Gampang Buat Mengatasinya!

mdemulher.abril.com.br

Saat mencoba skincare baru bukannya mulus malah muncul jerawat dan komedo di wajah. Bisa jadi kamu mengalami breakout karena terjadi reaksi penolakan dari kulitmu terhadap zat yang terkandung dalam skincare. Breakout itu banyak sebabnya, bisa dipicu stress, mendekati masa menstruasi, hingga akibat mencoba produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan kulit. Bukan hanya itu, breakout juga bisa terjadi karena eksfoliasi yang berlebihan.

Breakout biasanya tidak akan hilang dalam 2 atau tiga hari. Bahkan bisa semakin parah apabila tidak diatasi dengan tanggap. Daripada frustrasi terus-terusan, mending kamu mengambil langkah cepat untuk mengatasinya. Inilah cara yang paling gampang!

1. Hentikan penggunaan skincare yang memicu breakout

simplysona.com

Setelah mengetahui  terjadi reaksi penolakan dari kulitmu, kamu jelas harus menghentikan penggunaan skincare itu. Mungkin saja kamu alergi terhadap salah satu bahan di dalamnya, semisal bahan pengawet atau zat parfum yang ditambahkan. Lain kali, sebelum membeli skincare, cermati dulu komposisinya dan pastikan semuanya aman untuk kulit sensitifmu.

2. Kompres es batu

www.arabiaweddings.com

Jerawat yang meradang tentu sangat menyiksa kulitmu. Cara paling murah meriah untuk meredakannya adalah dengan menggunakan es batu. Sebelum melakukan perawatan ini, cucilah wajahmu menggunakan air bersih. Bungkus es batu menggunakan handuk lalu usapkan perlahan pada bagian yang ditumbuhi jerawat atau komedo. Sensasi dinginnya akan meredakan peradangan dan membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

3. Jangan lupakan moisturizer

www.sephora.com

Saat breakout, kulitmu sedang dalam keadaan rapuh-rapuhnya. Jangan biarkan dia berjuang sendirian menghadapinya. Bantulah menjaga kelembapannya dengan selalu mengaplikasikan moisturizer. Sebab, kulit kering justru akan semakin memperparah breakout.

4. Pakai makeup tipis dulu
www.wowkeren.com

Supaya tidak semakin parah, sebaiknya kurangi penggunaan makeup. Makeup berpotensi besar menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi wajah. Pakailah dulu makeup tipis-tipis atau kalau bisa malah puasa makeup dahulu. Dan sebisa mungkin, pilihlah kosmetik yang aman untuk kulit sensitif dan berjerawat.

5. Kunjungi dokter kulit
reductress.com

Kalau kondisi wajahmu semakin parah, misalnya merah-merah, gatal, dan kulit mengelupas. Segeralah buat janji dengan dokter kulit. Ia akan memberimu solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengobati kulitmu.

6. Bersabar

www.theodysseyonline.com

Menghilangkan breakout itu perlu waktu dan itu tidak cukup hanya satu malam saja. Wajah bisa pulih dari breakout dalam kurun waktu sekitar seminggu atau lebih tergantung seberapa parah peradangan yang terjadi pada kulit. Tidak ada cara lain untuk mengatasinya kecuali bersabar dan merawat kulitmu dengan baik.

Jangan main-main dengan kulitmu! Kalau sudah pernah breakout gara-gara salah pilih skincare, kamu harus lebih jeli lagi. Sadari benar-benar bahwa kulitmu sangat sensitif dan tidak boleh sembarangan. Tapi kalau breakout muncul akibat stress, kamu cukup melakukan hal yang membuatmu bahagia!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Mau Nyaingin Superman, Blus Dengan Kawat Penyangga Dada Ini Mulai Digandrungi. Berani Coba?

Mau Nyaingin Superman, Blus Dengan Kawat Penyangga Dada Ini Mulai Digandrungi. Berani Coba?

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Nggak Perlu Jadi Bartender Hebat, Kamu Bisa Coba Bikin 6 Milkshake Lezat Ini Sendiri

Nggak Perlu Jadi Bartender Hebat, Kamu Bisa Coba Bikin 6 Milkshake Lezat Ini Sendiri

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus  Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Kylie Jenner Taubat Pakai Filler, Apakah Tren Keseksian Bibir Tebal Bakal Berubah?

Kylie Jenner Taubat Pakai Filler, Apakah Tren Keseksian Bibir Tebal Bakal Berubah?

loading