Meskipun Sehat, 7 Makanan Ini Tidak Boleh Terlalu Sering Dikonsumsi!

05 Mei 2018
|Idham Nur Indrajaya
4.1 KSHARES

Banyak orang yang bilang kalau sakit itu mahal harganya. Bukan hanya soal uang saja, waktu yang sangat berharga pun akan terkikis jika kita sedang sakit. Sakit yang paling ringan saja sudah dapat mengurangi kinerja kerja kita, kan? Makanya, selagi masih bisa, kita harus menjaga kesehatan kita dengan baik, dan sehat itu sebenarnya murah loh selama kita punya wawasan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kita adalah asupan nutrisi yang terdapat pada makanan atau minuman yang kita konsumsi. Bagi yang memilih gaya hidup sehat, tentunya akan cenderung memilah-milah apa saja makanan yang layak untuk dikonsumsi setiap harinya. Akan tetapi, ternyata tidak semua jenis makanan yang sehat itu baik jika dikonsumsi setiap hari. Nah, di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa informasi tentang apa saja produk makanan yang sebenarnya sehat, tapi malah bisa memberikan dampak negatif kalau kamu terlalu banyak mengonsumsinya. Kita kepoin aja yuk, di bawah ini!

1. Minyak ikan

Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan antibodi tubuh sehingga mengurangi resiko terkena penyakit. Selain itu, omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan bisa juga membantu perkembangan kemampuan otak. Meski demikian, ternyata kita perlu memperhatikan dengan baik seberapa banyak dosis minyak ikan yang layak untuk dikonsumsi setiap harinya. Dosis yang dianjurkan adalah 1-6 gram untuk setiap harinya.

Jika terlalu banyak dikonsumsi, omega 3 malah akan membuat darah kita menjadi encer atau dalam kondisi yang dikenal dengan istilah trombositopenia (kekurangan trombosit dalam tubuh). Selain itu, vitamin A pada minyak ikan juga bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam dosis yang terlalu berlebih, khususnya pada anak-anak dan ibu hamil.

2. Tuna

Sama seperti minyak ikan, daging ikan tuna juga mengandung omega 3. Selain itu, kadar protein yang terkandung di dalamnya memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa tuna mengandung polutan lingkungan tingkat tinggi yang dikenal dengan nama Methylmercury. Polutan ini dapat menjadi racun pada saraf yang melambatkan perkembangan otak pada anak-anak, mengurangi kemampuan penglihatan, pendengaran, dan kemampuan berbicara. Ibu hamil dan anak-anak dianjurkan untuk membatasi konsumsi tuna sebanyak dua kali seminggu.

3. Kedelai

Kedelai memang dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun begitu, produk yang mengandung kedelai bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan berpotensi menyebabkan penyakit anemia jika terlalu banyak dikonsumsi. Selain itu, kadar estrogen pada kedelai juga dapat menyebabkan kanker Rahim jika pengonsumsiannya tidak dibatasi.

4. Bayam

Sudah menjadi pengetahuan yang sangat umum bahwa bayam adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jika terlalu sering memakan bayam, senyawa oksalat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, orang yang mengidap batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi bayam terlalu sering.

5. Tomat

Vitamin A dan vitamin C pada tomat memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Namun, kandungan asam pada tomat ternyata bisa menyebabkan asam lambung naik jika dikonsumsi terlalu banyak. Konsumsi tomat tidak boleh lebih dari dua buah per harinya.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, masih banyak lagi manfaat kacang-kacang lainnya berkat kandungan kalsium, antioksidan, protein, kalium, vitamin B, dan protein yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Walaupun begitu, jika dikonsumsi terlalu banyak, kacang-kacangan dapat menyebabkan penyakit asam urat dan memicu overdosis vitamin E.

7. Hati

Hati adalah bagian tubuh paling bergizi pada tubuh hewan karena mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat penting. Di sisi lain, hati mengandung vitamin A yang dosisnya lebih dari yang dianjurkan sehingga dapat menyebabkan overdosis. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi hati pun bisa menyebabkan gangguan penglihatan, peningkatan resiko patah tulang, menyebabkan stress, dan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit Alzheimer.

Itulah beberapa makanan yang ada baiknya kamu batasi meskipun semuanya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Di antara makanan yang disebutkan di atas, mana yang paling kamu sering konsumsi?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
4.1 KSHARES