Meski Sama-sama Nikmat, 7 Jenis Sate Khas Indonesia Ini Punya Rasa yang Berbeda

10 Juli 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Selain nasi goreng dan rendang, sate menjadi salah satu makanan khas nusantara yang telah mendunia. Makanan tusuk ini sendiri sudah ada di Indonesia sejak abad 19. Bukan sesuatu yang aneh jika sate telah tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Meski ciri khasnya terletak pada daging yang ditusuk dan kemudian dibakar, tetapi nyatanya tak hanya jenis sate Madura saja yang terkenal karena kelezatannya, masih ada berbagai jenis sate dari berbagai wilayah di Indonesia yang juga nggak kala nikmat dari sate ayam pada umumnya. Sate apa aja ya?

1. Sate lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya yang terdiri potongan daging, sate lilit dibuat menggunakan daging cincang yang dicampur dengan kelapa parut dan dibungkus melilit dengan tusukan batang serai. Sate lilit akan terasa semakin nikmat saat dicampur menggunakan sambal matah.

2. Sate padang

Selain sate madura, sate padang juga menjadi jenis sate yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bukan dibuat menggunakan daging ayam maupun kambing, date khas Sumatera Barat ini menggunakan jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan menggunakan berbagai macam bumbu. Ciri lainnya juga terdapat pada bumbunya yang berwarna kuning/oren kental. 

3. Sate klathak

Jika dilihat dari penampilan, sate klathak mungkin terlihat sama saja dengan sate pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah dari tusukannya yang menggunakan besi. Tusukan besi dipilih agar panasnya bisa meresap sampai ke dalam daging. Soal rasa, tentu tak perlu ditanya lagi. 

4. Sate ambal

Sate ambal merupakan sate khas Kebumen, Jawa Tengah yang dibuat menggunakan daging ayam kampung. Keunikan dari sate ambal yaitu dari bumbunya yang dibuat menggunakan tempek tumbuk yang dicampur dengan berbagai bumbu lainnya. 

5. Sate buntel

Mirip sate lilit, sate buntel merupakan makanan khas Solo atau Surakarta yang terbuat dari cincangan daging sapi maupun kambing. Daging cincang tersebut kemudian dibungkus menggunakan lemak pada tusukan bambu. Rasanya, tak beda jauh dengan daging kebab. 

6. Sate maranggi

Sate maranggi merupakan makanan yang begitu populer di daerah Jawa Barat. Sama seperti sate pada biasanya yang dibuat dari daging ayam maupun kambing, keunikan sate maranggi terletak pada bumbunya yang menggunakan tepung ketan dan bunga kecombrang. 

7. Sate bandeng

Berukuran lebih besar dari sate-sate yang lain, sate bandeng merupakan makanan khas dari Banten. Namun sebelum dibakar, duri yang terdapat pada ikan bandeng dihilangkan lalu dagingnya dibumbui dan dimasukkan kembali ke kulitnya. Sate bandeng memiliki cita rasa manis dan gurih. 

Itulah berbagai jenis sate yang menjadi khas di berbagai wilayah di Indonesia. Selain dari segi penampilan, dari segi rasa pun berbagai sate di atas memiliki ciri khasnya masing-masing. Belum lagi bumbu yang berbeda akan menciptakan rasa yang berbeda pula. Di antara jenis-jenis sate di atas, mana yang menjadi favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES