Meski Nggak Punya Pengalaman Kerja, 7 Hal Ini Bisa Bikin CV Kamu Keren

28 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mungkin menulis CV menjadi sebuah momok bagi kamu yang baru lulus atau belum memiliki pengalaman kerja formal. Salah satunya adalah mau mencantumkan apa aja ya agar CV tetap menarik dan mampu bersaing dengan orang-orang yang udah punya pengalaman? Jangan khawatir, masih banyak jalan menuju CV sempurna. Selain wajib mencantumkan profil dan riwayat pendidikan, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu tuliskan. Bukan tentang pengalaman kerja, justru kamu harus perhatikan hal-hal berikut dan terapkan ketujuh tips di bawah ini.

1. Layout dan font yang mudah dibaca

Salah satu hal yang paling sering disepelekan adalah layout CV yang mungkin nggak begitu penting bagimu. Ibaratnya, layout merupakan pakaianmu yang bisa menggugah kesan pertama. Nah, coba bikin CV dengan layout yang nggak begitu polos alias jangan standar banget. Tapi, jangan terlalu ramai dan berwarna-warni juga (kecuali kamu mau melamar di bidang seni atau desain). Sesuaikan layout dan font sehingga menjadi CV yang enak dibaca.

2. Mencantumkan link profil lengkap

CV atau resume hanyalah gambaran singkat. Sebisa mungkin nggak lebih dari dua halaman, terutama bagi kamu yang belum punya banyak pengalaman. Justru akan lebih baik lagi kalau kamu sanggup membuatnya menjadi satu halaman yang singkat, padat, dan jelas. Nah, kamu bisa mencantumkan link profil lengkap, seperti akun LinkedIn atau link portofolio kamu (missal fotografi atau tulisan) yang justru akan menambah nilai jual kamu.

3. Menyatakan minat dan goals

Kamu harus tahu posisi apa yang kamu lamar dan sesuaikan pernyataan minat dan tujuan kamu di situ. Misalnya, kamu melamar pada posisi marketing atau pemasaran. Kamu bisa nyatakan ketertarikanmu di bidang tersebut dan mengapa kamu pantas untuk bekerja di posisi itu. Akan lebih baik jika ditambahkan kalau kamu juga senang belajar hal baru, mampu berkomunikasi dengan baik, dan lain-lain yang terkait dengan bidang tersebut.

4. Pengalaman organisasi/ kepanitiaan

Inilah poin utama dari CV bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja. Pengalaman organisasi/ kepanitiaan seolah menggambarkan pengalaman kerja kamu. Masukkanlah pengalaman organisasi selama di kampus atau di luar kampus selama organisasi tersebut bersifat positif. Urutkan dari pengalaman organisasi/ kepanitiaan dengan jabatan tertinggi hingga terendah. Dengan begitu, akan terlihat kemampuan kepemimpinan dan kerja sama tim yang kamu miliki.

5. Prestasi atau pendidikan informal

Tulislah prestasi yang pernah kamu raih, maksimal sih dari SMA. Maksudnya, prestasi yang diraih sebelum SMA nggak perlu ditulis, kecuali prestasi tersebut berada di tingkat nasional dan internasional. Gimana kalau kamu nggak punya prestasi formal? Kamu bisa menuliskan kegiatan seminar, pelatihan, atau kursus yang pernah kamu ikuti, maksimal dari SMA. Kalau bisa, tuliskan pengalaman pendidikan informal tersebut sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar.

6. Kemampuan atau hobi

Bagian skill atau kemampuan, kamu bisa tuliskan hal-hal yang menurutmu dapat menunjang pekerjaan di posisi tersebut. Misalnya nih, kalau pekerjaannya di bidang marketing, kamu bisa cantumkan keahlian dalam menguasai media sosial atau kemampuan persuasif. Selain kemampuan, kamu juga bisa menuliskan hobi yang dapat menambah nilai jual dan daya tarik. Kamu bisa cek artikel di bawah ini nih. Tapi, menulis hobinya harus yang jujur, ya!

tips menulis hobi di cv

7. Pengalaman magang dan volunteer

Mungkin kamu belum punya pengalaman kerja formal, tapi kamu pernah magang, bekerja paruh waktu, atau freelance. Kamu bisa mencantumkan beberapa pengalaman tersebut. Bisa juga, lho, menuliskan pengalaman volunteering atau sukarelawan. Jangan dianggap sepele, justru pengalaman kayak gini akan membuatmu menjadi lebih menarik. Intinya, yang punya banyak pengalaman akan lebih terlihat kredibel.

Gimana? Nggak bingung lagi dong menulis CV yang keren meski belum punya pengalaman kerja? Tapi yang pasti, semua hal yang ada di CV kamu akan jauh lebih mantap ketika kamu menuliskannya secara jujur. Good luck ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES