Menurut Ahlinya, Ini Lho 5 Tips Membeli Mobil Pertama Kali Agar Nggak Menyesal

18 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Banyak yang mengatakan bahwa mobil itu udah seperti rumah kedua atau bahkan banyak yang menganggap memilih mobil itu ibarat memilih pasangan hidup. Sebegitu pentingnya kehadiran kendaraan roda empat di hidup masyarakat kota atau kalangan menengah dan ke atas ini membuat banyak industri mobil yang mengedepankan kemudahan serta harga yang terjangkau bagi siapa saja yang ingin membeli mobil. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali membeli mobil, yuk ikuti lima tips berikut yang menurut para ahli bikin kamu nggak akan menyesal nantinya!

1. Beli mobil untuk apa? Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Kamu harus tahu dulu nih kebutuhan kamu punya mobil itu untuk apa. Apakah untuk dipakai sendiri sehari-hari, apakah untuk mendaftar sebagai taksi online, atau mungkin butuh mobil untuk pamer ke gebetan? Nah, kalau udah tahu kebutuhannya apa, kamu bisa lebih mudah menentukan mobil mana yang tepat. Misalnya, kamu hanya butuh untuk dipakai pulang pergi ke kampus, ya nggak perlu beli mobil SUV yang gede. Cukup pilih tipe hatchback atau city car. Pokoknya, kembali lagi ke tujuan kamu membeli mobil itu untuk apa.

2. Pilih mobil dengan harga yang pas di kantong

Penting banget nih. Jangan sampai kepengen mobil yang mahal, tapi jadinya malah berhutang atau nyicil hingga bertahun-tahun. Ingat, harga mobil itu semakin lama semakin turun (kecuali mobil antik), tapi cicilannya udah pasti nggak akan turun. Pertimbangkan juga sistem pembayaran yang berlaku saat transaksi, apakah kredit melalui leasing, bayar tunai, dan sebagainya. Jangan beli mobil sport kalau rekening tabunganmu cukupnya hanya buat beli mobil antarjemput anak sekolah, ya!

3. Kenali brand mobil yang kamu taksir

Memilih mobil itu ibarat memilih pasangan. Kamu harus tahu bibit, bebet, dan bobotnya. Kamu pasti tahu kan brand mobil mana aja sih yang ada di pasaran dalam negeri. Nggak hanya kenal brand-nya, kamu juga harus ketahui apakah brand favoritmu itu punya distributor resmi di Indonesia, apakah memiliki jaringan aftersales dan service yang oke? Ketahui juga keuntungan apa aja sih yang ditawarkan brand tersebut. Jadi, nggak hanya menarik secara penampilan dan kualitas, kamu juga harus paham dengan ‘silsilah keluarga’-nya mobil itu.

4. Ingin hemat? Cari mobil dengan kapasitas mesin kecil

Mungkin salah satu pertimbangan terbesar dalam membeli mobil pertama kali adalah gimana caranya agar bisa tetap hemat? Perlu ditanamkan sejak awal bahwa yang namanya punya mobil itu nggak hanya akan keluar uang di awal saat membeli. Mobilmu membutuhkan perawatan dan juga penunjang lainnya agar tetap maksimal. Bagi kamu yang ingin berhemat, kamu bisa pilih mobil dengan kapasitas mesin kecil agar lebih irit dan juga pajaknya yang lebih terjangkau. Pelajari dulu aja deh mengenai mesin dan segala kebutuhan calon mobilmu.

5. Kesiapan mental dan finansial dalam merawat mobilmu

Meskipun nggak bisa dikategorikan sebagai investasi yang menguntungkan, tapi bukan berarti mobil nggak perlu dirawat. Justru dengan merawat mobil, harga jual kembalinya nggak akan terjun bebas karena kualitasnya masih mantap. Nggak cuma pacar aja yang butuh perhatian dan kasih sayang, mobilmu juga butuh. Kalau pacarmu ngambek karena nggak diberikan perhatian, mobil juga bisa ngambek dengan mogok dan menurunnya performa. Jadi, kalau nggak siap untuk berbagi hati dengan mobil, lebih baik kamu latihan dulu deh.

Mobil memang bukanlah kebutuhan primer setiap orang. Kalau kamu merasa udah yakin dan memang membutuhkan mobil, kamu bisa terapkan kelima tips di atas. Jangan lupa untuk selalu menghemat bahan bakar, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES