Mengintip 7 Menu khas Berbuka Puasa dari Berbagai Negara. Jadi Pengen Cicip!

08 Juni 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Selama bulan Ramadan pasti banyak kuliner khas yang bakalan muncul sebagai menu berbuka puasa. Hidangan lezat ini bisa dari minum maupun makanan. Terlebih lagi, makanan tradisional juga sering tersedia di meja makan. Kuliner inilah yang suka ditunggu karena rasanya yang nikmat saat disantap di bulan puasa. Itulah mengapa pasti akan menarik jika kamu melihat menu khas buka puasa di berbagai negara. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Baray Dahi dari India

Di India terdapat salah satu makanan khas yang sering dijadikan menu buka puasa, yaitu Baray Dahi. Kuliner ini menjadi santapan favorit selama Ramadan. Kudapan lezat ini terbuat dari adonan lentil yang digoreng hingga keemasan dan direndam di dalam campuran yogurt. Kemudian menggunakan saus asam manis yang mantap banget.

2. Haleem dari Pakistan

Haleem membutuhkan proses waktu pembuatan yang cukup lama. Namun meski begitu, di Pakistan hidangan ini menjadi favorit selama bulan Ramadan. Kudapan lezat ini terbuat dari gandum, lentil, barley, dan daging. Bumbu yang yang digunakan juga khas dari negara tersebut. Aroma dan cita rasanya begitu memanjakan lidah kamu.

3. Stuffed Grape Leaves dari Mesir

Kuliner ini dibungkus dengan daun anggur. Di Mesir kuliner ini nggak pernah absen saat buka puasa. Di dalamnya terdapat isian nasi dan daging. Cara memasaknya dengan dikukus selama beberapa menit. Penasaran pengen mencicipi?

4. Shorbet Adas dari Palestina

Shorbet Adas juga disebut sup lentil. Kudapan ini menjadi hidangan wajib Ramadan di Palestina. Terlebih di musim dingin, makanan ini selalu ada. Selain enak, hidangan ini juga memiliki banyak manfaat buat tubuh karena kaya serat, protein, rendah kalori, dan vitamin C.

5. Borek dari Turki

Borek terbuat dari pastry yufka yang tipis dengan berbagai macam isian. Biasanya di dalamnya terdapat daging sapi, keju putih, sayuran, sosis, dan kentang. Di Turki, hidangan ini menjadi andalan untuk menu buka puasa.

6. Fesenjan dari Iran

Fesenjan merupakan kuliner tradisional dari Iran. Di bulan Ramadan, kudapan lezat ini selalu ada di meja makan. Bahan pembuatan utamanya dari daging ayam atau bebek. Sebagai teman makan, kamu bisa menggunakan nasi kuning, putih, atau pun roti. Terlihat yummy, ya!

7. Chakchouka dari Aljazair

Kudapan lezat ini dibikin dari saus tomat dan telur. Menu ini menjadi santapan khas di Aljazair sebagai menu buka puasa. Biasanya sebagai teman makan Chakchouka, ada roti khas negara tersebut. Hidangan ini berasal dari kekaisaran Ottoman hingga menyebar ke Timur Tengah dan Spanyol. Tertarik mencoba?

Itulah tadi makanan-makanan lezat dari berbagai negara yang sering digunakan untuk menu buka puasa. Pasti kamu ingin mencicipi, bukan? Memang, dilihat dari fotonya saja sudah bikin kita nelen ludah. Duh, yang sabar ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES