Mau Weekend-mu Lebih Berfaedah? Coba Deh Lakuin 5 Kegiatan yang Produktif Ini

unsplash.com

Untuk kamu yang sedang kuliah atau udah bekerja, terutama yang kantoran pasti punya waktu luang saat weekend, 'kan? Terlepas dari jam lembur dan adanya kegiatan tertentu di akhir pekan, apa kegiatan kalian di hari libur?

Beberapa memang menggunakannya untuk istirahat, cuci baju, atau bersih-bersih. Terus apa lagi? Tidak jarang kita merasa bosan karena kehabisan kegiatan lain untuk dilakukan pas weekend tiba. Berikut list kegiatan yang bisa kamu lakukan tiap Sabtu dan Minggu tiba. Biar akhir pekanmu lebih produktif

1. Lakukan hal yang paling dinginkan sejak dulu tapi belum kesampaian

pexels.com

Kita pasti punya satu atau dua hal yang sejak lama ingin sekali kita lakukan, bahkan kalau bisa itu menjadi karir yang bisa kita jalani seumur hidup. Contohnya, memasak, menulis, atau menjadi desainer. Namun, sayangnya tidak semua orang beruntung bisa menjadikan hobi mereka sebagai mata pencaharian.

Selagi kita tetap kuliah atau bekerja rutin dari hari Senin-Jumat, kita bisa sempatkan melakukan hal-hal yang kita senangi sekaligus mengasah kemampuan saat hari Minggu tiba. Siapa tahu, lama-kelamaan kamu menemukan titik terang dan berhasil mencapai impian kamu melakukan hal yang kamu sukai untuk hidup. 

2. Berkumpul dan ber-quality time dengan orang terdekat

pexels.com

Kelihatannya memang mudah bukan? Jangan salah manfaat dari kegiatan ini cukup besar, terutama untuk kesehatan mental. Orang terdekat, baik keluarga, dan teman merupakan zona nyamanmu atau bisa dibilang pil kebahagianmu yang bebas efek samping. Berada di sekitar orang yang selalu mendukung dan memberikan energi positif bisa menimbulkan efek teduh, hangat, dan bahagia, kita merasa diterima dan diinginkan.

Berkumpul di weekend dengan orang terdekat bisa bermanfaat mengisi dayamu sebelum kembali ke rutinitas yang melelahkan. 

3. Keluar rumah sepagi mungkin saat weekend, jangan molor di kamar aja

pexels.com

Ini nih yang selalu sulit dilakukan. Banyak orang yang merasa kalau weekend itu waktu untuk bermalas-malasan setelah lelah bekerja. Tak jarang kita bangun siang bahkan tidak mandi seharian. Sebenarnya ini salah kaprah. Meskipun kita kurang tidur karena tuntutan pekerjaan atau tugas kuliah, bukan berarti kita bisa menambahkan jam tidur di akhir pekan. Apalagi jika jam tidurmu berlebihan di akhir pekan.

Lebih baik kita bangun pagi dan segera pergi keluar, entah berjalan-jalan santai atau lari pagi. Sekalian berolahraga. Di beberapa kota, sudah ada program Car Free Day setiap minggu pagi tuh, bisa juga kita ke sana dan mencari udara segar sekalian jajan. 

4. Ngerapiin lemari dan memilah barang yang nggak terpakai
pexels.com

Ya, ini merupakan kegiatan spesifik dari bersih-bersih rumah atau kamar kos, tetapi lihat deh manfaatnya. Siapa tahu dengan memilah-milah barangmu yang sudah menumpuk di gudang atau kamar, kamu menemukan buku-buku lama zaman sekolah, buku cerita anak-anak, atau pakaian yang sudah kekecilan.

Kalau masih sangat layak tetapi tidak berguna untuk kamu, mengapa tidak kamu sumbangkan saja ke yang membutuhkan? Hubungi temanmu yang merupakan pegiat kegiatan sosial yang sedang mengadakan program amal dan menerima sumbangan barang bekas, atau bergabung sekalian ikut dalam program tersebut sebagai sukarelawan. Lumayan, bersih-bersih kamar sekalian beramal. Akhir pekanmu makin berfaedah. 

5. Memulai proyek sampingan

pexels.com

Kalau kamu punya ide, jangan pernah ragu untuk mengeksekusinya. Memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Proyek sampingan ini bermacam-macam tergantung tujuanmu. Bisa kamu lakukan misalnya menjual jajanan atau kerajinan yang kamu buat dengan teman di acara Car Free Day, festival, atau acara yang sedang berlangsung di kotamu.

Itu dia hal produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi weekend-mu. Pilih mana yang cocok buat kamu dan jangan lupa dicoba ya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hobi Jalan-jalan? 7 Sepatu Ini Bisa DIjadikan Pilihan buat Kegiatan Traveling-mu!

Hobi Jalan-jalan? 7 Sepatu Ini Bisa DIjadikan Pilihan buat Kegiatan Traveling-mu!

Biasakan Lakuin 6 Tips ini, Biar Kamu Ketularan Jadi Orang Kreatif nan Asyik

Biasakan Lakuin 6 Tips ini, Biar Kamu Ketularan Jadi Orang Kreatif nan Asyik

7 Tips Mujarab Biar Kentutmu Baunya Lebih “Sopan” dan Nggak Jadi Polusi Udara

7 Tips Mujarab Biar Kentutmu Baunya Lebih “Sopan” dan Nggak Jadi Polusi Udara

Kaleng Bekas Numpuk di Gudang? Yuk, Percantik dengan Teknik Gampang Decoupage Ini!

Kaleng Bekas Numpuk di Gudang? Yuk, Percantik dengan Teknik Gampang Decoupage Ini!

Mau Menghilangkan Tato Permanen? 10 Cara Alami Hingga  Medis Ini yang Kamu Cari!

Mau Menghilangkan Tato Permanen? 10 Cara Alami Hingga Medis Ini yang Kamu Cari!

Sulap 10 Barang Bekas Ini Jadi Dekorasi Natalmu. Perayaan Spesialmu Makin Terasa Meriah!

Sulap 10 Barang Bekas Ini Jadi Dekorasi Natalmu. Perayaan Spesialmu Makin Terasa Meriah!

loading