Mau Wawancara Kerja Online? Pasti Lancar Dengan 7 Tips Ini!

29 September 2017
|Pandu Rijal Pasa
172SHARES

Dalam proses rekrutimen kerja di era digital ini, tidak jarang perusahaan melakukan wawancara online dengan menggunakan video call. Biasanya, perusahaan yang menerapkan sistem wawancara online ini adalah perusahaan besar sekelas multinasional maupun perusahaan yang sudah melek digital.

Meskipun tidak melakukan tatap muka secara langsung, bukan berarti wawancara online ini menjadi mudah untuk dilalui. Salah-salah, kita malah melewatkan beberapa hal penting yang seharusnya kita perhatikan. Nah, berikut ini adalah tips yang perlu kamu pahami sebelum melakoni wawancara secara online! Biar kamu yang bisa mendapatkan pekerjaan itu!

1. Pastikan koneksi stabil

Koneksi internet merupakan salah satu hal yang paling penting dalam melakukan wawancara online. Kamu harus pastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan dalam kondisi prima. Karena kamu dan pewawancara tidak bertatap muka, maka jaringan internet lah satu-satunya media yang menghubungkan kalian. Jangan sampai koneksi yang kamu gunakan tidak cukup kuat untuk melakukan streaming yang takutnya nanti malah akan muncul delay maupun transmisi data menjadi tidak sempurna.

2. Tetap perhatikan penampilan

Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, bukan berarti kamu bisa seenaknya saja dalam berpenampilan ketika sedang melakukan wawancara secara online. Kamu harus tetap menjaga penampilan dengan menggunakan pakaian yang layak. Setidaknya, hal tersebut akan menjadi gambaran dari attitude yang kamu miliki di mata pewawancara. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengenakan busana yang kasual dengan warna yang tidak mencolok sepert abu-abu, krem atau putih supaya pewawancara tidak terganggu.

3. Pilih tempat yang tepat

Pastikan bahwa tempat yang kamu pilih untuk melakukan wawancara merupakan tempat yang benar-benar tepat. Hindari tempat-tempat publik seperti kafe, taman, dan sejenisnya karena peluang gangguan yang datang akan sangat besar. Kamu bisa mencari tempat yang tidak terlalu bising dan juga tidak terlalu banyak distraksi atau gangguan yang akan kamu hadapi seperti di kamar ataupun menggunakan ruang privat yang bisa kamu sewa secara khusus.

4. Selalu perhatikan kamera

Tidak berada dalam ruangan yang sama bukan berarti tidak ada kontak mata. Karena yang menangkap gambar anda adalah webcam, maka usahakan untuk selalu menatap ke arah webcam seolah-olah anda menatap mata pewawancara. Jangan sampai malah kamu terlalu banyak menatap ke layar karena pewawancara akan melihatmu seperti menunduk. Serta juga jangan sampai pandangan mata kamu ke arah mana-mana yang menyebabkan anda terlihat kurang meyakinkan dalam pandangan pewawancara.

5. Siapkan kertas kosong

Keuntungan dari melakukan wawancara secara online adalah bahwa kamu bisa menyiapkan catatan berupa lembaran kosong yang terjangkau oleh tanganmu. Hal ini digunakan supaya anda tidak kebingungan saat akan mencatat apa yang perlu dicatat sewaktu wawancara. Karena jika kamu tidak menyiapkan catatan kosong ini dari awal dan terjangkau tangan, ketika tiba-tiba ada sesuatu yang perlu dicatat, kamu akan kelabakan dan justru membuatmu terlihat aneh. Tidak mau terlihat seperti itu, 'kan?

6. Siapkan catatan kecil

Selain menyiapkan kertas kosong, kamu juga perlu menyiapkan catatan. Catatan ini bisa berupa poin-poin yang akan kamu sampaikan ketika wawancara, maupun kumpulan kemungkinan dari pertanyaan serta jawaban yang telah anda siapkan sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa memang kamu bisa membuka catatan, namun jangan sampai hal tersebut membuat kamu terlihat seperti mencontek dan ribet sendiri yang mana hal tersebut akan membuat perekrut tidak nyaman dan berpikiran negatif tentangmu.

7. Lakukan simulasi wawancara

Untuk memastikan kesiapan kamu, dan juga supaya kamu tidak grogi nantinya, kamu bisa lho melakukan simulasi wawancara online dengan temanmu. Tujuan dari simulasi ini adalah selain agar kelak kamu tidak lagi merasa grogi, kamu juga bisa memastikan banyak hal antara lain terkait pakaian, tempat serta kualitas koneksi. Kamu juga bisa mendapatkan feedback dari teman yang melakukan simulasi tersebut denganmu, sehingga kamu bisa mendapat masukan yang baik sebelum melakoni wawancara online yang sebenarnya.

Selain hal-hal di atas, sama seperti wawancara pada umumnya, kamu perlu mengetahui profil tentang perusahaan yang dilamar serta kesiapan baik materi maupun mental dari dirimu pribadi. Serta, kamu juga perlu menjaga kesehatan supaya fisikmu tetap prima ketika melakukan wawancara. Sehingga, selain yang sudah disampaikan di atas, kamu juga jangan sampai lupa dalam menyiapkan hal tersebut ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
172SHARES