Mau Warna Rambut Kekinian yang Ramah Lingkungan? Cobain 7 Pewarna Rambut Alami Ini!

www.matrix.com

Hobi ngikutin tren warnain rambut tapi galau kalo bikin rambut rusak? Kalian harus tahu dong, kalo selain mengandung resiko untuk kesehatan, pewarna rambut juga sebagian besar menyebabkan limbah tidak ramah untuk ekosistem. Sebenarnya, nggak perlu repot keluar ongkos ke salon dan membahayakan bumi dengan limbah kalo mau membuat rambut kita berwarna dan sehat. Kita bisa lho menggunakan berbagai bahan alami. Bahkan bisa kita temukan bahan-bahan di dapur kita untuk jadi pewarna rambut alami. 

Nah, biar kamu tetap kekinian tapi nggak membahayakan kesehatan dan lingkungan, simak terus artikel ini, ya!

1. Lemon

www.wikihow.com

Pengen bikin highlight alami di rambut kalian? Coba pakai perasan lemon yang disemprotkan ke bagian rambut yang diinginkan sambil disisir sampai merata. Biarkan sampai beberapa jam di bawah sinar matahari, lalu bilas. Hasil yang tampak memang nggak instan ya guys, jadi lebih sering dilakukan lebih baik, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Teh Chamomile

fitsmag.com

Jika kalian punya dasar warna rambut cokelat, baik karena di cat sebelumnya atau memang warna aslinya, kalian bisa pakai teh jenis ini untuk membuat warna merah terang. Teh chamomile memiliki sifat bleaching jadi dengan penggunaan rutin, bisa membuat warna rambut kemerahan yang cantik. Tenang aja, warnanya nggak bakalan alay kok. Kalian juga bisa mengkombinasikan dengan pewarna rambut lainnya setelah hasilnya terlihat. Sama halnya dengan pewarnaan di salon yang menggunakan bleaching dulu untuk membuat warna terang.

Semakin lama kalian membiarkan tehnya pada rambut, semakin keluar warnanya. Apalagi dengan penggunaan berulang-ulang. Bisa juga dengan menggunakan hair cap lalu dibawa tidur semalaman baru dibilas keesokan harinya. Kuncinya adalah gunakan teh konsentrasi tinggi untuk pewarnaan. Gunakan 3-5 kantong teh dengan 2 gelas air. Kalian bisa menggunakan pewarna rambut dari larutan teh itu aja, atau biar rambut lebih lembut, campurkan dengan conditioner secukupnya.

3. Bunga Sepatu Merah

harmonicarts.ca

Agar warna rambut kalian lebih berwarna merah gelap atau memiliki highlight merah, kalian bisa juga menggunakan sari bunga sepatu warna merah setelah di-bleaching dengan teh chamomile tersebut. Efeknya adalah kumulatif dari penggunaan secara rutin. Caranya adalah dengan merendam kelopak bunga sepatu dalam air hangat selama 30 menit, saring, dan biarkan dingin. Semprotkan sari bunga pada rambut dan biarkan kering di bawah sinar matahari.

4. Buah Bit
cdn.shopify.com

Kalian bisa punya rambut warna pink ala-ala tema mermaid atau unicorn dengan pewarna rambut alami satu ini. Hasilnya memang akan jauh lebih mudah kelihatan pada rambut yang sudah pernah di bleaching atau diwarnai terang sebelumnya, tapi kalo kalian cukup telaten, nggak ada salahnya mencoba, kan? Caranya gampang banget, cukup balurkan 1 gelas jus buah bit ke seluruh bagian rambut yang diinginkan. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa untuk membuat rambut lebih terlihat sehat bercahaya setelah proses pewarnaan. Setelah itu, bungkus rambut dengan hair cap dan biarkan setidaknya selama satu jam. Jus buah bit sangat mudah meninggalkan noda, jadi hati-hati baju kalian ya guys! Setelah itu, bilas bersih rambut kalian dan semprot dengan cuka apel agar warnanya bertahan lebih lama.

5. Henna
i.pinimg.com

Salah satu pewarna rambut alami paling popular yang juga biasanya digunakan dalam komposisi pewarna rambut yang diperjual belikan di pasaran adalah henna. Sebenarnya, bubuk henna itu terbuat dari daun tanaman bernama Pacar. Daun Pacar secara alami digunakan untuk mewarnai rambut, kuku, menghias tangan, dan lain sebagainya sejak berpuluh abad lalu. Henna alami akan menghasilkan warna oranye kemerahan, jadi jika kalian melihat produk yang berbahan dasar henna tapi menjanjikan hasil warna yang lain, kalian harus memahami bahwa pabriknya tentu sudah mencampur produk tersebut dengan bahan lainnya.

Untuk membuat ramuan henna kalian sendiri, caranya cukup mudah, kok. Campurkan 1 gelas bubuk henna siap pakai atau kalian juga bisa melumatkan daun pacar dengan 2 gelas perasan lemon. Tambahkan 1 sendok makan cuka untuk membantu membuat warna oranyenya lebih keluar. Biarkan dulu larutan tersebut selama 4-6 jam. Lalu balurkan pada rambut dengan sisir. Setelah merata pada seluruh bagian rambut yang diinginkan, bungkus dengan hair cap dan diamkan selama 2-3 jam sebelum dibilas.

6. Kopi

i.pinimg.com

Kalo kalian ingin memberikan dimensi warna kecokelatan pada rambut, kalian bisa coba pakai bahan minuman ini. Caranya segampang kamu bikin kopi tubruk, deh. Cukup seduh kopi hitam dan biarkan sampai dingin. Lalu campurkan secangkir kopi hitam itu dengan secangkir conditioner tanpa bilas dan 2 sendok makan bubuk kopi.  Usapkan pada rambut bersih dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Bilas dengan cuka apel agar warnanya bertahan lama. Gunakan pewarna rambut ini beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

7. Pewarna Makanan

vignette.wikia.nocookie.net

Eiits… jangan terkejut dulu melihat bahan satu ini! Pewarna makanan adalah bahan aman untuk dikonsumsi, jadi aman juga untuk digunakan di bagian luar badan atau rambut. Bahkan, banyak beauty vlogger yang hobi gonta-ganti warna rambut hanya dengan bermodalkan pewarna makanan, lho! Kalian bisa mengombinasikan pewarna makanan apa saja untuk menciptakan warna-warna baru. Cara penggunaannya juga mudah, cukup campurkan pewarna makanan dengan conditioner lalu gunakan pada bagian rambut yang diinginkan. Kalo kalian pengen warnanya lebih kelihatan, kalian bisa tambahkan developer 12%. Hasilnya akan bertahan lebih kurang selama 2 minggu, tapi kalo rajin touch-up, akan jauh lebih lama.

Seru untuk dicoba, kan? Untuk membantu warna bertahan lebih lama, obalah membilas rambut yang setelah diwarnai dengan larutan cuka dan air. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan sekitar secangkir air dalam botol semprot dan aplikasikan setelah mewarnai rambut. Tapi perlu diingat bahwa pewarna rambut alami emang nggak sama dengan pewarna rambut kimia ya, guys. Mereka biasanya nggak bertahan lama dan membutuhkan ketelatenan kalo mau warnanya benar-benar kelihatan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cewek Ini Kulineran Sambil Keliling Dunia! Yuk Ikuti Keseruannya Lewat 10 Foto Ini

Cewek Ini Kulineran Sambil Keliling Dunia! Yuk Ikuti Keseruannya Lewat 10 Foto Ini

6 Tren Kecantikan Di Korea Selatan Ini Aneh Tapi Bikin Kita Secantik Idol!

6 Tren Kecantikan Di Korea Selatan Ini Aneh Tapi Bikin Kita Secantik Idol!

Lagi Viral! Minuman Segar Es Dawet “Jembut Kecabut" khas Purworejo

Lagi Viral! Minuman Segar Es Dawet “Jembut Kecabut" khas Purworejo

7 Ramuan Tradisional yang Manjur Sembuhkan Batuk. Cepet dan Tanpa Efek Samping!

7 Ramuan Tradisional yang Manjur Sembuhkan Batuk. Cepet dan Tanpa Efek Samping!

15 Inspirasi Gaya dengan Pattern Pants Ini Buatmu Jadi Modis Seketika. Cakep Bener!

15 Inspirasi Gaya dengan Pattern Pants Ini Buatmu Jadi Modis Seketika. Cakep Bener!

Masa Depan Itu Rahasia Tuhan. Buang Jauh Rasa Cemasmu dengan 8 Selingan Ini

Masa Depan Itu Rahasia Tuhan. Buang Jauh Rasa Cemasmu dengan 8 Selingan Ini

loading