Mau Wajah Kinclong Kayak Kaca? Ternyata Ini Cara yang Benar Untuk Bersihkan Wajah!

05 Mei 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Membersihkan wajah adalah suatu kegiatan mudah dan singkat yang seringkali kita sepelekan. Padahal efeknya sangatlah besar lho, apalagi buat kamu yang bermasalah dengan jerawat dan sering menggunakan makeup. Kesehatan wajah kamu sedang dipertaruhkan nih. Pasti kamu ingin punya wajah bersih berkilau natural, bukan? Makanya, yuk simak tips membersihkan wajah yang tepat berikut ini, supaya sehat dan kilau wajahmu awet selalu. 

1. Hindari penggunaan pembersih wajah yang berbusa heboh

Foam cleanser atau pembersih muka yang menghasilkan busa saat diaplikasikan ke wajah memang bikin kita merasa nyaman dan lega. Ada asumsi kalau busa menunjukan kalau formula pembersih sedang bekerja maksimal. 

Eits, jangan samakan wajah dengan cucian baju ya. Foam cleanser biasanya mengandung SLS atau SLES yang dapat mengikis kelembaban wajah sehingga kulit wajahmu makin kering. Solusinya, coba gunakan pembersih wajah yang bertekstur krim atau oil based. 

2. Gunakan micellar water untuk membersihkan makeup

Teknologi micellar water juga dipercaya bagus untuk membersihkan wajah dari sisa makeup yang menempel seharian di wajahmu. Micellar water mengandung micelle atau molekul yang membersihkan bagian terluar kulit tanpa membuatnya kering. 

3. Jangan gunakan sabun mandi

Sabun mandi memang bahan paling praktis untuk membersihkan wajah. Tapi sama dengan foam cleanser, kandungan basanya yang tinggi ditandai dengan busa yang melimpah bisa membuat kulitmu makin kering. Jangan digunakan untuk membersihkan wajah ya, girls.

4. Eksfoliasi itu penting tapi jangan sembarangan pakai scrub, ya!

Scrub wajah ternyata tidak hanya mengikis lapisan kulit mati, tetapi juga lapisan kulit baru jika bahan yang terkandung di dalamnya terlalu keras. Coba perhatikan bahan atau kandungan pembersih wajah dan pilih yang mengandung jenis asam yang bisa mengeksfoliasi seperti alpha hydroxy acid atau beta hydroxy acid. Zat ini akan memberikan efek peeling yang lebih lembut dari scrub sehingga kamu bisa terhindar dari kulit merah atau iritasi. 

Kalau takut dengan peeling kimia, sebenarnya scrub juga masih bisa digunakan. Tapi pilih yang butiran scrubnya sangat halus sehingga tidak mengiritasi kulit, ya.

5. Hindari suhu air yang terlalu panas untuk membersihkan wajah

Pastikan suhu air yang kamu gunakan dingin atau suam-suam kuku saja. Air yang terlalu panas bisa mengikis kelembaban alami kulitmu.

6. Sabar itu baik. Termasuk sabar dalam mengeringkan wajah yang basah

Saat mengeringkan kulit yang habis dibersihkan biasanya kamu cenderung menggosok-gosoknya dengan handuk, apalagi saat terburu-buru. Mulai sekarang coba deh lakukan perlahan dengan menepuk-nepuk perlahan wajahmu dengan handuk sehabis membersihkan wajah, supaya kelembaban kulitmu tetap terjaga. 

Ternyata, membersihkan wajah juga ada ilmunya. Nggak bisa asal membersihkan saja karena justru bisa membuat kulitmu rusak. terapkan kiat-kiat di atas ya girls, agar wajahmu bersih dan kinclong kayak kaca!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES