Mau Tetap Sehat dan Cantik Alami? Coba 10 Resep Mujarab Warisan Leluhur Ini!

unsplash.com

Memiliki tubuh yang sehat juga cantik merupakan impian sebagian besar orang. Maka dari itu, produk perawatan kulit serta bagian tubuh lainnya begitu laku di pasaran. Harga mahal bukan jadi persoalan, yang penting cantik dan sehat, uang urusan belakangan. Padahal ada solusi lain lho agar mendapat kecantikan serta kesehatan tubuh tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Gimana? Ikuti aja cara-cara yang biasa dilakukan leluhur kita dalam merawat kecantikan serta kesehatan tubuhnya. Dijamin deh, kamu bisa mendapat kesehatan dan kecantikan secara alami, nggak kayak produk-produk skincare yang banyak mengandung zat kimia.

Mau tahu kebiasaan leluhur apa aja yang bisa kita manfaatkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh kita? Langsung aja yuk kepoin, girls.

1. Mengonsumsi sinom

masakmemasak.com

Sinom adalah minuman yang biasanya diminum setelah mengonsumsi jamu. Sinom terbuat dari kapulaga, daun asam jawa muda, temulawak, kunyit, kayu manis, dan gula merah. Sinom ini bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Akibatnya, tubuh lebih terasa bugar dan lebih sehat.

2. Kunyit asam

www.artikelfarmasi.com

Kunyit asam adalah minuman tradisional yang dipercaya bisa menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, menghilangkan bau badan, dan membuat kulit tampak lebih muda. Ramuan kunyit asam ini biasanya ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedaung, dan perasan jeruk nipis. Kalau kamu penasaran sama khasiatnya, kamu bisa dateng langsung ke penjual jamu yang biasanya selalu nyediain kunyit asam.

3. Jamu bersih darah

kesehatandia.blogspot.co.id

Jamu udah terkenal dari jaman leluhur sampai sekarang. Resep leluhur yang satu ini berkhasiat untuk berbagai masalah kulit, seperti jerawat, bisul, alergi, dan menghilangkan bercak hitam.

Jamu bersih darah ini sudah banyak dijual di toko, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya. Bahan-bahan yg digunakan untuk membuat jamu bersih darah adalah temulawak, temuireng, kunyit, daun ayang-ayang, akar alang-alang, daun pegagan, kulit kayu pulai, dan daun bidara laut.

4. Beras kencur
stephealthylife.wordpress.com

Beras kencur salah satu minuman warisan leluhur yang disukai banyak golongan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain membuat tubuh lebih bugar, beras kencur juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit kencang dan terlihat cerah. Bahan yang digunakan untuk membuat beras kencur adalah beras dan kencur yang ditambahkan dengan asam, kunyit, jahe, kapulaga, dan kedaung.

5. Kunci sirih
journal.sociolla.com

Kunci sirih juga termasuk ramuan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kunci sirih ini punya khasiat yang bagus banget untuk kecantikan, seperti mengurangi keputihan, dan mengatasi bau tidak sedap.

Kunci sirih ini terbuat dari kayu manis, jahe, kunyit, kencur, kapulaga, asam jawa, serai, garam, gula merah, delima, dan manjakani. Walaupun bahan-bahannya keliatannya ribet, tapi sepadan banget kok dengan hasilnya.

6. Lulur

www.cleartrip.com

Lulur adalah salah satu ritual kecantikan tradisional yang masih hits banget sampai sekarang. Lulur ini merupakan perawatan tubuh favorit para putri keraton lho. Dibuat dari ramuan alami seperti kunyit, sekal klabet, dan temu giring, lulur ini bisa membuat kulit lebih cerah, dan mengecilkan pori-pori. Kalau dipakai secara rutin, dijamin kulit kamu bakal terlihat bersinar dan mulus seperti Puteri Keraton.

7. Batimung

infopublik.id

Pindah dari pulau Jawa, kita menuju ke Banjar, Kalimantan Selatan. Masyarakat Banjar punya warisan leluhur juga nih buat kecantikan kulit. Batimung adalah sauna tradisional asal Banjar. Sebelum melakukan bBatimung, kamu harus bikin dua ramuan.

Ramuan pertama untuk dilumurkan ke seluruh tubuh, dan ramuan kedua untuk direbus dengan air. Air hangat dengan ramuan inilah yg akan digunakan untuk sauna. Katanya, Batimung ini bisa mengharumkan tubuh dari dalam, lho.

8. Boreh

www.spaceatbali.com

Boreh ini mirip-mirip sama parem dari Jawa. Ramuan boreh terdiri dari serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Cara pakainya sama seperti lulur, dibalurkan ke seluruh tubuh sampai mengering, dan bilas dengan air sampai bersih. Kebiasaan leluhur yang satu ini dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah.

9. Ratus
www.balispa.net

Ratus adalah rahasia kecantikan milik Ken Dedes, lho. Ratus ini adalah kebiasaan leluhur berupa sauna tradisional. Walaupun hampir sama dengan batimung, ramuan yang digunakan untuk ratus ini berbeda. Ratus menggunakan kemenyan, cendana, klobot, dan kenanga yang dikeringkan lalu dimasukkan ke dalam air panas. Nggak cuma berkhasiat buat kecantikan kulit dan rambut, ratus juga berkhasiat buat organ kewanitaan. Bikin nggak keputihan lagi dan mengharumkan sampai ke dalam.

10. Tapel
www.tripriau.com

Kalau resep leluhur yang satu ini khusus buat perempuan yang baru melahirkan. Tapel dibuat dari ramuan tepung beras, kencur, adas, pulosari, bangle, klobot, jahe, dan kayu manis. Ramuan tapel ini digunakan dengan cara dibalurkan ke perut, ditutupi daun sirih, dan dibebat kain. Hasil dari tapel ini bisa dilihat setelah 40 hari.

Nah, itu dia warisan leluhur yang bisa kita tiru sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Nggak perlu malu dan ragu, tahu sendiri dong gimana cantiknya leluhur kita tanpa perlu operasi krim dokter lainnya. Mereka memanfaatkan bahan-bahan alami yang baik bagi tubuh. Jadi gimana, tertarik untuk mencoba?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Karakter Penting dalam Film yang Pernah Ditolak Aktor dengan Alasan Konyol - Keepodotme

5 Karakter Penting dalam Film yang Pernah Ditolak Aktor dengan Alasan Konyol - Keepodotme

Biar Makin Betah di Kamar, Rombak Dindingmu dengan 11 Inspirasi Dekorasi Ini!

Biar Makin Betah di Kamar, Rombak Dindingmu dengan 11 Inspirasi Dekorasi Ini!

Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Pesan Teh atau Kopi di Dalam Pesawat - Keepodotme

Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Pesan Teh atau Kopi di Dalam Pesawat - Keepodotme

Capek Dikecewain Pas Belanja Baju Online Shop? Lakuin Tips Ini Makanya!

Capek Dikecewain Pas Belanja Baju Online Shop? Lakuin Tips Ini Makanya!

Diduga Lagi Ngambek, Pasangan Ini Duduk Jauh-jauhan Saat Boncengan. Netizen: "Di Saat Lagi Marahan, Tapi Si Doi Minta Anterin Pulang" - Keepodotme

Diduga Lagi Ngambek, Pasangan Ini Duduk Jauh-jauhan Saat Boncengan. Netizen: "Di Saat Lagi Marahan, Tapi Si Doi Minta Anterin Pulang" - Keepodotme

Saat Kepepet, Praktikkan 5 Langkah Mudah Memperbaiki Keran Rusak Ini. Daripada Panggil Tukang

Saat Kepepet, Praktikkan 5 Langkah Mudah Memperbaiki Keran Rusak Ini. Daripada Panggil Tukang

loading