Mau Pindahan? Lakukan Trik Ini Agar Kerjaanmu Jadi Lebih Mudah!

10 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Pindahan rumah menjadi momen yang cukup merepotkan, terutama jika kamu tidak mempersiapkannya dengan baik-baik. Apalagi jika terburu-buru pindahan, kamu bisa saja kelupaan membawa barang-barang yang penting. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan agar proses pindahan jadi jauh lebih mudah. 

1. Kategorikan barang-barang

Memasukkan barang-barang ke dalam kategori-kategori akan memudahkan kamu dalam mengepak dan mengeluarkan barang-barang nantinya di rumah yang baru. Kategori-kategori yang bisa dibuat seperti peralatan masak, peralatan kebersihan, sepatu, pakaian bawahan, dan lain sebagainya. 

2. Beli kardus dalam berbagai ukuran

Beli kardus dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran besar dan kecil, sesuai dengan kebutuhan. Kardus-kardus besar bisa kamu gunakan utnuk menyimpan barang elektronik, dan kardus ukuran kecil bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang lebih ringan seperti buku-buku, atau pakaian. 

3. Jangan terburu-buru saat packing

Buru-buru saat melakukan packing dapat membuat kamu melupakan barang-barang yang perlu di bawa. Selain itu, buru-buru saat packing juga membuat kamu akan sembarangan meletakkan barang, membuat banyak space kosong di dalam kardus, atau memasukkan barang-barang tidak sesuai dengan kategorinya.

4. Beli gunting, tali, dan lakban sekaligus

Beli barang-barang itu sekaligus. Jadi, saat packing, kamu tidak akan tiba-tiba menghentikan packing dengan alasan barang-barang tersebut habis. 

5. Siapkan tempat khusus untuk barang berharga

Barang berharga seperti surat-surat penting membutuhkan treatment khusus agar tidak rusak atau tercecer. Contohnya, kamu bisa memasukkan mereka semua ke dalam sebuah folder, dan memasukkannya ke dalam koper khusus. Memasukkannya ke dalam koper cenderung lebih aman daripada memasukkannya ke dalam kardus. Sebab, itu akan riskan tertukar dengan kardus-kardus lain, terutama jika kamu tidak memberikan catatan. 

6. Siapkan peralatan kebersihan

peralatan kebersihan kamu perlukan untuk membersihkan rumah baru, plus rumah lama. Pastikan sebelum kamu memasukkan barang-barangmu ke dalam rumah baru, kamu sudah membersihkan rumah tersebut lebih dulu. Jadi, saat memasukkan barang-barangmu ke rumah baru, rumah sudah dalam kondisi bersih. Rumah lama juga tetap perlu dibersihkan sehingga tempa tersebut akan kelihatan bersih walaupun sudah kamu tinggalkan. 

7. Jangan bawa semua barang lamamu

Kamu mungkin tergoda untuk membawa semua barang. Padahal, banyak barang lama yang bisa kamu pensiunkan, atau kamu jual karena sudah tidak terpakai lagi. Kumpulkan mereka di satu tempat, lalu pilihlah barang-barang memang harus dibuang, dijual, atau diberikan kepada orang lain. 

8. Pilihlah mobil pengangkut yang aman

Jeli memilih armada adalah tuntutan bagi setiap yang ingin pindahan. Kamu bisa menyewa pick up, atau mencari mobil angkut yang tetutup untuk membawa barang-barangmu. Atau, jika barang-barangmu hanya sedikit, kamu bisa menggunakan bagasi mobil biasa. Pertimbangkan keamanan, kedekatan, dan harganya.

Apalagi yang perlu dipersiapkan saat pindahan? Ya, tenaga dan kesabaran. Selamat pindahan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES