Mau Ngelamar Kerja Tapi Nggak Bisa Bikin Resume? Ikutin Tips Ini Yuk!

20 Juli 2017
|Naftalia Inge Fabian
0SHARES

Perjuangan berat menghadapi skripsi atau ujian udah kelar nih, waktunya untuk mengetes kemampuan diri dengan melamar sebuah pekerjaan! Iya dong, harus melamar pekerjaan dulu, baru melamar sang pujaan hati. Nah, mumpung masih seger-segernya lulus dari tempat kuliah atau sekolah, ini adalah saat yang tepat untuk kalian berebut mendapatkan kesempatan untuk bekerja di tempat yang diinginkan. Salah satu syarat yang biasa diajukan oleh sebuah perusahaan ketika sedang merekrut karyawan ialah resume.

Tapi buat kalian yang belum sama sekali pernah membuat resume, pasti akan bingung dan cenderung nggak pede kan untuk membuatnya? Daripada pusing dan browsing-browsing nggak jelas, mending ikutin tips dan trik bikin resume yang kece ala YuKepo yuk!

1. Kumpulin semuanya

Buat bikin resume yang bisa meyakinkan perusahaan untuk menerima kita, tentunya data yang kita miliki harus komplit dan valid dong ya! Jangan malas untuk mengumpulkan seluruh data dan informasi penting yang nantinya akan kamu sampaikan dalam resume kamu. Mulai dari informasi pendidikan, kesehatan, sertifikasi, penghargaan, pengalaman kerja hingga kontak pribadimu yang dapat dihubungi kalau kamu keterima nanti. Waktunya bongkar-bongkar lemari nih kayaknya!

2. Mulai!

Tunggu apalagi, kalau semua data dan informasi yang dibutuhkan sudah lengkap, kamu harus segera mulai untuk menulis resume kamu. Sebelum tergoda untuk bermain PS atau kena serangan mager mendadak mendingan langsung aja dikerjain. Oh ya, jangan lupa cari alamat perusahaan yang dituju ya! Lengkapi juga resume kamu dengan daftar keahlian dan pengalaman kamu yang menarik.

3. Pilih yang simple tapi elegan

Ini nih yang harus cukup diperhatikan dalam membuat resume. Layout! Tatanan letak desain dari resume kamu juga bisa mempengaruhi minat dari perusahaan loh. Di era yang maju ini, layout yang simple namun elegan yang jadi juaranya! Tapi harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan, jenis pekerjaan dan informasi yang akan diinput yah.

4. Font yang tepat

Banyak dari kita yang mengalami kegalauan ketika harus memilih jenis font yang akan digunakan dalam resume. Ada beberapa pilihan font yang sudah nggak asing buat kita sih sebenernya, mulai dari Calibri, Arial, Verdana dan bisa juga pakai Times New Roman. Nggak hanya jenis font, ukuran font juga harus diperhatikan ya. Misalnya saja ada beberapa kata yang fontnya perlu diperbesar dari yang lainnya. Dan jangan lupa, perhatikan juga line spacingnya. Harus enak dibaca!

 

 

5. Simpan dengan baik

Kalau sudah selesai, harus kudu wajib buat nyimpen file resume kamu ini ditempat yang aman. Oh ya, lebih baik sih kalau disimpannya dengan nama file yang lengkap agar mudah dicari, dan juga usahakan untuk menyimpan file kamu dalam beberapa tipe dokumen. Jaga-jaga kalau nantinya nggak bisa dibuka saat mau di-print. Oke?

6. Periksa dan perbaharui terus

Penting juga nih, sebelum mengirimkan resume final kamu, cek, cek, dan cek ulang agar tidak terdapat kesalahan penulisan atau informasi yang bakalan merugikan kamu ketika wawancara nanti. Oya, hindari penggunaan singkatan kata dan informasi yang nggak penting ya. Pilih juga jenis kertas yang akan kamu gunakan, sesuaikan dengan desain dan isi dari resume kamu.

7. Harus tepat target

Desain udah oke, di print out juga udah. Tinggal kirim ke alamat perusahaan yang kamu incar nih. Tapi kalau zaman sekarang sih, kebanyakan kita akan mengirimnya lewat e-mail. Jadi pastikan kamu juga memiliki soft copy-nya ya. Resume tersebut bisa kamu kirim ke beberapa perusahaan, asalkan jangan lupa untuk mengganti alamat dan kepada-nya. Pastikan juga perusahaan-perusahaan yang akan kamu kirimi resume itu adalah perusahaan yang bidang kerjanya sesuai dengan resume yang sudah kamu buat.

Untuk mendapatkan sebuat hasil yang baik, tentunya kita juga harus bekerja keras. Sama halnya dengan melamar pekerjaan, kita harus bersaing dengan sehat. Maka dari itu, ayo, buruan bikin resume terbaik kamu! Semoga berhasil ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES