Mau Hijrah Jadi Seorang Vegetarian? 10 Langkah Ini Akan Memudahkan Jalanmu

21 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
1.4 KSHARES

Untuk kamu yang sedang galau sebab dalam hati kecilmu ingin berhijrah menjadi vegetarian, tetapi masih ragu karena beberapa hal. Apalagi di Indonesia, menjadi vegetarian ternyata cukup sulit dan banyak sekali cobaannya. Mengingat menu makanan Indonesia jarang yang murni hanya berbahan sayur. Misal soto atau sup sayuran, tetap saja ada unsur daging atau telur di dalamnya.

Makan di restoran khusus vegetarian juga bukan hal yang mudah, selain jarang biasanya harganya relatif lebih mahal. Ya, wajar sebab mereka menggunakan cara pengolahan khusus yang bisa membuat makanan khusus tidak berdaging ini tidak membosankan hanya dalam bentuk salad atau pecel saja.

Namun, jangan khawatir Indonesia sebenarnya punya banyak jenis sayur yang bisa kamu olah sendiri menjadi makanan sehat. Simak caranya dan beberapa tips lainnya untuk kamu yang hendak hijrah menjadi seorang vegetarian berikut ini!

1. Kamu harus punya alasan kuat

Sebelum bergerak ke tips-tips lainnya, pertama kamu harus tetapkan alasan yang tepat mengapa kamu ingin jadi vegetarian. Jangan hanya mengikuti tren kekinian, cari tahu apa yang sebenarnya menggerakan hatimu. Biasanya orang yang tergerak adalah orang yang sudah muak dengan kekerasan terhadap binatang, terutama di peternakan atau orang-orang yang ingin beralih ke gaya hidup yang lebih sehat.

Jangan gunakan alasan ingin langsing saja. Itu nggak akan berhasil, sebab vegetarian itu seperti komitmen jangka panjang dan prosesnya tidak mudah. Butuh alasan kuat untuk memulainya.

2. Baca dan cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum memulai gaya hidup vegetarianmu. Baca buku, artikel, atau ulasan tentang gaya hidup ini. Lebih baik lagi kalau kamu punya teman yang sudah lebih dahulu menjadi vegetarian. Tanya dan gali informasi sebanyak-banyaknya. Informasi langsung dari orang yang berpengalaman jauh lebih akurat. 

3. Cari resep-resep masakan yang tidak berdaging

Kamu bisa dapatkan di toko buku atau majalah, tetapi di era internet saat ini sudah banyak media yang menyediakan info resep untuk vegetarian seperti Post Punk Kitchen, The Tasty Vegan, VegNews, The Vegan Society, dan lain sebagainya. Resep ini sangat penting untuk menjaga komitmen dan keberlangsungan gaya hidupmu. sebab sebagai vegetarian kamu akan cenderung memasak makananmu sendiri. 

4. Cari bahan makanan pengganti yang non-hewani

Kalau kamu biasa makan makanan hewani entah itu susu, daging, atau keju. Mulai sekarang coba kamu cari tahu apa bahan makanan pengganti yang berbahan nabati. Susu sapi biasanya diganti dengan susu almond atau susu kedelai, daging diganti dengan jamur, keju dan mayonaise biasanya diganti dengan selai kacang atau alpukat yang dihaluskan. 

5. Mulailah dengan menghindari daging merah

Sebelum benar-benar hijrah menjadi vegetarian, lakukan perubahan secara bertahap dulu. Cara paling mudah adalah mengurangi kemudian menghindari konsumsi daging merah.

6. Lanjutkan dengan menghindari jenis daging lainnya

Daging lainnya yang dimaksud termasuk daging ayam dan seafood. Dengan mulai mengurangi konsumsi daging-dagingan kamu bisa mencoba resep masakan vegetarianmu paling tidak beberapa kali dalam seminggu. Kemudian dilanjutkan seminggu penuh dalam sebulan dan seterusnya. 

7. Perhatikan asupan protein, kalsium, dan vitamin B12

Asupan protein, kalsium, dan vitamin B12 banyak disumbang dari daging, namun beberapa jenis tanaman memiliki kandungan protein untuk menggantikan daging bagi kamu yang menjadi vegetarian. Sumber-sumber nabati dapat berasal dari kedelai, kacang merah, kacang tanah, dan kedelai atau dapat berupa tempe, tahu. Jika kamu belum siap, dalam beberapa level vegetarian masih bisa mentolerir bahan makanan hewani dalam bentuk olahan seperti susu dan telur. Mereka adalah sumber protein dan kalsium penting yang bisa kamu konsumsi sebelum benar-benar beralih ke tingkat lanjut. 

8. Cari tahu makanan tradisional dari seluruh dunia

Serunya menjadi vegetarian adalah kita jadi tergerak untuk mengorek informasi makanan vegetarian dari seluruh dunia. Kamu bisa coba masakan asal India, Italia, dan Yunani yang ternyata banyak memiliki menu masakan dengan bahan baku sayuran. Masakan tradisional Indonesia juga banyak yang non hewani, layaknya pecel, tahu, tempe, asinan.  

9. Beritahu teman dan keluargamu

Menjadi vegetarian memang berat pada awalnya. Apalagi ketika kamu harus menghadiri acara keluarga atau jamuan makan. Makanya, penting bagi kamu untuk terbuka dengan pilihanmu ini, sehingga teman dan keluargamu bisa menyiapkan makanan vegetarian. Kalau kamu nggak mau merepotkan, kamu juga bisa membawa makanan vegetarianmu sendiri dan menawarkannya ke mereka, sekalian promosi. 

10. Cari inspirasi dari restoran vegetarian di sekitarmu

Kalau kamu mulai kehabisan ide untuk mengolah bahan makanan nabatimu, kamu perlu cari referensi dari restoran vegetarian di sekitarmu. Ya, sekali-kali makan makanan vegetarian enak di restoran atau kafe nggak akan bikin kantongmu jebol. Siapa tahu kamu dapat ide-ide baru untuk menu spesialmu. 

Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk kamu yang berpikiran hijrah menjadi vegetarian. Tidak ada permulaan yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Semoga keinginan dan komitmenmu tetap konsisten ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
1.4 KSHARES