Mau Goyang Lidah? Coba Cicip 10 Sambal Terpedas Asli Indonesia Ini

27 Juni 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Indonesia memang negara kaya. Kaya akan alamnya, budaya, dan tentunya makanan. Salah satu makanan yang banyak jenisnya di Indonesia adalah sambal. Indonesia punya lebih dari 300 jenis sambal lho. Dari sekian banyak jenis sambal, ada 10 sambal yang dianggap terpedas. Inilah 10 sambal terpedas di Indonesia.

1. Sambal Kecap

Sambal kecap berbahan dasar kecap dan cabai rawit. Ada yang disajikan dengan diulek dan ada juga yang disajikan dengan hanya irisan cabai rawit. Kepedasan sambal kecap biasanya menemani kita saat makan ikan bakar, tahu goreng, dan sate kambing.

2. Sambal Roa

Sesuai namanya, sambal roa dibuat dari suwiran ikan roa yang dihaluskan. Sambal ini merupakan sambal khas Manado, Sulawesi Utara. Campuran lain untuk membuat sambal adalah cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam.

3. Sambal Korek

Pernah makan di warung Bebek Goreng Haji Slamet? Kalau pernah, pasti tahu dong dengan sambal korek. Sambal korek adalah sambal khas Jawa Tengah yang berbahan utama cabai rawit merah.

4. Sambal Bawang

Sesuai dengan namanya, sambal bawang pastinya dibuat dengan bawang yang dominan. Biasanya sih rasanya pedas keasin-asinan.  Sambal ini banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

5. Sambal Matah

Sambal matah menjadi sambal andalan dari Bali. Sambal ini berbeda dengan sambal pada umumnya. Pasalnya, sambal ini tidak diulek melainkan hanya berupa irisan-irisan. Selain itu, sambal ini juga semimentah. Udah kebayang kan betapa pedasnya.

6. Sambal Cibiuk

Jawa Barat juga punya sambal terpedas. Namanya sambal cibiuk. Selain berasa pedasnya, rasa kencur dan terasi sangat terasa. Tomat hijau, cabai rawit hijau, terasi, kencur, kemangi, dan garam adalah bahan pembuatnya.

7. Sambal Terasi

Namanya juga sambal terasi, rasa dan aromanya sudah pasti terasi dong. Bahannya membuatnya pun cukup mudah. Tinggal ulek bawang merah dan putih, cabai rawit merah, terasi, gula merah, serta garam.

8. Sambal Dabu-dabu

Sambal khas Manado ini terkenal dengan rasa pedas dan segarnya. Sama halnya dengan sambal matah, sambal dabu-dabu juga berupa irisan. Cabai rawit, bawang merah, dan tomat diiris dan siram dengan air jeruk nipis.

9. Sambal Belacan

Sebenarnya sambal belacan sama dengan sambal terasi. Sambal terasi ada di Jawa, sedangkan sambal balacan ada di Sumatera. Selain itu, sambal balacan tidak memakai gula merah.

10. Sambal Ijo

Sambal ijo khas Padang memiliki banyak penggemar. Rasanya yang enak nan pedas bikin orang ketagihan untuk mencoleknya. Sambal ini cocok bangetlah buat makan ayam beserta lalapannya.

Bikin ngiler banget deh sambal-sambal khas Indonesia. Kamu pernah coba yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES