Mau Cantik yang Sehat dan Aman? Bikin Masker Wajah Sendiri Aja Yuk!

25 Juli 2017
|Naftalia Inge Fabian
0SHARES

Saking banyaknya produk kecantikan yang ada buat cewek, ada aja oknum-oknum nakal yang memakai bahan-bahan kimia yang berbahaya buat kesehatan kita. Terutama sih buat wajah ya, soalnya wajah itu kan bagian kulit yang sensitif dan paling dijaga kecantikannya. Kalau kamu tipe yang nggak yakin sama produk-produk instan atau perawatan di salon, ternyata kamu juga bisa, lho, manjain kulit wajah kamu pakai masker buatan sendiri. Pastinya dengan menggunakan bahan-bahan dasar alami yang mudah dicari dan lebih aman untuk digunakan. Nggak hanya satu jenis, tapi juga ada banyak “ramuan” yang bisa diracik buat dijadikan masker wajah yang ciamik. Langsung aja yuk kepoin bareng!

1. Masker hijau

Ikhlas nggak ikhlas sih kalau mau bikin masker alpukat ini. Habis kalau dimakan juga enak sih. Tapi, nggak apa-apa, girls! Demi punya wajah yang nggak kering dan bersih, rela deh keluarin si buah “hijau” ini dari kulkas buat dijadiin masker wajah. Caranya gampang banget nih! Tinggal haluskan isi buah alpukat, lalu campur dengan jeruk nipis dan putih telur. Tinggal olesin deh ke wajah. Setelah itu, tunggu hingga lima menit. Abis itu tinggal dibersihin deh pakai air hangat. Dijamin aman deh buat kulit kita, terutama yang kulitnya kering.

2. Masker manis

Akibat kebanyakan ngabisin waktu di jalanan, kena polusi, dan debu kotoran lainnya, kadang kulit wajah kita makin hari makin terlihat kusam. Kalau kamu salah satu cewek dengan rutinitas padat dan pengen wajahnya tetep cerah dan putih merona, bisa cobain nih buat bikin masker manis alias madu nipis, girls. Caranya gampang banget! Campurin satu sendok makan madu dan perasan jeruk nipis. Lalu bersihkan wajah, baru deh diolesin. Waktu pendiamannya lebih lama nih, yakni sekitar 30 menit. Dibilasnya pakai air dingin juga oke, kok.

3. Masker T2

Wuih, masker apaan nih kok namanya T2? T2 itu singkatan dari tomat dan timun, girls. Kalau racikan masker alami yang satu ini baik untuk mengencangkan wajah dan menyamarkan bekas jerawat. Tuh, ampuh banget kan, girls? Nggak kalah khasiatnya sama masker-masker yang ada di toko. Bikinnya juga gampang, lho. Pertama haluskan tomat (bisa diblender), lalu campurkan dengan timun yang sudah diparut halus. Kalau sudah siap, ratakan ke seluruh bagian wajah, kecuali daerah sesnsitif seperti mata. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas deh.

4. Masker orange

Dibaca dari namanya, ini bukan masker dari jeruk, girls, tapi dari buah pepaya yang warnanya oranye itu, lho. Selain sering dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan, buah pepaya ini ternyata juga bisa diolah jadi masker wajah yang alami dan berkhasiat tinggi. Cocok buat kamu yang mulai memiliki garis keriput dan kulit wajah kusam. Dengan mengombinasikan pepaya yang sudah dihaluskan dengan sesendok madu, kita udah bisa memanjakan wajah setelah seharian beraktivitas. Kalau sudah 20 menit, bisa langsung dibilas, girls.

5. Masker YO

Pasti udah tau kan, kali ini kita bakalan kasih tips bikin masker wajah dari yogurt. Kalian bisa beli yogurt yang plain alias tanpa rasa buat bikin masker alami ini, girls. Untuk bahan campurannya, kita pakai minyak zaitun. Fungsinya supaya kulit wajah kita tampak sehat dan cerah. Tuang yogurt ke dalam mangkuk kecil dan campurkan setengah sendok kecil minyak zaitun. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan masker yogurt pun akhirnya siap digunakan! Jangan lupa dibilas setelahnya, ya.

6. Masker lemondu

Lemondu atau lemon madu memang campuran bahan alami yang paling dasar buat dibikin jadi masker wajah. Banyak banget manfaatnya, di antaranya bikin kulit wajah jadi secerah Shin Min Ah, awet muda ala Song Hye Kyo, dan sehat kencang bak Bae Suzy. Bikinnya juga nggak ribet. Kamu tinggal siapin perasan jeruk lemon, terus dicampur deh sama satu sendok madu. Udah cukup buat membersihkan seluruh bagian wajah kita. Diamkan antara 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

7. Masker K2

Coba tebak apa itu masker kentang K2? Yup! K2 adalah singkatan dari kentang dan kunyit. Selain berbahan dasar alami nan tradisional, duet maut K2 ini bisa membantu mengurangi wajah gelap kita dan meratakan warna kulit. Mau banget dong pastinya? Kalau gitu langsung aja dibuat! Caranya, parut kentang, lalu peras. Air hasil perasan kentang ini kemudian dicampur bersama bubuk kunyit. Ratakan deh ke seluruh bagian wajah. Tunggu sekitar 20 menit dan bilas sampai bersih.

Kecantikan itu adalah aset seorang wanita yang harus dirawat dan dijaga. Cantik nggak harus punya hidung mancung dan kulit putih kok, asalkan kamu tampil segar dan sehat, aura kecantikan kamu sudah pasti terpancar. So, tunggu apa lagi? Ayo buat masker wajahmu sendiri!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES