Mau Bikin Kue Kering untuk Lebaran? 5 Kesalahan Umum Ini Perlu Kamu Hindari

25 Mei 2018
|Robertus Ari
102SHARES

Meskipun Lebaran masih cukup lama, tapi tak ada salahnya juga kalau dari sekarang kamu sudah mulai persiapan. Salah satu yang bisa mulai kamu pikirkan adalah kue kering Lebaran. Sajian ini sangat populer di momen Ramadhan. Bahkan saking banyak peminatnya, banyak yang aji mumpung saat Ramadhan dengan menjual kue kering.

Oleh karena itu, kamu juga bisa membuat kue kering untuk dijual maupun sebagai sajian ketika Lebaran. Tapi ingat, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan kebanyakan orang saat bikin kue kering. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Jangan menggunakan mentega yang terlalu lembut

Kebanyakan orang sering memanaskan langsung mentega setelah dikeluarkan dari kulkas agar bisa cepat digunakan. Tapi baiknya, untuk membuat kue kering mentega ini didiamkan dulu di luar ruangan dan biarkan lembut secara natural. Agar lebih cepat lembut, kamu bisa potong mentega kecil-kecil dari lemari pendingin.

2. Jangan membuat adonan yang berlebihan

Tak sedikit orang yang membuat adonan terlalu berlebihan. Campuran yang digunakan juga terlalu banyak berserta mengaduknya terlalu lama. Kunci untuk membuat kue kering yang enak adalah dengan adonan yang pas, yaitu tidak terlalu padat tapi juga nggak terlalu encer.

3. Jangan lupa untuk mendinginkan adonan kamu

Membuat kue kering secara terburu-buru acap kali bikin orang lupa untuk mendiamkan adonan sejenak. Padahal hal sepele ini cukup penting agar semua bahan dalam adonan bisa bercampur dengan rata dan sudah meresap. Caranya kamu bisa dengan mendiamkan dalam suhu ruangan atau dalam kulkas selama 15 sampai 30 menit. Setelah itu, adonan bisa dengan mudah untuk dibentuk

4. Ukuran kue jangan terlalu tebal, tapi juga jangan terlalu tipis

Membentuk ukuran kue kering bukanlah perkara mudah. Kamu harus bisa membuat dengan ukuran yang pas, tidak terlalu tebal maupun tipis. Sebab, ukuran bisa menentukan proses pematangan nantinya. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan cetakan. Dengan begini, ukuran yang kamu buat bisa cukup baik ketika dipanggang.

5. Jangan terlalu lama saat memanggang

Ini adalah proses akhir yang juga sering terjadi kesalahan. Tak sedikit orang yang suka ragu atau belum percaya kalau kuenya sudah matang saat dipanggang. Padahal prosesnya sudah cukup lama. Akhirnya kue menjadi terlalu matang, bahkan sampai agak gosong. Sebenarnya, tanda kue sudah matang adalah saat warnanya berubah menjadi keemasan. Kalau warna ini sudah muncul, tandanya kue siap diangkat dari oven.

Itulah tadi beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika membuat kue kering. Jika kamu sudah mengetahui hal ini, semoga besuk bisa lancar saat membuat kue. Rasanya juga makin mantap dengan proses pembuatan yang benar. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
102SHARES