Mau Bekerja di Luar Negeri dengan Gaji yang Oke? Ikuti 5 Tips Ini!

26 September 2017
|Olphi Disya

Katanya sih, kerja di luar negeri, terutama di negara-negara maju pendapatannya lebih besar dari dalam negeri. Banyak juga yang berharap bekerja di luar negeri karena menginginkan pengalaman di dunia internasional, hingga bisa jalan-jalan ke tempat-tempat menarik.

Tapi, benar nggak sih persiapan untuk bekerja di luar negeri itu sulit? Biar lebih mantap, kamu bisa ikuti 5 tips mendasar untuk memulai karier di luar negeri berikut ini!

1. Pilih mana negara impian yang ingin kamu tuju

Sebelum benar-benar akan ke luar negeri, kamu harus tahu dulu nih mana negara yang ingin kamu tuju. Negara tujuan biasanya berkaitan dengan bidang profesi yang akan kamu lakoni. Kalau udah tahu mau berkarier di negara mana, kamu bisa mulai cari-cari website lowongan kerja yang popular di sana, terutama situs yang menyajikan lowongan kerja untuk para pekerja internasional-nya.

Nggak perlu terburu-buru untuk langsung apply, kamu bisa mempelajari persyaratan dan deskripsi kerjanya terlebih dulu sampai kamu merasa oke. Semakin spesifik pencarianmu, semakin mantap, tuh!

2. Cari lowongan di perusahaan multinasional atau NGO internasional

Perusahaan yang membuka kesempatan besar untukmu bekerja di luar negeri adalah perusahaan asing, perusahaan multinasional, hinggan NGO (Non GOvermental Organization) internasional. Biasanya mereka membuka kesempatan untuk pekerja yang ingin berkarier di negara lain.

Kamu pun nggak perlu khawatir akan jenjang karier yang ditawarkan, karena biasanya cukup menjamin masa depan. Caranya adalah dengan mencari lowongan di situs-situs perusahaan tersebut dan ke laman “Career”. Umumnya mereka mem-posting lowongan pekerjaan di cabang-cabang perusahaan yang berlokasi di berbagai Negara. Tinggal dipilih dengan profesi dan lokasi yang cocok, deh!

3. Perluas jaringan pertemanan hingga ke luar negeri

Nggak bisa dipungkiri bahwa jaringan pertemanan yang luas bisa memperlebar kesempatan untuk bekerja. Di zaman serba teknologi begini, berkenalan dengan orang-orang dari negara lain seolah nggak ada batasnya. Kamu bisa mulai berkenalan dengan orang-orang yang tergabung dalam forum.

Misalnya kamu punya ketertarikan di bidang IT, maka banyak-banyakin gabung dan aktif forum IT yang anggotanya bisa dari berbagai negara. Nggak harus forum yang formal kok, bahkan orang-orang yang kamu kenal via media sosial atau game online pun bisa dijadikan networking, lho! Asal kamu harus jeli biar nggak kena tipu, ya!

4. Siapkan diri dan yakinkan bahwa kamu layak kerja di luar negeri

Setelah kamu berkenalan dan cari tahu lebih dalam tentang negara atau profesi yang ingin kamu geluti, kamu harus yakinkan dirimu bahwa kamu layak bekerja di luar negeri. Misalnya dari segi bahasa yang harus kamu kuasai hingga yang terpenting adalah skill yang mumpuni untuk berkarir di negeri orang. Jangan sampai bekerja di luar negeri hanya untuk keren-kerenan. Kalau kamu serius ingin berkarier, yakinkan bahwa kamu mampu dan juga akan menjalaninya secara serius. Kalau di tengah jalan kamu nggak sanggup dan minta pulang, konsekuensi ke depannya akan jauh lebih besar untuk keberlangsungan kariermu.

5. Siap-siap wawancara dengan cara yang nggak biasa

Berhubung nggak semua negara memiliki zona waktu yang sama dengan Indonesia, kamu pun harus siap untuk bangun jam 3 pagi hanya untuk wawancara. Tentu wawancara yang dilakukan juga dengan cara yang berbeda dengan wawancara konvensional di dalam negeri. Kamu akan diminta melakukan sesi interview melalui video call, sehingga pastikan koneksi internetmu nggak terganggu selama wawancara. Jangan sepelekan, kamu juga perlu berpakaian rapi dan formal ketika wawancara melalui video call sebagaimana wawancara biasanya. Jadi, siap-siap untuk hal-hal tak terduga dan tak biasa, ya!

Gimana? Masih ingin bekerja di luar negeri? Mungkin cara-caranya terlihat mudah, namun kalau kamu serius bisa jadi perjuanganmu akan menemui tantangan. Tetap semangat dan semoga berhasil!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES