Mau Acara Pertunanganmu Tetap Berkesan dengan Budget Hemat? Pakai 5 Tips Jitu Ini!

19 Agustus 2017
|Olphi Disya
136SHARES

Memang membahagiakan ketika kamu dan pasangan berencana untuk melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius. Namun, sebelum pernikahan tentu ada beberapa hal yang harus dilewati untuk meresmikan hubungan, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan pertunangan atau lamaran. Mungkin ini adalah salah satu momen yang paling dinantikan dan bikin deg-degan.

Siapapun tentu ingin acara pertunangan berjalan lancar dan berkesan. Segalanya butuh persiapan, terutama masalah budget. Bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pertunangan yang low budget atau berbiaya rendah tapi tetap ingin berkesan, berikut tips-nya!

1. Selenggarakan di rumah sendiri aja yang udah pasti gratis

Jika acara tunangan diadakan di rumah sendiri, kamu bisa menekan biaya untuk booking venue-nya. Mengadakan acara pertunangan di rumah sendiri justru akan lebih khidmat karena suasanya lebih akrab. Kamu pun akan lebih leluasa dalam menyiapkan semuanya dibantu dengan anggota keluargamu yang lain. Terutama bagi kamu yang mengedepankan privasi, menyelenggarakan pertunangan di rumah pasti berkesan banget, nih.

2. Percayakan pada kreativitasmu, pilih dekorasi yang bisa dibuat sendiri

Nggak bisa dipungkiri, biaya dekorasi di acara pertunangan itu biasanya cukup besar. Kamu pasti ingin dekorasi yang cantik dan bagus dijadikan foto latar di Instagram-mu, 'kan. Tapi ingat, dekorasi hanyalah pemanis acara. Kamu bisa mengandalkan kreativitasmu dan teman-teman dalam membuat dekorasi yang bisa dibuat sendiri. Kalau nggak sempat, cukup booking party decorator yang terpercaya namun sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu, ya.

3. Gimana dengan makanan untuk para tamu? Andalkan resep keluarga besar

Pertunangan tentu menjadi acara keluarga yang paling dinantikan oleh keluarga besar. Tante dan sepupu-sepupumu kemungkinan besar akan semangat memasak untuk makanan para tamu. Nggak perlu biaya mahal, karena pertunangan pun biasanya dihadiri oleh kerabat dekat jadi tamunya nggak begitu banyak. Cukup sediakan menu prasmanan nasi, kue berukuran kecil, minuman, dan permen. Bisa menekan budget banget, nih!

4. Keren nggak harus selalu baru, cek lemarimu dan kenakan kebaya lamamu

Busana yang akan kamu kenakan di hari pertunanganmu juga harus diperhatikan, tapi bukan berarti harus selalu baru dan mewah banget. Coba deh cek lagi di lemari kamu apakah masih ada kebaya wisuda, kebaya bridesmaid, atau mungkin busana lain yang cocok untuk dipakai saat hari pertunanganmu. Kalau kamu butuh yang baru, pilih kebaya jadi yang bisa kamu beli di pasaran atau membuat di tukang jahit langganan. Keren nggak perlu baru, kok!

5. Perihal dokumentasi bisa andalkan para sahabat, nih

Udah tentu pasti kamu akan membutuhkan tim dokumentasi untuk merekam dan memotret momen-momen bahagiamu. Layaknya pernikahan, kamu butuh tim khusus untuk dokumentasi. Nggak perlu repot-repot menyewa tim dokumentasi profesional yang mahalnya selangit, kamu bisa mengandalkan sahabat-sahabatmu untuk mendokumentasikannya. Apalagi sekarang hasil foto kamera handphone juga nggak kalah kualitasnya, 'kan?

Budget seberapapun sebenarnya nggak akan terlalu berpengaruh terhadap suasana yang tercipta ketika acara berlangsung. Hal yang terpenting adalah acara pertunanganmu bisa berjalan lancar dan syahdu. Selamat berbahagia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
136SHARES