Masuk Angin? Daripada Kerokan yang Menyiksa, Mending Sembuhin dengan 8 Cara Ini

www.backstage.com

Setuju nggak kalau masuk angin adalah penyakit sepele yang paling menandakan kalau imunmu lagi anjlok? Tidak ada gejala yang berat dan terlihat dari luar, tapi rasanya nyesek di dalam. Bagaimana tidak, perut jadi begah, kepala juga jadi ikutan pusing. Alhasil, makin mual dan rasanya tidak bisa melakukan hal lain selain istirahat.

Biasanya, kalau di Indonesia kita familiar dengan metode “kerokan” yang katanya manjur untuk mengatasi masuk angin. Namun, ketika kamu sendirian dan harus mengurus diri sendiri, sedang berada di kantor atau kampus, nggak bisa sembarang kerokan dong.

Selain praktis dan nggak menyiksa diri, kamu wajib ikuti beberapa tips berikut untuk mengatasi masuk angin yang membandel. Pssst, ternyata lebih ampuh lho dari kerokan.

1. Atasi dengan suplemen dan bahan herbal

id.pinterest.com

Males mampir ke apotek atau ke lapak obat untuk beli suplemen dan obat herbal lainnya? Tenang, kamu bisa usir masuk angin dengan menyesap minuman seperti teh peppermint, teh chamomile, dan minuman yang mengandung rempahnya. Jahe, cengkeh, dan biji adas hangat yang disajikan dalam cangkir juga bisa kamu minum.

2. Jalan kaki atau olahraga ringan

id.pinterest.com

Saat masuk angin, kamu lebih baik coba untuk berjalan-jalan atau lakukan olahraga ringan. Dijamin angin akan mulai keluar secara bertahap dari tubuhmu. 

3. Lakukan peregangan

unsplash.com

Peregangan atau stretching seperti berbaring kemudian mengangkat kaki ke atas dan ke bawah bisa membantu usus untuk membuang gas berlebih di tubuh. Kamu juga bisa lakukan squat atau gerakan semacam skot jump. 

4. Tidak semua makanan berserat baik untuk masuk angin, hati-hati
id.pinterest.com

Meskipun serat baik untuk pencernaan, beberapa sayuran tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat masuk angin, lho. Seperti kacang-kacangan yang meliputi kacang polong, asparagus, kacang panjang, dan lainnya. Coba cari pengganti dari seledri, lemon, dan nanas misalnya. Karena nanas juga bisa memproduksi enzim bromelain yang bisa membantu melancarkan proses pencernaan.

5. Kurangi konsumsi gula
id.pinterest.com

Terlalu banyak gula akan menyebabkan tumbuhnya bakteri buruk di dalam saluran pencernaan, sehingga tubuh bisa memproduksi lebih banyak gas. Kalau kamu suka ngemilin gula, nggak heran deh kalau selama ini gampang kemasukan angin nggak sehat kayak gini.

6. Konsumsi yogurt

id.pinterest.com

Makanan yang mengandung probiotik juga dipercaya bisa melancarkan proses pencernaan dan membantu gas keluar dari saluran pencernaanmu. 

7. Minum banyak air putih

id.pinterest.com

Air putih dipercaya bisa melarutkan racun dalam tubuh dan membuangnya dari tubuh melalui saluran cerna. Untuk laki-laki normalnya manusia bisa mencerna 3000 ml , sementara untuk perempuan sekitar 2200 ml per hari. 

8. Terakhir, lakukan hal berikut supaya masuk anginmu nggak kambuh lagi

id.pinterest.com

Untuk menghindari terjebaknya angin di dalam tubuh, kamu harus melakukan beberapa hal ini, guys.

- Duduk saat makan,

- Jangan terlalu banyak bicara saat makan,

- Hindari minuman bersoda,

- Olahraga lebih sering,

- Kurangi minum dari sedotan, dan

- Hindari makanan yang mengandung banyak gas.

Semoga tips ini berguna untuk kamu yang akhir-akhir ini sering bete karena masuk angin! Udah deh, nggak usah lagi menyiksa diri dan punggungmu dengan kerokan. Kalau ada yang lebih praktis, why not?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tonjolkan Aura dari Bibir Seksimu! 7 Dandanan Seleb Ini Bisa Kamu Jadikan Panutan

Tonjolkan Aura dari Bibir Seksimu! 7 Dandanan Seleb Ini Bisa Kamu Jadikan Panutan

Hobi Merajut? 7 Peluang Usaha Ini Menanti Wajib Diseriusi. Untungnya Nggak Main-main!

Hobi Merajut? 7 Peluang Usaha Ini Menanti Wajib Diseriusi. Untungnya Nggak Main-main!

Sulap Sampah Plastik Jadi 8 Barang Bernilai Jual Tinggi Ini. Gampang Banget Bikinnya!

Sulap Sampah Plastik Jadi 8 Barang Bernilai Jual Tinggi Ini. Gampang Banget Bikinnya!

10 Gaya Gaul Bastian Steel yang Bikin Dedek Gemes Takluk Seketika. Idola Banget!

10 Gaya Gaul Bastian Steel yang Bikin Dedek Gemes Takluk Seketika. Idola Banget!

9 Inspirasi Gaun Ini Pas Banget Buat Bridesmaid yang Ingin Tampil Elegan dan Anggun

9 Inspirasi Gaun Ini Pas Banget Buat Bridesmaid yang Ingin Tampil Elegan dan Anggun

Barang Seabrek Tapi Kamar Nggak Seberapa Luas? 8 Dekorasi Ini Bisa Jadi Solusi!

Barang Seabrek Tapi Kamar Nggak Seberapa Luas? 8 Dekorasi Ini Bisa Jadi Solusi!

loading