Masih Muda Tapi Sudah Keriput? Jangan-Jangan Kamu Sering Melakukan 5 Kebiasaan Ini

21 Juni 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Keriput memang jadi tanda penuaan yang paling ditakuti wanita. Keriput muncul seiring bertambahnya usia terutama memasuki usia 30 tahunan. Namun, jangan salah keriput juga bisa muncul meski usia masih di bawah 30-an. Sebab, selain usia, keriput juga bisa muncul karena sejumlah kebiasaan buruk. Kalau kamu masih muda tapi kulit sudah keriput, mungkin kamu sering melakukan kebiasaan ini.

1. Malas pakai sunscreen

Paparan sinar ultraviolet bisa merusak jaringan ikat bawah pada lapisan kulit wajah. Kulitpun akan kehilangan kekencangan dan fleksibilitasnya. Hasilnya, kulit pun kendur, melorot, dan akhirnya berkerut. Inilah awal mula terjadinya keriput di wajah. Untuk menghindari dampak mengerikan ini, sebaiknya jangan malas menggunakan sunscreen terutama saat melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

2. Sering mengunyah permen karet

Percaya atau tidak? Terlalu tering mengunyah permen karet bisa menyebabkan kerutan di sekitar mulut. Seorang dokter kulit bernama Dr. Joel Schlessinger mengemukakan banyak pasiennya yang gemar mengunyah permen karet memiliki pola kerutan tertentu di sekitar mulut. Mengunyah permen karet membuat otot bergerak berlebihan dan bisa menyebabkan jaringan pendukung di dalam kulit terganggu. Elastisitas kulit di area mulut pun berkurang sehingga menyebabkan kerutan.

 

3. Tidur tanpa menghapus makeup

Kalau sudah lelah, bawaannya pasti langsung tidur. Nggak peduli lagi dengan makeup tebal yang masih menempel di wajah. Selain mengotori bantal, makeup juga berbahaya bagi wajah. Makeup bisa menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat, iritasi, dan kulit kering. Saat tidur, kulit akan teregenerasi dan makeup membuta proses tersebut terhambat. Jika ini terus berulang, lama kelamaan wajah akan menjadi keriput.

4. Memencet jerawat

Kehadiran jerawat di wajah memang bikin tangan gregetan untuk memencetnya. Padahal, kebiasaan ini punya dampak buruk untuk kecantikan kulit. Memencet jerawat menggunakan jangan akan menyebabkan kerusakan jaringan kulit, iritasi, dan bekas luka. Wajah pun menjadi kering dan mengeriput.

5. Kurang asupan makanan yang bisa menutrisi kulit

Tidak dipungkiri, apa yang dimakan akan berpengaruh pada tubuh dan juga kulit. Kulit membutuhkan asupan vitamin E untuk menjaga elastisitas kulit  dan memperbaiki jaringannya yang rusak.. Kulit juga membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, kulit kencang pun tidak akan mampu bertahan. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin E, terutama kacang-kacangan.

Kalau kamu masih sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, segeralah bertaubat. Jangan sampai keriput merajalela di wajah karena kesalahanmu sendiri. Nggak mau dikira nenek-nenek padahal usia masih muda, kan? Atau kamu bisa menerima keriput sebagai bagian dari dirimu, bukti bahwa kamu telah melalui kehidupan hingga dapat sampai di titik sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES