Masih Muda Tapi Rambut Sudah Beruban? 7 Cara Ini Berikan Solusi Buat Masalah Ini!

25 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Ngomongin masalah rambut memang tidak ada habisnya. Mulai dari rambut lepek, rontok, berketombe, hingga rambut beruban. Masalah terakhir adalah yang paling jadi momok dan sering membuat rasa percaya diri jadi turun. Untuk pria atau wanita, pasti akan merasakan hal yang sama saat tiba-tiba muncul rambut putih ini, padahal usia masih muda.

Mereka yang beruban dianggap sudah berumur. Padahal, banyak anak muda yang rambutnya pun sudah beruban. Kondisi itu bisa terjadi karena faktor genetik, masalah kesehatan rambut, atau stres.

Nah, adakah tips untuk mengatasi rambut beruban? Yuk, kepo!

1. Cat rambut

Jelas ya, cat rambut ini bisa menolong kamu yang memiliki uban di kepala. Kamu bisa mewarnai rambutmu dengan warna hitam, coklat, merah gelap, hingga pirang, tergantung selera. Proses pewarnaan rambut bisa dilakukan secara mandiri dan menggunakan jasa kapster di salon. Apabila ingin mengecat rambut sendiri, cat rambut sudah tersedia kok di minimarket, supermarket, bahkan toko sebelah rumah. 

2. Highlight rambut

Pemberian highlight pada rambut merupakan tren yang banyak digemari akhir-akhir ini. Highlight pun dapat dilakukan untuk menutupi keadaan rambut yang beruban. Hal ini semacam kamuflase untuk menutupi sedikit saja bagian rambut beruban. Pemberian highlight akan menambah estetika penampilan dengan pemilihan warna highlight yang serasi dengan warna rambut asli. 

3. Cat rambut semi permanen

Cat rambut semi permanen bisa jadi pilihan buat kamu yang masih ragu-ragu untuk mewarnai rambut. Sebab, cat rambut jenis ini hanya akan bertahan sekitar 4 hingga 6 minggu. Apabila efek warna tersebut hilang, maka perlu dilakukan pewarnaan ulang. Kelebihan lainnya dibandingkan cat rambut biasa adalah dia tidak mengandung amoniak sehingga lebih aman

4. Menggunakan bahan-bahan alami

Buat yang belum tahu, uban bisa dikurangi dengan pengobatan tradisional. Misalnya menggunakan ampas teh, putih telur, dan kemiri. Bahan-bahan ini bisa mengatasi uban.

Contohnya adalah ampas tes. Cara mengaplikasikannya, kamu perlu mendiamkan teh selama 1 hari, kemudian campurkan ampas teh itu dengan garam dan aplikasikan ke rambut beruban. Diamkan selama 1 jam lalu keramasi rambut. Tadaaa! Rambutmu akan kembali sesuai warna hitam alamimu, jika kamu lakukan secara rutin. 

5. Tidak mencabut uban

Ini tantangan berikutnya! Kamu yang punya uban pasti gemes ingin menghilangkannya dari kepala. Namun, hal itu justru membuat trauma pada kulit. Uban yang tumbuh berikutnya akan lebih kaku, kulit kepala akan semakin gatal, dan rambut yang tumbuh akan semakin berantakan.  

6. Makanan dan minuman bergizi

Dibutuhkan gizi yang cukup baik untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, dan bebas uban. Untuk itu, konsumsi buah, sayur, dan makanan protein hewani agar kebutuhan gizi selalu terpenuhi. Makanan seperti wortel, melon, dan bayam sangat bagus untuk kesehatan rambut.

7. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12 setiap hari

Uban terjadi karena seseorang kekurangan vitamin B12, terutama pada mereka yang masih muda. Nah, mengonsumsi vitamin B12 dapat membantumu mencegah munculnya uban sebelum waktunya. 

Masih pusing soal rambut beruban? Nggak lagi, 'kan! Nah, makanya jangan malas buat merutinkan cara-cara di atas ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES