Malu Punya Rambut Ubanan di Usia Muda? Cara Alami Ini Bisa Mengatasinya, Lho!

22 Agustus 2017
|Olphi Disya

Rambut putih memang identik dengan rambut ubanan, di mana fenomena ini paling sering dialami oleh paruh baya hingga lansia. Uban pada rambut seringkali dijadikan penanda bahwa rambut sudah menua dan tak sehat. Tapi bagaimana dengan rambut yang beruban saat usia masih terbilang muda? Nah, biar nggak salah kaprah tentang uban dan gimana cara mengatasinya, yuk simak tips berikut ini!

Pertama-tama, kamu harus tahu dulu nih penyebab dari munculnya uban di rambutmu. Sebenarnya ada berbagai faktor penyebab rambut yang memutih. Dari berbagai faktor tersebut, yang kerap dialami oleh anak muda adalah stres, faktor keturunan, kurangnya konsumsi vitamin B12, dan merokok. Beberapa kasus munculnya uban yang terjadi pada anak muda juga bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut yang salah. Sebelum mengatasinya, kamu perlu tahu dulu nih, kira-kira faktor mana yang paling berpotensi memicu tumbuhnya uban di kepalamu?

Kamu bisa lho mencegah munculnya uban dengan cara memijat ringan dengan teknik akupresur. Hal ini berhubungan dengan kinerja organ ginjal dan paru-paru, di mana jika kedua organ tersebut bekerja secara optimal maka rambut memutih pun dapat dicegah. Coba deh pijat kelima titik berikut ini:

1. Titik ginjal 1 di telapak kaki bagian tengah.

2. Titik ginjal 3 di sebelah atas mata kaki.

3. Titik paru-paru 1 di bagian dada.

4. Titik paru-paru 5 di lipatan siku bagian dalam yang segaris dengan jempol.

5. Titik paru-paru 7 di pergelangan tangan

Selain dari pijatan, untuk hasil yang lebih baik kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan rambut, ginjal, dan paru-parumu. Makanan tersebut adalah daun pegagan, jus wortel, melon, buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Kamu juga perlu menghindari makanan seperti kacang hijau, tauge, selada, sawi, sirsak, duku, lidah buaya, santan, dan makanan yang mengandung pengawet atau berbahan kimia. Oh iya, sebaiknya kamu memilih shampoo yang terbuat dari bahan alami dan pilih yang busanya tidak terlalu banyak, ya!

Itulah tadi cara alami dalam mengatasi uban pada rambutmu. Memang sih uban bikin kamu jadi nggak percaya diri, tapi bukan berarti kamu nggak bisa mengatasinya sendiri, 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES