Makan Enak Tiap Hari Tapi Uang Tetap Hemat? Trik Efektif Ini Rahasianya!

unsplash.com

Banyak makan berarti banyak pengeluaran juga. Itu sih yang cocok buat merepresentasikan gaya hidup sebagian orang sekarang ini. Belanja di supermarket sampai beratus-ratus ribu, dan lihat, mayoritas belanjaannya ya makanan. Atau coba lihat kafe, resto di jalanan kota, nggak pernah sepi. Karena apa? Karena orang suka makan. Makan bukan lagi hanya soal kebutuhan, tapi juga gaya hidup.

Padahal coba cari datanya, berapa banyak makanan yang terbuang setiap harinya, bisa ber-ton-ton, guys. Wah, udah kacau banget nih pemborosan. Padahal hidup bukan hanya hari ini aja. Kalau gini caranya, kita harus memulai gerakan penghematan makanan. Dengan melakukan gerakan penghematan makanan, kita juga dapat menghemat uang bulanan kita untuk makanan.

Nah mau tau salah satu cara supaya dapat menghemat makanan sekaligus pengeluaran? Yukepo punya tipsnya nih buat kamu yang udah mulai sadar akan pentingnya berhemat. 

1. Beli keju dalam potongan besar

alittlebityummy.com

Kalau kamu pecinta keju dan memasukkan bahan makanan ini ke dalam daftar belanja bulanan, trik yang satu ini bisa banget nih kamu praktikkan. Belilah keju dalam kemasan besar sekaligus. Potong menjadi  beberapa bagian kecil, dan masukkan sisanya ke dalam freezer. Keju beku bisa bertahan lama sehingga membuatmu tidak boros membeli keju.

2. Membuat salad dressing

www.healthyseasonalrecipes.com

Suka menyantap salad tapi kesal dengan harga dressing salad kemasan yang mahal? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa meracik sendiri dressing salad sekaligus menghemat uang. Kamu hanya perlu menambahkan cuka, minyak zaitun, dan beberapa bumbu perasa. Masukkan racikan tersebut ke dalam botol dan gunakan ketika kamu ingin menyantap salad.

3. Membeli lettuce utuh

nordicfoodliving.com

Lettuce atau selada dalam kemasan yang sudah dipotong dan siap dimakan seringkali dibanderol dengan harga yang mahal. Kamu bisa menyiasatinya dengan membeli lettuce utuh dan memotongnya sendiri di rumah. Selain kamu punya banyak stok lettuce, kamu juga bisa menghemat uang belanjamu.

4. Beli pisang yang masih menempel pada tandan
commons.wikimedia.org

Kalau kamu ingin membeli pisang dan sekiranya untuk waktu yang agak lama, jangan pilih pisang yang sudah dipisahkan dari tandannya. Belilah pisang yang masih menempel pada tandan agar ketika disimpan pisang tersebut bisa bertahan lebih lama.

5. Menggunakan plastik warp
www.aliexpress.com

Daripada harus membeli wadah kedap udara untuk menyimpan makanan, lebih baik kamu membeli plastik warp deh. Plastik warp ini juga bisa menjaga kualitas makanan dengan baik. Harganya pun tentu tidak mahal seperti wadah kedap udara. Kamu bisa dengan mudah menemukan plastik warp di supermarket atau di toko plastik ya.

6. Mengeluarkan air pada lemon dengan tisu

www.15min.lt

Kamu tidak perlu membeli banyak lemon untuk mendapatkan air lemon dalam jumlah banyak. Kamu cukup menekan lemon dan menggulungnya di atas meja. Lemon akan menjadi lunak dan akan lebih banyak air yang keluar ketika lemon diperas. Sangat menghemat uang, 'kan?

7. Menyimpan cookies dengan benar

www.webstaurant

Cookies jika tidak disimpan dengan benar akan mudah melempem dan tidak lagi enak untuk dimakan. Trik menyimpan cookies agar tahan lama dan tetap renyah adalah dengan menaruh sepotong roti di atas wadah penyimpanannya. Kamu bisa mengganti rotinya secara berkala agar kualitas cookies tetap terjaga dengan baik.

8. Pilih telur yang berkualitas

www.tasteofhome.com

Pilihlah telur dengan kualitas yang baik agar bisa bertahan lama dan tetap enak untuk dikonsumsi. Caranya bisa dengan menaruh telur dalam air dan membiarkannya hingga stabil. Jika telur mengapung, tandanya telur tersebut sudah tidak baik dan tidak segar.

9. Membekukan makanan
www.pinterest.co.uk

Terkadang kita hanya membutuhkan sedikit makanan namun dijual dalam kemasan besar. Nah, hal ini kadang merepotkan karena makanan yang tersisa dan disimpan dalam waktu yang lama tidak lagi segar dan tidak layak konsumsi.

Trik untuk menyiasatinya adalah dengan membekukannya. Misalnya, kamu membutuhkan daun mint dalam jumlah kecil namun harus membelinya dalam jumlah besar. Kamu bisa membekukan sisa daun mint dalam balok es kecil sehingga bisa awet dan bisa tetap digunakan untuk waktu lama.

Itu dia tips menghemat makanan dari YuKepo. Kalau kamu mengikuti tips tersebut, nggak cuma makanan, tapi kamu juga bisa menghemat pengeluaran kamu. Tips tadi bisa juga lho kamu berlakukan bagi makanan lain. Yuk mulai belajar hidup hemat!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bingung Pilih Baju buat si Jangkung? Contek Style-nya Mikha Tambayong, Why Not?

Bingung Pilih Baju buat si Jangkung? Contek Style-nya Mikha Tambayong, Why Not?

Lagi Ngetrend, Tas Rotan Bali Ini Bikin Tampilan OOTD Anak Muda Keren Abis!

Lagi Ngetrend, Tas Rotan Bali Ini Bikin Tampilan OOTD Anak Muda Keren Abis!

Bosan dengan Style Feminin dan Manis Manja? Coba Beralih ke Aliran Sporty Aja!

Bosan dengan Style Feminin dan Manis Manja? Coba Beralih ke Aliran Sporty Aja!

Harganya 10 Ribuan, Sayuran Ini Bisa Bikin Badanmu Tinggi Secara Alami. No Bahan Kimia!

Harganya 10 Ribuan, Sayuran Ini Bisa Bikin Badanmu Tinggi Secara Alami. No Bahan Kimia!

Buat Cewek Berbadan Gempal, 10 Panduan Style Ala Amel Carla Ini Bisa Diikuti

Buat Cewek Berbadan Gempal, 10 Panduan Style Ala Amel Carla Ini Bisa Diikuti

Lahap Makan Pizza Tapi Nggak Bikin Badan Gendut? Terapkan Trik Ini Deh!

Lahap Makan Pizza Tapi Nggak Bikin Badan Gendut? Terapkan Trik Ini Deh!

loading