Lupain Dulu Kolesterol Jahat yang Mengintai. Ini 7 Masakan Olahan Jeroan yang Nikmat Sekali

youtube.com
Jeroan bagi sebagian orang mungkin dianggap makanan yang kurang layak, menjijikan, kurang sehat, dan sebagainya. Namun, jika diolah dengan benar, jeroan ternyata bisa menjadi makanan yang sangat lezat bahkan jadi buruan.
Nah, di berbagai daerah di Nusantara, ada olahan jeroan mulai dari jeroan sapi, ayam, bahkan ikan jadi makanan yang lezat dan punya banyak penggemar. Penasaran ingin coba? Yuk, kepo apa aja.

1. Nase ramoy, Madura

www.tokomaduraonline.com
Nase ramoy adalah sajian khas Kabupaten Pamekasan, Madura. Nase ramoy dibuat dari nasi putih hangat yang dicampur dengan aneka olahan jeroan sapi, daging, telur, dan disiram sambal kecap. Aneka jeroan itu dimasak dengan bumbu merah di atas tungku berbahan bakar kayu sehingga aroma lezatnya lebih terasa. Gurih, lezat, agak pedas, dan murah. Itu adalah sensasi yang akan dirasakan saat menyantapnya.

2. Gulai Tambusu, Padang

Sumber Gambar
Padang terkenal sebagai daerah penghasil aneka makanan lezat, dan memiliki banyak penggemar. Gulai tambusu juga jadi salah satu olahan khas masakan padang. Tahukah kamu, tambusu itu dibuat dari usus sapi? Usus sapi ini diisi dengan campuran tahu, telur, dan aneka bumbu, dimasak hingga matang, kemudian dimasukkan ke dalam gulai yang gurih. Tenang saja, usus yang dimasak telah lebih dulu dibersihakan baik bagian luar maupun dalamnya, termasuk lemak di dalamnya.

3. Momoh, Kendal

travelingyuk.com
Momoh terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu relatif lama, tiga jam. Setelah itu, jeroan yang sudah direbus ini direbus kembali bersama bumbu dan rempah-rempah.  Setelah itu, jeroan didiamkan selama 1 hari agar bumbu lebih meresap ke dalamnya. Setelah itu, momoh baru bisa dihidangkan. Momoh biasanya dijadikan teman sajian nasi pecel, dan terkenal sebagai makanan untuk menambah stamina pria dewasa. 

4. Sate usus

rina-dapurmanis.blogspot.com
Sate usus sangat sering dijadikan teman makan bubur ayam, dan nasi kucing. Kita bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di tukang bubur, angkringan, tukang soto, dan bahkan pecel ayam. Penggemar sate usus memang tak sedikit, rasanya yang tak kalah lezat daripada sate daging dan harga yang miring jadi alasan.
Sate usus biasanya dimasak dengan cara direbus dulu dengan bumbu, kemudian ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dibakar di atas bara api dan dilumuri dengan bumbu kacang. Ada juga yang langsung memakan usus tanpa dibakar lebih dulu. 
5. Pepes usus ikan bandeng, Sulawesi Selatan
cookpad.com
Makanan ini salah salah satu kuliner khas pantai Barat Sulawesi Selatan. Jika biasanya usus ikan bandeng dianggap limbah, di sini, usus bandeng disulap jadi makanan lezat. Cara membuatnya, jeroan ikan bandengn dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar menggunakan arang. Tidak sembarang usus ikan bandeng bisa digunakan. Hanya ikan yang makan lumut atau pelet dan tak berbau lumpur yang bisa digunakan. Selain itu, bandeng yang digunakan adalah bandeng yang tidak diberi makan dalam waktu tertentu dari empang sehingga usus masih kosong. 
6. Botok Jeroan Ayam, Madiun
sajiansedap.grid.id
Botok jeroan ayam dibuat dengan mencampurkan santan, daun salam, serai dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kencur, terasi, gula dan garam. Setelah tercampur rata, botok jeroan ayam dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Masa pengukusan kurang lebih 30 menit. Setelah matang, botok jeroan siap dihidangkan. 

7. Paru goreng

id.openrice.com
Paru goreng biasanya ditemukan di sajian masakan Padang. Rasanya gurih, teksturnya kering, dan cocok dijadikan teman makan nasi hangat. Cara membuat paru goreng adalah ungkep paru dengan aneka bumbu hingga matang kemudian ditiriskan dan dipotong-potong. Setelah itu, masak kembali paru yang sudah dipotong dengan santan dan aneka bumbu dan diamkan hingga menyusut dan bumbu meresap. Paru yang berbumbu tersebut kemudian digoreng di dalam minyak goreng panas dan siap dihidangkan. 
Masih menganggap jeroan sebagai limbah? Setelah diolah dengan benar, ternyata jeroan bisa menjadi makanan yang lezat dan bernilai jual tinggi. Namun, tetap harus memperhatikan efek buruk jeroan ya, misalnya tingginya kolesterol yang terkandung di dalam jeroan. Meski enak, penikmat jeroan harus pandai-pandai membatasi diri. 
0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kenyamanan dari Sneakers Putih Sudah Terbukti Nyata. Padukan dengan Ini, Makin Yahud!

Kenyamanan dari Sneakers Putih Sudah Terbukti Nyata. Padukan dengan Ini, Makin Yahud!

Urusan Makeup, Jangan Sekali-sekali Bilang "Terserah". Demi Hasil yang Memuaskan!

Urusan Makeup, Jangan Sekali-sekali Bilang "Terserah". Demi Hasil yang Memuaskan!

Rapikan Rambutmu dengan Gaya Cute Ala Jennifer Coppen Ini. Biar Nanti Ada yang Ngelus

Rapikan Rambutmu dengan Gaya Cute Ala Jennifer Coppen Ini. Biar Nanti Ada yang Ngelus

Nggak Selamanya Alay, Kaus Couple yang Dipakai Pasangan Ini Romantis Tiada Tara

Nggak Selamanya Alay, Kaus Couple yang Dipakai Pasangan Ini Romantis Tiada Tara

Bukannya Miskin, Tapi Ini Alasan Beli Skincare yang Share in Jar Itu Nggak Bikin Rugi

Bukannya Miskin, Tapi Ini Alasan Beli Skincare yang Share in Jar Itu Nggak Bikin Rugi

10 Ide Makanan Bertema Merah Putih. Bikin Kamu Makin Cinta Sama Negeri Sendiri

10 Ide Makanan Bertema Merah Putih. Bikin Kamu Makin Cinta Sama Negeri Sendiri

loading