Lakukan 7 Pertolongan Pertama Ini Saat Kulit Terbakar Matahari. Jangan Sampai terlanjur Jadi Kanker

18 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Main di pantai atau kerja di lapangan yang panas terkadang bikin kulit jadi belang. Tapi, tahukah kamu kalau kulit yang belang itu tanda bahwa kulitmu udah terbakar matahari?

Sebenarnya, kondisi kulit yang terbakar karena kelamaan di bawah sinar matahari sangat berbahaya dan harus segera diatasi. Karena kalau nggak, kamu bisa aja terkena kanker kulit, lho! Untuk itu, kalau kulitmu terbakar matahari, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini biar kulitmu nggak rusak dan kembali sehat sekaligus normal!

1. Dinginkan kulitmu dan menjauh dari paparan matahari

Kalau kamu lagi berjemur main di pantai dan tiba-tiba merasa kepanasan banget dan kulitmu jadi memerah, kamu harus segera berteduh dan dinginkan kulitmu. Jangan anggap sepele kulit yang tiba-tiba terkelupas atau melepuh karena itulah tanda kulitmu terbakar. Kamu bisa langsung mengompres bagian yang terbakar dengan air es. Tapi kalau nggak ada, berteduh aja sampai luka bakarmu nggak parah lagi.

2. Berendam dalam air dingin

Salah satu cara untuk mengembalikan kulitmu yang rusak akibat terbakar adalah dengan berendam di air dingin. Kulit yang panas harus diatasi dengan cara didinginkan dengan air. Kalau mandi atau berendam dengan air dingin, sebisa mungkin hindari penggunaan sabun karena hanya akan membuat kulitmu kering dan iritasi. Kamu bisa menggantinya dengan baking soda yang membantu memulihkan kulitmu yang terbakar.

3. Gunakan gel lidah buaya tapi jangan yang beraroma

Gel lidah buaya berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bagus banget untuk memulihkan kulitmu yang terbakar. Pilih produk soothing gel yang mengandung lebih dari 90% lidah buaya atau lebih baik menggunakan daging tanaman lidah buaya lagsung ke area kulit yang terbakar matahari. Jangan gunakan gel lidah buaya yang mengandung wewangian atau parfum karena akan membuat kulitmu kering dan iritasi.

4. Minum air putih yang banyak

Ini nih yang sering disepelekan ketika kulitmu terbakar matahari. Minum air putih yang banyak, bukan hanya agar kamu nggak dehidrasi. Kulit yang terbakar akan mengalami vasolidation, yaitu pembuluh darah yang membesar dan membuat kulitmu jadi kekurangan air. Kalau udah begini, kamu akan lebih mudah dehidrasi, bahkan terkenal heat stroke kalau nggak segera diatasi. Sebaiknya minum air putih atau air kelapa murni, ya!

5. Jangan pakai pakaian yang ketat

Setelah terbakar matahari, kulitmu butuh bernapas selama beberapa waktu untuk pulih. Tubuhmu lagi sibuk-sibuknya mengatasi trauma akibat matahari dengan meningkatkan aliran darah hingga ke kulit. Dengan memakai pakaian yang ketat, aliran darah di sekitar kulit ikut terganggu yang akan menyebabkan kemerahan, terasa panas, dan kulitmu yang terbakar jadi nggak sembuh-sembuh. Apalagi kalau ada luka melepuh. Duh, jangan deh!

6. Jangan mengelupas kulit yang terbakar matahari

Kulit yang terbakar parah biasanya ditandai dengan adanya kulit yang mengelupas di beberapa area tubuh. Memang sih jadinya belang dan jelek banget. Tapi tahan dirimu untuk nggak mengelupasnya. Biarkan kulit-kulit yang terbakar itu terkelupas dengan sendirinya. Kamu bisa membalurkan pelembab yang berbahan alami (tanpa alkohol) untuk meredakan kulitmu. Mengelupasnya hanya akan membuat kulitmu jadi lebih rusak dan terluka.

7. Jangan memecahkan kulit yang melepuh

Di tahap paling parah, kulit yang terbakar bisa aja melepuh sehingga akan muncul gelembung di kulit yang menggemaskan untuk segera dipecahkan. Eitsss, jangan buru-buru memecahkannya dan berharap kulitmu akan kembali normal. Sebenarnya, gelembung dari kulit yang melepuh tersebut adalah pelindung luka di kulitmu. Kalau kamu merasa perih tak tertahankan, kamu bisa mengoleskan krim lidah buaya dan periksakan diri ke dokter kulit.

Kulit yang terus-terusan terbakar matahari akan mengalami melanoma dan akan sangat sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, sebaiknya kamu nggak lama-lama nongkrong di bawah paparan sinar matahari meskipun kamu udah pakai tabir surya. Semoga cepat pulih! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES