Lakuin 13 Hal Ini Supaya Nggak Gampang Ketiduran di Saat-saat Genting

23 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Tidur itu memang ibadah, tapi kamu juga nggak selamanya bisa tidur. Bahkan di saat-saat genting. Ngaku deh, siapa di sini yang sering banget ketiduran di kelas atau saat rapat? Duh, kalau ketahuan dosen, teman, atau atasan bisa berabe nih. Mungkin sekarang masih aman, tapi kalau nanti pelor atau nempel molor lagi langsung kepergok, bisa susah nih.

Beruntunglah kamu menemukan artikel ini, sebab di sini akan diulas tips jitu supaya kamu nggak gampang ketiduran lagi di saat-saat penting.

1. Setelah bangun tidur, langsung minum air putih

Saat tidur kita akan kekurangan banyak cairan, guys. Apalagi saat cuaca panas kamu pasti berkeringat saat bangun tidur. Biasakan untuk langsung minum air putih sebanyak yang kamu mampu. Minum air putih bisa meningkatkan konsentrasi dan stamina kamu. Apalagi kalau semalam kamu begadang menyelesaikan tugas.

2. Mandi sebelum berangkat kuliah atau kerja

Mandi dengan air dingin di pagi hari bisa membuatmu melek, badan terasa segar, dan kamu nggak akan deh malas-malasan sampai ingin tidur lagi.

3. Makan makanan yang tepat saat sarapan

Hindari sarapan nasi goreng, minyak yang ada dalam nasi goreng bisa membuat kamu dehidrasi dan merasa makin haus, makanya biasanya nasi goreng diidentikan dengan makanan yang membuat kamu ngantuk.

Kalau kamu sudah makan nasi, imbangi dengan buah-buahan. Buah-buahan butuh waktu lama untuk dicerna, sehingga membuat tubuh kita lebih aktif dan nggak gampang ngantuk. Kamu juga bisa menggantinya dengan oatmeal atau sereal, telur juga bagus.

4. Jangan main sosmed ketika di kelas

Sadar nggak sih, terlalu lama memandang layar smartphone untuk scroll media sosial bisa bikin kamu ketiduran. Pasti kamu pernah mengalaminya, ‘kan? Makanya, simpan rapat-rapat smartphone-mu dalam tas.

5. Mencatat di buku

Untuk menghindari ngantuk, kamu dianjurkan mencatat di buku, bukan di laptop ya. Menulis dengan tangan akan membuat otakmu bekerja aktif, sehingga akan mengurangi kemungkinan kamu ketiduran.

6. Buat kamu yang benar-benar kurang tidur, cobalah metode power nap

Power nap sering dilakukan para pekerja kantoran di Jepang untuk mengatasi masalah kurang tidur. Caranya adalah memejamkan mata saat jam istirahat selama beberapa menit. Eitsss, tapi jangan kebablasan ya. Pasang alarm atau minta temanmu untuk membangunkanmu dari power nap ini.

7. Jalan-jalan di luar ruangan

Kalau kamu mulai ngantuk, cobalah keluar kelas atau ruang kerja dan hirup udara segar di luar. Jalan-jalan sebentar bisa membuatmu segar lagi.

8. Minum minuman dingin

Supaya matamu melek, kamu bisa coba meminum minuman dingin menyegarkan seperti es limun, jus, atau air es. Tujuannya untuk menstimulasi indera-inderamu agar lebih aktif.

9. Baca cerita horor

Kalau kamu mulai bosan saat mendengarkan penjelasan dosen atau bosan saat rapat yang durasinya lama, manfaatkan smartphone-mu untuk mencari cerita horor. Cerita menegangkan bisa memicu hormon adrenalin kamu.

10. Coba alihkan perhatianmu

Daripada ketahuan kalau tidur, mending ketahuan kalau lagi belanja online. Coba deh cari-cari kado untuk hari ulang tahun ibumu, atau casing untuk mengganti casing handphone-mu yang sudah rusak. Atau kamu bisa juga mengalihkan perhatian dengan mengamati kelakuan teman-temanmu.

11. Makan permen karet

Makan permen karet adalah salah satu kegiatan repetitif yang membuatmu aliran darahmu lancar dan membuatmu tetap melek serta berkonsentrasi. Cobain deh!

12. Duduk tegak

Coba deh perbaiki kebiasaan dudukmu selama ini. Duduk malas di kursi bisa bikin kamu ngantuk. Duduk tegak agar aliran darahmu lancar dan kamu pun bisa berkonsetrasi dengan baik.

13. Makan camilan yang pedas

Kalau di kelas, dosen mengizinkan kamu ngemil, pilihlah camilan yang berasa pedas. Dijamin melek deh! Begitu juga kamu yang sedang rapat di kantor, pilih makanan pedas supaya adrenalinmu kembali terpacu.

Itu dia beberapa tips dan kebiasaan ampuh mengatasi kantuk berlebihan menurut Yukepo. Berani coba, guys? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES