Lagi Viral! Minuman Segar Es Dawet “Jembut Kecabut" khas Purworejo

02 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Mendengar namanya mungkin kamu merasa aneh atau bertanya-tanya. Apa iya ada es dawet seperti itu? Kalau dilihat dari namanya memang cukup ‘ngeres’, tapi itu bukan makna sebenarnya, kok. Es Dawet Jembut Kecabut memang benar-benar ada di Kabupaten Puworejo, Jawa Tengah. Bahkan, minuman segar ini sangat populer di sana - mungkin juga karena namanya yang membuat orang menjadi penasaran. Lalu seperti apa sih es dawet yang sempat ramai dibicarakan di media sosial ini?

1. Asal usul penamaan

Mendengar namanya memang bikin kita ngilu atau terkesan jorok. Tapi sebenarnya nama ini ada asal usulnya. Nama “Jembut Kecabut” ini adalah disingkatan dari lokasi es dawet hitam itu sendiri, yakni “jembut” dari singkatan Jembatan Butuh dan “kecabut” dari Kecamatan Butuh. Jadi, pikiranmu jangan ngeres dulu, ya!

2. Sejarah Es Dawet Jembut Kecabut

_Ternyata es dawet ini cukup legendaris di Purworejo. Awalnya, dawet hitam ini dirintis oleh Mbah Ahmad pada tahun 50-an. Ia memulai jualan di Jembatan Butuh. Lalu usahanya ini diteruskan oleh cucunya, yakni Pak Wagiman bersama sang istri Hartati hingga sekarang. Bahkan, dawet hitam Pak Wagiman ini sudah jadi kuliner khas Purworejo, lho. Jadi kalau kamu lagi berkunjung ke kota ini, wajib deh mampir untuk mencicipi es dawetnya sebagai pelepas dahaga.

3. Es dawet ini dibuat secara tradisional

Ya, meskipun zaman berkembang dan banyak beragam alat dapur untuk membantu kita dalam proses memasak, nampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi Pak Wagiman. Sebab, dirinya masih mempertahankan pembuatan secara manual dan tradisional. Semuanya dibuat menggunakan tangan dan menggunakan pewarna alami.

Bahannya menggunakan tepung pati gelang yang direbus sambil diaduk. Ketika adonan sudah mengental, tinggal dicetak menjadi dawet. Lalu warna hitam ini diambil jerami padi yang dibakar dan abunya dihaluskan.

“Dawetnya berwarna hitam itu karena dikasih oman atau jerami padi yang dibakar, jadi pewarna alami. Lalu racikan dawetnya diberi santan, pemanis dari gula aren, dan es,” ujar Wagiman seperti yang dikutip dari Detik.com.

4. Dawet hitam ini memiliki penyajian yang unik

Ketika kamu datang dan membeli dawet fenomenal ini, kamu akan melihat penyajiannya yang unik dan berbeda dari es dawet pada umumnya. Yakni saat pembuatan santan dari perasan kelapa dapat dilihat langsung oleh pembeli. Jadi kamu bisa secara utuh melihat bagaimana proses penyajian Dawet Jembut Kecabut ini.

5. Lalu, di mana lokasi es dawet ini?

Nah, bagi kamu yang lagi berada di Purworejo dan ingin mencicipi es dawet ‘saru’ ini, kamu bisa datang ke Jalan Raya Purworejo-Kebumen. Persis lokasinya di timur Jembatan Butuh. Kalau kamu kesulitan, kamu bisa bertanya dengan orang di daerah Kecamatan Butuh. Sebab, dawet ini sangat populer di sana dan pasti banyak orang yang mengetahuinya.

Nah, itulah tadi Es Dawet Jembut Kecabut yang sempat viral di media sosial. Bagaimana? Kamu penasaran dengan rasanya? Buruan deh berangkat mencicipi kelezatannya. Apalagi cuaca lagi sering panas gini, cocok banget minum yang segar-segar!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES