Kursus Kilat yang Wajib Dikuasai Komika Pemula yang Ngebet Jadi Standup Comedian Profesional

15 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
292SHARES

Beberapa tahun ini, panggung komedi Indonesia didominasi oleh komika di standup comedy. Hampir di seluruh kota di Indonesia pasti memiliki komunitas standup comedy. Kompetisi ini pun bermunculan mulai dari tingkat kabupaten atau kota, provinsi, hingga kompetisi nasional yang disiarkan oleh televisi. Kini komika tidak hanya sering nangkring di stasiun tv nasional, mereka pun mendominasi perfilman Indonesia.

Melihat kesuksesan komika di Indonesia, tidak heran jika semakin banyak orang, mulai muda hingga tua, laki-laki dan perempuan, berminat menjadi komika. Namun karena itu pula persaingan menuju puncak dunia standup comedy menjadi sangat sulit. Jika tidak mempunyai teknik, persona, dan materi yang unik dan segar, akan sulit sekali menapaki karier sebagai komika.

Tapi kini jangan khawatir, YuKepo udah nyiapin tips membuat materi standup comedy buat kamu para komika pemula. Cocok banget 'kan buat kamu!

1. Pahami formula dari materi yang akan kamu berikan

Standup comedy ini punya standar materinya sendiri. Biasanya, materi standar yang sangat populer adalah set up dan punch line. Satuan materi yang terdiri dari set up dan punch line ini disebut dengan bit.

Nah, formula ini harus bener-bener dipahami agar kamu bisa mengotak-atik, mengulak-alik materimu jadi selucu dan semenarik mungkin.

2. Tulis materi yang tidak menyinggung siapapun

Penting nih! Tulis materi yang benar-benar bisa membuat orang tertawa tanpa menyinggung siapapun. Hal ini harus disadari oleh para komika agar lebih cerdas dan berhati-hati dalam membuat materi.

3. Hati-hati dengan kritik dan satir

Kritik dan satire dalam materi standup comedy boleh-boleh aja, asal harus cerdas dan hati-hati juga nih penyampaiannya. Berikan kritik yang membangun melalui materimu. Pastikan kritik dan satir yang kamu maksud bisa dimengerti agar tidak menimbulkan salah paham.

4. Perhatikan wilayah materi

Jangan masuki wilayah yang belum kamu ngerti seluk-beluknya! Misalnya, kamu mau nulis materi tentang politik, tapi kamu belum bener-bener ngerti soal politik. Nah, yang begini mending jangan dulu ya. Tulis aja materi dari pengalamanmu, kegiatan sehari-hari, observasi di sekitar, atau hal lainnya yang bener-bener kamu tahu dan paham.

5. Baca ulang materimu

Nah, kalau kamu udah berhasil menyelesaikan materi, kamu harus me-review dan membaca lagi materimu. Setelah membaca ulang, setidaknya kamu bakalan tau orang-orang akan tertawa seperti apa dengan materimu. Hal ini juga bertujuan agar tidak ada bit-bit dalam materimu yang akan menyinggung seseorang atau kelompok tertentu.

Nah itu dia tips membuat materi standup comedy bagi kamu para komika pemula. Sekarang gak perlu bingung lagi deh. selain menjalankan tips tadi, kamu pu n harus memiliki tekad yang kuat agar kamu tidak mudah goyah. Selamat mencoba, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
292SHARES