Kurang-kurangin Lakukan 7 Kebiasaan yang Menyiksa Matamu Ini. Siap dengan Risikonya?

22 April 2018
|Mohammad Syahrial
661SHARES

Cinta pada pandangan pertama, dari mata turun ke hati. Dari kalimat tersebut kita dapat menangkap satu hal yaitu mata merupakan indera yang sangat penting. Dari mata lah kita bisa melihat dunia, dari mata lah kita bisa melihat keindahan. Nah, apa jadinya kalau mata kita rusak, kualitas penglihatan kita menurun? Ditambah lagi sekarang dengaan semakin kecanduannya orang terhadap gadget.

Setiap hari mata kita terpapar radiasi dari smartphone, pc, televisi, dan sebagainya. Nggak heran dong kalau sekarang semakin banyak orang berkacamata. Wah, kalau gini gimana mau cinta pada pandangan pertama.

Nah supaya kamu bisa terhindar dari masalah penglihatan, kamu perlu menghindari kebiasaan buruk yang justru merusak mata. Masa iya kamu punya cita-cita buat bikin matamu nggak berfungsi normal?

1. Menatap layar gadget terlalu dekat dan terlalu lama

Menatap layar gadget terlalu lama dan terlalu dekat tidak baik untuk kesehatan mata, karena mata akan fokus pada satu titik saja dan dapat menyebabkan ketegangan pada mata hingga menimbulkan sakit kepala. Oleh sebab itu, biasakan untuk menerapkan aturan 20-20 untuk menjaga kesehatan mata. Yaitu, 20 menit menatap layar gadget dan 20 detik untuk melihat ke kejauhan agar mata tidak fokus pada satu titik saja.

2. Membaca dengan penerangan yang kurang

Membaca memang aktivitas yang sangat positif, namun ketika membaca dalam penerangan cahaya yang kurang, justru hanya akan membawa dampak negatif bagi kesehatan mata dan aktivitas membaca pun tidak memberikan hasil yang maksimal. Penerangan yang kurang menimbulkan kelelahan mata dan memaksa mata berakomodasi melebihi kemampuannya. Mata capek, badanmu juga ikutan lemes.

3. Membaca sambil berjalan

Kebiasaan membaca sambil berjalan ternyata dapat merusak mata lho. Ketika kamu membaca sambil berjalan akan ada guncangan yang menyebabkan fokus mata menjadi kabur. Hal ini mengharuskan mata untuk menyesuaikan kembali fokusnya secara berulang-ulang. Hal ini akan menimbulkan kelelahan mata, dan membaca pun menjadi tidak efektif.

4. Merokok

Buat para perokok, hati-hati nih ternyata merokok tidak hanya menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Tetapi juga pada kesehatan mata. Sebuah penelitian menyatakan bahwa merokok rentan mengakibatkan penyakit katarak di usia tua. Risiko ini akan semakin tinggi pada perokok yang tetap aktif hingga usia tua.

5. Menonton TV sambil berbaring

Menonton TV sambil berbaring memang sangat menyenangkan karena kita merasa sangat rileks dan santai. Ternyata eh ternyata, posisi berbaring ketika menonton TV dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Mata menjadi mudah lelah dan daya penglihatan mata pun akan menurun.

6. Tidur dengan riasan mata

Tidur dengan riasan mata tentu sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Riasan yang masih menempel pada mata akan menyumbat kelenjar di sekitar mata dan akan menyebabkan iritasi pada kulit. Bahkan bisa saja muncul benjolan pada sekitar kelopak mata. Selain itu, tidur dengan menggunakan bulu mata palsu, lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata dapat masuk ke dalam kornea dan menyebabkan peradangan.

7. Menggunakan tetes mata saat mata merah

Obat mata yang kita beli di apotek mungkin mengandung vasokonstriktor, yakni bahan yang dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat membuat merah pada mata tampak berkurang. Harus diingat bahwa obat mata tersebut juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat masalah pada mata dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, jika mengalami mata merah, segera konsultasikan pada dokter mata agar mendapat penanganan yang tepat.

Nah, itu dia kebiasaan buruk yang semakin dilakukan akan semakin merusak mata kita. Yuk hindari kebiasaan tersebut supaya mata kita tetap sehat dan dapat melihat dengan jernih. Kalau udah gitu kan bisa jatuh cinta pada pandangan pertama lagi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
661SHARES