Kopi Nikmat Itu Nggak Sembarangan Takarannya. Bikin Sendiri Aja dengan 10 Trik Ini!

28 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
20SHARES

Sepertinya, ngopi dan bercengkerama di coffee shop sudah jadi gaya hidup orang-orang sekarang ini. Bukan sekadar buat gaya-gayaan, bagi banyak orang kopi yang nikmat itu sudah jadi pelumas wajib sebelum memulai atau akan mengakhiri hari. Tapi kalau dihitung-hitung, jika kamu mampir ke kedai kopi sehari sekali, sudah berapa banyak uang yang kamu hamburkan buat kegiatan ini selama sebulan?

Salah satu solusinya biar nggak keseringan jajan di luar, kamu bisa coba buat bikin kopi nikmat buatan sendiri.

"Nanti rasanya beda sama racikan barista gimana? 'Kan mereka udah tahu takaran yang pas kayak apa."

Maka dari itu, kamu harus bisa dan tahu resep dan takaran ala barista juga. Kamu tetap bisa menyesap kopi nikmat kesukaanmu walau saat di rumah. Lumayan buat hemat bebeb.

1. Gunakan bubuk kayu manis sebagai pengganti gula

Banyak pecinta kopi hardcore yang anti sama gula, karena bisa mengubah cita rasa aslinya. Namun, buat yang nggak mau kehilangan kenikmatan minum kopi karena nggak biasa minum kopi pahit, coba ganti gulamu dengan bubuk kayu manis. Kabarnya nih, kayu manis bisa memberikan efek manis tanpa kalori di kopimu.

2. Beli frother yang harganya murah banget tapi kaya manfaat

Buat kamu yang suka dengan kopi creamy, kamu bisa buat sendiri di rumah lho. Kamu Cuma butuh susu dan gula, aduk dan hangatkan sebentar. Kemudian gunakan frother yang harganya lumayan terjangkau sekitar 30 ribuan untuk membuat tekstur puffy pada susu.

3. Coba kopi yang diseduh dingin (cold-brewing)

Kopi tidak hanya bisa diseduh dengan air mendidih, ada metode cold brewing. Caranya seduh biji kopimu dengan air biasa selama kurang lebih 12 jam. Ini akan menghasilkan kopi yang rendah asam.

4. Buat krimer sendiri

Bahannya hanya susu kental manis, susu, dan ekstrak vanilla. Gampang, 'kan?

5. Es balok kopi

Ingin menikmati es kopi kapan pun tanpa perlu repot-repot bikin? Langsung aja buat es kopi banyak-banyak kemudian cetak dalam cetakan es batu. Kamu bisa langsung nikmati kapanpun kamu mau, tinggal tambahkan susu. 

6. Buat sendiri perasa tambahan untuk kopimu

Bagi yang suka kopi dengan tambahan rasa, kamu bisa membuat sirup sendiri di rumah. Caranya dengan melarutkan 2 cangkir gula dan 2 cangkir air dengan api kecil, kemudian tambahkan perasa tambahan seperti vanilla, caramel, atau stroberi. Kamu punya sirup sendiri yang bisa kamu tambahkan ke es kopimu.

7. Tambahkan garam jika kopimu terlalu pahit

Selain bubuk kayu manis, kamu juga bisa mencoba garam. Garam tidak akan membuat kopimu manis, tetapi ia akan mengurangi rasa pahit kopimu.

8. Minum kopi di jam yang tepat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopi, konsumsi kopi pada saat brunch dan atau setelah makan siang hingga menjelang makan malam. Sebab di antara dua kegiatan makan besar itulah kamu butuh asupan energi di antara dua makan besar.

9. Blender biji kopi dengan mentega atau minyak kelapa

Jika kopimu masih dalam bentuk biji kamu bisa gunakan blender. Tetapi jika sudah dalam bentuk bubuk, seduh saja dulu baru campurkan butter kemudian. Kamu akan punya kopi dengan rasa yang berbeda dan lebih kental. 

10. Bersihkan cangkirmu dari noda kopi dengan baking soda

Cukup campurkan baking soda dan air, dan gosokan pada permukaan mug dengan sponge. 

Gimana kesanmu setelah daat bocoran tips bikin kopi nikmat dengan tangan sendiri di atas? Ternyata cuma itu triknya, langsung bisa dicoba guys saking simpelnya. Yuk mulai dibikin! Lumayan banget 'kan uang ngopimu tiap hari bisa ditabung buat modal nikah. Hehehe.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
20SHARES