Kini Produk Kosmetik Banyak Pakai Lendir Siput, Memang Apa Faedahnya?

03 Mei 2018
|Chandra W.
0SHARES

Ingatkah waktu kecil ketika kamu melihat hewan yang jalannya lambat merambat di dedaunan lalu ibumu akan berjalan dari dapur membawa garam dan menaburkannya hingga si lambat yang merambat itu menggeliat-geliat hingga akhirnya mati? Betul, bekicot atau siput yang selama ini dianggap menjijikkan ternyata kini justru dicari lendirnya untuk khasiat-khasiat tertentu seperti misalnya melembutkan kulit wajah. Jangan keburu menggelengkan kepala, nanti bisa saja kamu tergoda dengan khasiat lendir siput ini. 

Siput mengekskresikan lendir dari tubuhnya setiap kali berjalan ke mana saja, terutama di permukaan yang kurang nyaman serta saat ia merasa terganggu oleh kehadiran organisme lain termasuk manusia. Lendir inilah yang kini telah menjelma berbagai produk kosmetik dengan khasiat melembapkan kulit hingga ada yang diklaim bisa menghilangkan kerutan. Masak sih bisa seajaib itu manfaatnya? 

Dilansir dari Huffington Post, manfaat dari lendir siput ini belum banyak diteliti. Kandungan yang ada dalam lendir siput juga sebenarnya dapat ditemukan di banyak kosmetik yang tidak mengandung lendir siput sekalipun. Contoh kandungannya adalah hialuronic acid, enzim glikoprotein dan peptida. Sementara itu asam glikolik pada lendir siput dianggap bisa merangsang sel-sel kulit untuk menghasilkan kolagen dan elastin yang dapat meratakan warna kulit. Jika hanya melembapkan, memang bisa. Tapi manfaat lain seperti menghilangkan kerutan masih diragukan.

Kosmetik berbahan lendir siput kini sudah banyak beredar di pasaran, termasuk juga di negeri yang sering dijadikan kiblat para perempuan Indonesia dalam bersolek, Korea Selatan. Lendir siput diambil dengan cara membiarkan siput pekerja berjalan di jalan-jalan yang terbuat dari jala di tempat pembiakannya. Sekitar setengah jam saja per hari, lalu lendir yang menempel di bagian bawah jala tersebut diambil atau diperas. Barulah bahan baku ini diolah menjadi kosmetik.

Karena belum banyak penelitian yang membahas kandungan, manfaat serta bahaya lendir siput dalam kosmetik untuk kulit wajah, kamu perlu berhati-hati saat mencoba produknya. Apalagi jika kulitmu sensitif. Cobalah dengan mengoles tipis-tipis terlebih dahulu. Jika tidak ada alergi atau iritasi baru kamu lanjutkan memakainya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES