Kiat dan Gambaran Kuliah di Luar Negeri Ada di 6 Vlog Ini, Wajib Dikepoin!

www.instagram.com

Keinginan buat kuliah di luar negeri udah gede banget? Kamu juga harus cari tahu tentang gambaran gimana seluk-beluk menempuh pendidikan di negeri orang. Kamu bisa tanya langsung ke kakak tingkatmu yang sudah berpengalaman, atau coba membaca artikel dan review orang lain di internet.

Dari vlog merupakan salah satu sumber informasi yang sedang diminati saat ini. Tidak cuma kata-kata, mereka menunjukan kehidupan mereka langsung melalui video yang menarik, sehingga informasi yang mereka sampaikan tidak membosankan.

Berikut vlog terbaik tentang kuliah di luar negeri yang berhasil dirangkum. Dari situ kamu bisa mempersiapkan diri juga!

1. Gita Savitri Devi

www.youtube.com

Mahasiswa S1 Universitas Frei Berlin ini juga salah satu vlogger yang cukup populer sebagai sumber informasi teman yang ingin kuliah di Jerman khususnya. Gita menceritakan proses awal saat akan mendaftar kuliah di Jerman, proses seleksi, termasuk kemampuan apa yang harus dikuasai. Yang  jelas salah satu pelajaran wajib yang harus kita kuasai adalah Bahasa Jerman tingkat lanjut dan konsep matematika.  

Dalam videonya, Gita juga menceritakan secara detil tentang kehidupan kuliahnya yang sangat demanding, kesulitan yang dia hadapi, tips mengatur biaya hidup, dan tentunya pengalaman culture shock. Gaya bahasanya yang mengalir, kualitas video yang bagus, dan tentunya konten yang padat dan informatif dijamin bisa memberikan kamu gambaran tentang suka duka kuliah di luar negeri.

2. Turah Parthayana

www.youtube.com

Turah adalah mahasiswa S1 di Universitas Tomsk, Rusia. Dari banyak vlog yang bertebaran di YouTube, video Turah mendapat banyak perhatian sebab jarang orang Indonesia yang menceritakan pengalaman kuliah di Rusia. Dari videonya Turah, kita jadi tahu beberapa hal yang berbeda dari perkuliahan di Rusia, seperti jam kuliahnya yang cukup panjang, kuliah mulai hari Senin hingga Sabtu, serta ada mata kuliah olahraga yang ternyata wajib diikuti.   

Selain cerita tentang kehidupan kuliahnya, Turah juga sering berbagi pengalaman culture shock-nya di sana, rincian biaya hidup, juga tips khusus untuk kalian yang tertarik kuliah di negara itu, termasuk pesan bahwa wajib hukumnya buat kalian untuk menguasai bahasa Rusia di sana.

3. Syarif Zapata

www.youtube.com

Syarif bisa dibilang cukup baru di dunia vlogging, tetapi dia berhasil meraih banyak subscriber melalui kontennya yang cukup informatif dan menarik. Berbeda dengan mahasiswa biasanya yang sejak lulus SMA langsung berkuliah di luar negeri, Syarif memulai petualangannya di Eropa menjadi seorang au pair di Jerman selama beberapa tahun. Saat itu, ia sudah berstatus sebagai mahasiswa di Indonesia. Namun, akhirnya ia menemukan jalan untuk melanjutkan kuliah S1 di Jerman dan Swiss.  

Selain memberikan informasi tentang kuliah di luar negeri, vlogger yang satu ini juga membuat konten original membahas tentang komunitas Indonesia di Eropa, perbedaan budaya tertentu yang menurutnya penting untuk dipahami. 

4. Jake Wright
www.youtube.com

Beralih dari vlogger Indonesia, banyak juga vlogger asal luar negeri yang membuat konten tentang kehidupan kuliah mereka. Jake Wright salah satu yang punya vlog yang cukup populer. Vlogger asal Inggris ini berhasil menarik penonton karena melalui vlog-nya yang fokus pada kehidupan mahasiswa Cambridge. Jake sudah  memulai membuat video sejak lama, bahkan sebelum YouTube populer, namun konten tentang kehidupannya di Universitas Cambridge yang membuatnya populer.  

Jake menceritakan dengan cukup gamblang dan berhasil menggambarkan tipikal kehidupan perkuliahan di Inggris yang jauh berbeda dengan sistem pendidikan Amerika Serikat yang biasanya kita adopsi di Indonesia. Kini Jake yang sudah lulus dari Jurusan Ilmu Komputer, mulai meniti karier, dan masih konsisten meng-upload vlog-nya dengan fokus yang berbeda. 

5. Alexander Robinson
www.youtube.com

Alex mulai kuliah di Universitas Sidney awal tahun 2016 dan mulai mengunggah video tentang hari-harinya sebagai mahasiswa di sana, termasuk tips-tips untuk mahasiswa yang harus hidup sendiri di asrama, apalagi berasal dari luar negeri. Uniknya, selain membahas kehidupan kuliahnya, Alex yang punya hobi traveling dan parkour juga sering membagi videonya saat mengeksplor kota-kota di Australia bahkan Asia Tenggara. Bikin kamu makin terinspirasi untuk live to the fullest.   

6. Crimson Education

www.youtube.com

Ini adalah salah satu channel YouTube yang wajib kamu tonton ketika sedang mencari tahu gambaran kuliah di kampus kece di seluruh dunia. Dikemas dalam bentuk video singkat sekitar 5 menit, Crimson Education ini mengikuti kegiatan mahasiswa dari berbagai kampus ternama dunia dalam satu hari. Kalau kamu ingin tahu bagaimana kehidupan mahasiswa Oxford, Harvard, Stanford, Yale, dan lain sebagainya, kamu bisa langsung kepo channel yang satu ini.

Bagaimana? Sudah dapat pencerahan dari vlog ini? Salam semangat untuk kalian yang sedang berjuang mendaftar kuliah di luar negeri ya. Seperti pesan dari para vlogger ini, usaha keras, percaya diri, dan harus punya persiapan mental yang matang, tetapi jangan lupa untuk tetap menikmati hidup. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inspirasi Dekorasi Meja Ini Buatmu Makin Enjoy buat Belajar. Pas untuk Kamar Mungilmu

Inspirasi Dekorasi Meja Ini Buatmu Makin Enjoy buat Belajar. Pas untuk Kamar Mungilmu

Ingin Wajah Terlihat Glowing tapi Natural ala Artis Korea? Ikuti 7 Cara Ini!

Ingin Wajah Terlihat Glowing tapi Natural ala Artis Korea? Ikuti 7 Cara Ini!

Mau Malam Tahun Baruan di Rumah? Tenang, 6 Agenda Ini Nggak Kalah Seru!

Mau Malam Tahun Baruan di Rumah? Tenang, 6 Agenda Ini Nggak Kalah Seru!

Biar Jiwa Senimu Makin Terasah, 7 Cara Otodidak Ini Bikin Kamu Makin Jago!

Biar Jiwa Senimu Makin Terasah, 7 Cara Otodidak Ini Bikin Kamu Makin Jago!

Sering Susah Tidur? 12 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Istirahat Malammu Lebih Berkualitas

Sering Susah Tidur? 12 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Istirahat Malammu Lebih Berkualitas

Jangan Panik! Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Menyelamatkan Diri

Jangan Panik! Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Menyelamatkan Diri

loading