Ketiduran Saat Masih Pakai Make-Up? Segera Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Terlambat

27 Agustus 2017
|Olphi Disya

Setelah seharian beraktivitas atau pulang dari pesta, pasti kamu capek banget. Kasur pun terlihat seperti singgasana permaisuri yang indah dan empuk. Tanpa pikir panjang, kamu pun langsung merebahkan diri ke kasur dan menutup mata karena ngantuk berat. Bisa juga ketika kamu lagi nonton drama Korea berepisode-episode lalu ketiduran di depan TV, tapi lupa bahwa kamu belum membersihkan wajah. Duh, kan bahaya! Ketika terbangun, segera lakukan lima hal di bawah ini, ya!

1. Ketahui dulu potensi kerusakan wajahmu

Beda jenis kulit beda juga lho efek make-up yang dipakai tidur di wajahmu. Kalau kamu punya tipe kulit yang berminyak, kemungkinan besar akan mengalami penyumbatan pori-pori yang berujung pada timbulnya jerawat. Paling parah sih kalau kamu punya tipe kulit sensitif. Pakai make-up saat tidur akan membuat wajahmu jadi gatal dan iritasi. Nah, kalau udah tahu potensi kerusakannya, kamu bisa mencari jenis perawatan yang tepat, deh.

2. Jangan sentuh wajahmu sebelum cuci tangan

Kalau kamu terpaksa harus tidur pakai make-up karena lagi menginap di luar rumah atau mendadak nggak bawa pembersih wajah, kamu harus selalu kontrol tanganmu. Jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci bersih. Tangan yang kotor lalu memegang wajah akan menambah tumpukan kotoran dan bakteri. Jadi, sebisa mungkin cuci tangan terlebih dulu atau sentuh dengan tisu atau pun handuk yang bersih, ya!

3. Cuci wajahmu dengan paripurna

Tidur dengan make-up yang masih menempel di wajah pasti membuat kamu merasa seolah terkhianati diri sendiri. Tenang, jangan langsung balas dendam sehingga kamu mencuci muka dengan kasar. Pelan-pelan aja, yang penting terlebih dulu bersihkan dengan make-up remover (terutama di bagian mata yang rentan iritasi) dan micellar water yang mengangkat kotoran sekaligus melembabkan. Setelah itu cuci mukamu dengan sabun pembersih wajah. Kalau bisa cuci mukamu dengan menggunakan produk scrub untuk eksfoliasi.

4. Jangan lupa pakai uap panas

Meskipun udah dicuci bersih, bukan berarti kamu bisa merdeka tanpa bayang-bayang jerawat yang bisa timbul kapan aja. Kotoran yang masih menempel dan menyumbat pori-pori nggak bisa dihilangkan begitu aja. Kamu bisa coba steaming wajah dengan uap panas. Hawa panasnya akan membuat pori-porimu terbuka sehingga akan menyerap skincare dengan lebih baik. Pakai skincare yang mengandung antioksidan dan biarkan kulitmu beberapa jam tanpa make-up agar bisa bernapas.

5. Segera cuci sarung bantal atau sepraimu

Namanya juga ketiduran, kamu mungkin nggak sadar gimana posisi kamu saat tidur. Bisa aja make-up yang ada di wajahmu ikutan nempel di sarung bantal atau seprai seperti bedak atau lipstick. Kalau nggak segera dicuci, maka sisa-sisa make-up yang menempel akan membuatmu terkontaminasi saat tidur. Sebenarnya ini adalah jawaban dari misteri kenapa kulit wajahmu tetap berjerawat meskipun udah cuci muka sebelum tidur.

Jadi, tidur dengan make-up yang masih menempel itu nggak baik lho, girls. Selalu rajin cuci muka sebelum tidur dan ketika bangun tidur di pagi harinya, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES