Kerja Berjam-jam di Depan Layar Laptop? 7 Cara Ini Bisa Mengatasi Mata Lelah!

27 November 2017
|Olphi Disya
49SHARES

Bagi kamu yang harus berjam-jam bekerja di depan layar laptop atau komputer, pasti sering banget mengalami mata lelah. Sebenarnya mata lelah terjadi karena kamu terlalu lama menatap layar yang memiliki gelombang cahaya yang nggak baik untuk mata.

Oleh karena itu, kamu harus mengatasinya agar matamu nggak tetap segar dan mengalami penuaan dini. Berikut cara alami yang mudah banget untuk kamu lakukan sendiri di mana saja!

1. Menggunakan sendok dingin

Ternyata sendok nggak hanya berfungsi sebagai alat makan, kamu pun bisa mengatasi mata lelah dengan menggunakan sendok. Caranya, masukkan dua buah sendok ke dalam kulkas selama setengah jam atau sampai terasa dingin. Keluarkan sendok tersebut dan letakkan pada kedua mata yang terpejam. Sensasi dinginnnya akan membuat matamu jadi lebih rileks. Pas digunakan untuk kamu yang terlalu lama menatap layar komputer.

2. Kompres air hangat

Lebih suka yang hangat-hangat? Kamu bisa kompres mata dengan mencelupkan handuk tipis yang bersih ke dalam air hangat. Peras terlebih dahulu dan kompreskan pada mata yang terpjam sambil posisi berbaring. Tempelkan selama sekitar 1-2 menit. Ulangi dengan mencelupkan kembali handuk sekitar 4 kali berturut-turut. Lakukan cara ini secara rutin setiap matamu terasa lelah, yaitu 1-2 kali. Mata pun akan terasa terang kembali!

3. Susu murni

Nggak hanya enak untuk diminum, susu juga bisa diandalkan untuk mengurangi mata lelah. Susu murni yang tinggi lemak akan membuat matamu lebih rileks. Kamu pun jadi nggak mudah mengalami mata iritasi. Caranya adalah celupkan dua buah kapas ke dalam susu murni dingin lalu usapkan pada area mata. Kemudian celupkan kembali dan tempelkan di kelopak mata saat matamu terpejam. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan sehari sekali.

4. Pijatan di area wajah

Memijat wajah akan membantu mengalirkan sirkulasi darah sehingga lebih lancar. Matamu pun yang tadinya lelah akan jauh lebih rileks dengan dipijat. Caranya, celupkan handuk ke dalam air hangat dan usapkan ke area wajahmu. Lalu pijat perlahan wajah dan jangan mengenai area mata. Pijat di sekitar pipi dan dahi. Lakukan pemijatan selama 2-3 menit sampai kamu merasa segar. Selain mengurangi mata lelah juga bisa anti keriput nih!

5. Putih telur

Selain mencerahkan dan mengencangkan, putih telur juga dapat menghilangkan komedo serta mata lelah. Mantap banget, 'kan? Caranya sih gampang banget. Kamu hanya perlu satu buah putih telur lalu oleskan di area mata, yaitu di kelopak dan bawah mata. Pejamkan matamu dan biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air dingin dan lap dengan bersih jangan sampai ada putih telur yang bersisa. Matamu pun jadi terasa segar lagi deh!

6. Mencuci mata

Eitsss, bukan cuci mata jalan-jalan ke mall atau melihat yang cakep-cakep ya. Tapi ini benar-benar mencuci mata dengan air. Bersihkan dan bilas matamu dengan air yang mengalir. Usahakan untuk membasuhnya dengan air dingin. Hindari untuk mengucek matamu secara kasar. Tapi cukup dipijit perlahan saat membasuh. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Air yang membasuh matamu membuat otot-otot mata yang tegang jadi berkurang.

7. Kompres es batu

Sebenarnya, es batu merupakan cara paling simple dan ampuh untuk mengatasi mata lelah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah es batu dan bungkus dengan handuk tipis. Kompreskan ke area mata yang sedang terpejam, terutama bagian bawah mata dan kelopak. Sensasi dingin es batu akan membantu membuat matamu menjadi lebih rileks. Lakukan kompres setiap kali kamu merasa matamu lelah atau setelah 5 jam menatap layar komputer.

Mata lelah nggak bisa diabaikan begitu aja. Kalau dibiarkan, matamu bisa mengalami penuaan dini dan sangat berbahaya untuk kesahatan matamu di masa depan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
49SHARES