Kepingin Putih Tapi Takut Nggak Aman? Cek 5 Kandungan Pemutih Aman Ini Dalam Kosmetik!

19 Mei 2018
|Chandra W.
0SHARES

Pernah melihat atau mendengar kasus-kasus cewek yang kulitnya radang, memerah dan iritasi akibat memakai pemutih yang mengandung merkuri dan hidrokinon? Seram ya, hanya karena ingin kulit putih harus menanggung risiko yang sebaliknya. Padahal ada lho, bahan pemutih kulit dalam kosmetik yang aman, bahkan untuk pemakaian jangka panjang sekalipun. Sebelum membeli kosmetik dengan khasiat memutihkan kulit wajah maupun selain wajah, cek dulu yuk bahan apa yang digunakan di dalamnya. Apakah salah satunya ada di bawah ini?

1. Kojic acid dari jamur Jepang

Rahasia kecantikan wanita Jepang yang banyak dikenal dan diadaptasi di Indonesia biasanya adalah dengan menggunakan beras Jepang. Tapi, ternyata ada jamur yang di Jepang digunakan untuk perawatan kulit juga selain untuk campuran pembuatan sake. Setelah diolah, namanya menjadi kojic acid yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit hingga merejuvenasi sehingga kulitmu tampak awet muda. Warnanya putih seperti tepung. Dalam kosmetik, kandungan aman disarankan 0,2 % hingga 1%. Kojic acid digunakan pada beberapa produk serum, losion dan krim. 

2. Arbutin

Senyawa kimia yang satu ini sudah populer di kalangan beauty blogger. Meski arbutin lebih banyak dikenal sebagai ekstrak bearberry, sebenarnya ia berasal dari campuran daun kering berbagai beri-berian seperti bearberry, cranberry dan blueberry. Ada juga alpha arbutin yang tingkatannya lebih murni. Cara kerjanya dengan menghilangkan noda hitam, mencerahkan kulit dan mencegah kulit kusam. 

3. Licorice extract

Dari tanaman sejenis kacang polong, licorice extract memberikan perlindungan lebih dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, ada juga kandungan enzim tironase yang mengontrol pembentukan melanin. Untuk kulit sensitif juga licorice extract cocok karena tidak menimbulkan iritasi. 

4. Ekstrak mulberi

Yang satu ini juga cukup terkenal di kalangan beauty blogger. Ekstrak mulberi berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menghambat aktivitas tironase. 

5. Ekstrak teh hijau

Selain bisa diminum untuk diet, teh hijau bisa dimanfaatkan ekstraknya yang mengandung vitamin B dan asam amino yang bisa membuat kulit tampak lebih muda serta menghambat pelepasan melanin. 

Jadi sebelum memakai produk pemutih, kamu bisa mengecek dulu kandungan di dalamnya. Jangan sampai saking kepinginnya putih malah jadi korban merkuri dan hidrokinon. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES