Kepedesan sampe Bercucuran Air Mata? Redakan Siksaan Itu dengan 8 Makanan Ini!

23 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Sebagian besar orang Indonesia yang berlidah ‘lokal’ pasti suka banget dengan makanan bercita rasa pedas. Makanya banyak banget tempat makan di Indonesia yang menu utamanya menawarkan berbagai macam sambal. For your information, pedas itu bukan rasa, lho. Pedas adalah sensasi iritasi berupa panas dan rasa terbakar yang diterima oleh ujung saraf lidah yang bernama papila. Iritasi ini disebabkan adanya senyawa capsaicin pada makanan yang kita makan. Semakin banyak papila yang terikat pada senyawa capsaicin ini maka semakin terasa pula sensasi pedasnya.

Pedas yang berlebihan pastinya tidak baik untuk kesehatan ya. Terutama untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, ketika kita makan makanan yang terlalu pedas, kita kerap merasa tidak nyaman seperti merasakan senasi panas, perih, dan terbakar.

Eitsss, tenang saja. Sensasi pedas ini bisa diredakan dengan mengonsumi makanan tertentu. Salah satunya adalah es krim! Mau tau lebih lengkap apa saja makanan yang bisa menghilangkan pedas? Yuk, langsung kepoin informasi dari Yukepo berikut ini!

1. Mengunyah roti

Roti nggak hanya disantap untuk mengenyangkan perut, lho. Roti juga ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan pedas. Caranya cukup dengan mengunyahnya, dan roti akan menyerap rasa pedas yang tersisa di mulutmu.

2. Susu

Nah, pasti udah banyak yang tau dong kalau susu bisa menghilangkan pedas? Kandungan lemak pada susu mampu menetralkan sensasi panas akibat makanan pedas yang kita konsumsi. Untuk menghilangkan pedas kamu juga bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

3. Jeruk nipis

Buat kamu yang tahan dengan rasa asam, jeruk nipis bisa menjadi solusi untuk menghilangkan pedas. Caranya cukup potong jeruk nipis secukupnya, kemudian hisap hingga pedas tidak lagi terasa.

4. Lemon

Lemon juga bisa menghilangkan pedas, lho! kandungan dalam lemon akan menetralkan pedas seperti halnya jeruk nipis.

5. Jus buah

Minumlah jus buah setelah makan makanan pedas untuk menghilangkan sensasi panas dalam mulutmu. Jus buah dengan rasanya yang manis akan menenangkan dan juga bisa menghilangkan rasa pusing akibat pedas.

6. Telur

Lauk favorit yang satu ini juga bisa dikonsumsi sebagai penghilang pedas. Lebih tepatnya, mengonsumsi telur rebus bisa menghilangkan sensasi panas akibat pedas.

7. Madu

Madu juga bisa menghilangkan pedas. Ketika kamu merasa pedas, kamu bisa mengonsumsi sesendok madu untuk menghilangkannya.

8. Minum alkohol

Buat kamu yang suka minum minuman beralkohol dan juga gemar menyantap makanan pedas, kini tidak perlu takut kepedesan karena rasa terbakar di lidah kamu bisa hilang dengan kamu menenggak minuman beralkohol. Tapi ingat, cuma buat yang diperbolehkan minuman beralkohol aja ya!

Itu dia guys makanan yang bisa menghilangkan pedas. Jadi, kalau kamu berniat mau makan makanan yang pedas, kalian bisa prepare dengan membawa atau membeli makanan-makanan tersebut agar kamu tidak berlama-lama merasakan sensasi pedasnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES