Kenali Penyebab Komedo Ini, Biar Nggak Menyesal di Kemudian Hari

www.pexels.com

Komedo menjadi salah satu musuh utama bagi kamu yang lagi getol merawat wajah. Keberadaannya di titik tertentu sering terlihat jelas. Permukaan kulit wajah jadi terasa kasar dan bertekstur. Dewasa ini, produk untuk membasmi komedo semakin banyak jenisnya. Mulai dari yang kemasan strip seperti perekat, krim hingga facial wash juga tersedia dan dijual di pasaran.

Berbagai cara juga akan ditempuh untuk membasmi komedo membandel. Namun, komedo akan terus menyerang dan muncul di kulit wajah. Bukan tanpa sebab, pasalnya ia yang terus muncul karena faktor internal dan eksternal tubuh.

Maka dari itu, perlu sekali untuk mengetahui apa saja si penyebab komedo yang terus-menerus muncul tiada henti. Supaya kamu juga bisa menemukan solusi terbaik dan tercepatnya.

1. Kotoran menumpuk yang menyumbat pori-pori

rimma.co

Salah satu penyebab munculnya komedo yang paling mainstream adalah akibat penumpukan kotoran. Baik debu dan polusi yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit. Seperti yang diketahui, aktivitas di luar ruangan memang menuntut untuk setidaknya aware menggunakan masker, kacamata hitam, maupun pelindung lainnya. Namun, beberapa dari kita belum mengindahkan hal tersebut.

Polusi dan debu yang cenderung tinggi di area perkotaan membuat kulit harus pasrah terpapar debu setiap hari. Akibatnya, debu dan kotoran yang menumpuk akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya menyebabkan munculnya komedo. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Penyebaran kuman dari tangan karena sering memegang wajah

idntimes.com

Terlalu sering memegang wajah membuat kuman yang ada di tangan berpindah ke kulit wajah. Maka dari itu, sebaiknya kurangi kebiasaan yang menimbulkan kontak tangan dengan wajah. Usahakan untuk selalu menggunakan tisu dan perantara bersih lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu membiasakan mencuci tangan setelah melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan benda berdebu, kotor, dan berkarat.

3. Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan berminyak dan manis

hellosehat.com

Terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak dan manis bisa memicu timbulnya komedo. Meski komedo tersebut tidak selalu muncul di permukaan kulit wajah, konsumsi makanan berminyak dan manis yang terlalu sering dapat menimbulkan komedo pada permukaan kulit punggung.

4. Faktor alergi menyebabkan komedo makin subur
prelo.co.id

Faktor alergi juga dapat menyebabkan timbulnya komedo pada permukaan kulit. Penting sekali untuk mengetahui alergi yang kita idap. Hal ini nggak cuma berguna untuk pencegahan penyakit akibat alergi, juga untuk mencegah komedo makin tumbuh subur karena alergi.

5. Faktor genetik
hellosehat.com

Faktor genetik pun bisa memicu pertumbuhan komedo berlebih. Hal ini dipengaruhi pada gen orangtua yang memiliki kelebihan minyak di wajah yang pada umumnya akan menurun ke sang anak. Kelebihan minyak ini juga dapat memicu munculnya jerawat dan komedo yang makin menggila.

6. Faktor cuaca yang kerap berganti-ganti

flickr.com

Faktor cuaca juga menjadi penyebab komedo bisa muncul secara membabi buta. Pasalnya, kita tinggal di negara tropis yang hanya memiliki dua musim. Ketika tiba musim kemarau, suhu akan terlampau meninggi. Terik matahari pun tak bisa dihindari. Sinar matahari berlebih ini dapat memicu pertumbuhan komedo terutama di area hidung.

7. Penggunaan produk kecantikan yang salah

pexels.com

Penggunaan produk kecantikan yang salah juga bisa memicu reaksi timbulnya komedo. Hal ini karena ketidakcocokan produk kecantikan yang dipakai akan menimbulkan iritasi. Bukan tidak mungkin juga ketidakcocokan pada sebuah zat dari produk kecantikan malah akan memicu timbulnya minyak berlebih yang akhirnya memicu munculnya komedo.

8. Stres

pexels.com

Stres seringkali menjadi pemicu munculnya sejumlah masalah kesehatan. Tak terkecuali komedo. Mulai sekarang kamu juga perlu mengondisikan pikiran supaya nggak terlalu pusing, ya.

9. Kurang minum air putih
pexels.com

Kurang minum air putih akan menyebabkan dehidrasi pada kulit dan membuat kulit menjadi kering. Tapi bukan berarti bisa terbebas dari komedo. Kulit yang lembap bisa terminimalisir dari sejumlah masalah kulit, tak terkecuali komdeo. Maka dari itu, berusahalah untuk selalu minum minimal 8 gelas sehari untuk mengempas masalah kulit ini.

Komedo memang nggak selalu muncul karena faktor eksternal seperti debu dan polusi. Bisa juga berasal dari faktor internal seperti genetik dan alergi. Maka dari itu, tetap rajin merawat kesehatan kulit, ya! Usir masalah wajah ini dengan memulai kebiasaan yang lebih sehat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Haru! Meski Hanya Pakai Sepatu dari Perban, Atlet Cilik Ini Berhasil Sabet 3 Medali Emas | Keepo.me

Haru! Meski Hanya Pakai Sepatu dari Perban, Atlet Cilik Ini Berhasil Sabet 3 Medali Emas | Keepo.me

Stylish Ala Cewek Korea, Ini 5 Tren K-Fashion yang Harus Kamu Tahu

Stylish Ala Cewek Korea, Ini 5 Tren K-Fashion yang Harus Kamu Tahu

Demo Tolak DWP Jakarta Panas, Massa Ormas: Anies Pengkhianat Umat Pendukung Maksiat! | Keepo.me

Demo Tolak DWP Jakarta Panas, Massa Ormas: Anies Pengkhianat Umat Pendukung Maksiat! | Keepo.me

Rekomendasi Shade Lipstik Nude yang Cocok untuk Semua Warna Kulit

Rekomendasi Shade Lipstik Nude yang Cocok untuk Semua Warna Kulit

Direhabilitasi Hingga Dipenjara Seumur Hidup, Inilah Kasus Narkoba Artis Paling Mengejutkan di 2019 | Keepo.me

Direhabilitasi Hingga Dipenjara Seumur Hidup, Inilah Kasus Narkoba Artis Paling Mengejutkan di 2019 | Keepo.me

Fashion Designer Lokal yang Terkenal dan Berhasil Go International

Fashion Designer Lokal yang Terkenal dan Berhasil Go International

loading