Kelalaian dalam Merawat Kulit Wajah yang Sering Terabaikan

www.pexels.com

Merawat wajah juga ada ilmunya. Tidak sekadar memberikan krim, ada aturan yang perlu diikuti supaya kulit tetap sehat dan glowing.

Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya perlu dipahami dalam merawat kulit wajah agar hasilnya maksimal. Salah satunya adalah dengan menghindari beberapa kelalaian yang tanpa disadari sering diabaikan karena tidak paham.

Jangan sampai terlambat, mulai sekarang ketahui dan praktikkan hal ini supaya tidak ada yang terlewat lagi. Demi wajah lebih sehat dan kinclong.

1. Berlebihan dalam menggunakan suatu produk

pexels.com

Terlalu berlebihan dalam menggunakan suatu produk tanpa mencari tahu kandungan bisa membuat kulit rusak. Jika kamu memiliki kulit yang normal cenderung kering dan menggunakan facial wash yang mengandung AHA, BHA, dan retinol setiap hari, ini bisa membuat wajahmu jadi dehidrasi.

Over exfoliating atau pengelupasan sel kulit mati secara berlebih ini bisa membuat masalah kulit lain jadi berdatangan. Apabila menggunakannya secara berlebihan dan terlalu kasar ketika mengusapkan ke wajah, wajah bakalan terkelupas dan rusak.

2. Keliru dalam mengaplikasikan layer skincare

pexels.com

Ini bisa menjadi menjadi salah satu kelalaian dalam merawat kulit wajah. Kamu harus tahu kandungan sebuah produk skincare agar tepat mengaplikasikannya ke wajah.

Menempatkan urutan yang salah bisa bikin produk yang dipakai nggak berfungsi secara baik. Gunakan cleanser terlebih dahulu disusul dengan toner.

Kemudian, mulai gunakan krim yang bertekstur ringan, serum, eye cream, hingga pelembab. Setelah itu, dilanjutkankan dengan minyak wajah dan sunscreen ber-SPF untuk menangkal sinar matahari di siang hari.

3. Tidak membersihkan wajah dengan tepat

pexels.com

Nggak membersihkan wajah setelah beraktivitas adalah salah satu kelalaian yang seringkali diabaikan. Yang perlu dipahami wajah kotor nggak cuma karena penggunaan makeup. Keringat, minyak, debu, polusi, terpapar asap, dan beberapa faktor eksternal dan internal lain yang mempengaruhi permukaan kulit wajahmu.

Membersihkan wajah secara rutin dengan sabun wajah yang ringan dan aman sesuai jenis kulit akan sangat membantu kulitmu bernafas dan meregenerasi kulit secara maksimal. Biasakan untuk menggunakan makeup remover untuk menghapus riasan di wajah hingga benar-benar bersih. Lalu lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit.

4. Tidak menjaga kebersihan alat riasmu
pexels.com

Malas membersihkan alat makeup juga menjadi salah satu hal yang bikin wajah mudah berjerawat. Alat rias yang telah dipakai dikerumuni jutaan bakteri setelah bersentuhan dengan tangan, wajah, dan berbagai zat kimia.

Ditambah lagi jika penyimpanannya cenderung sembrono dan nggak steril. Jangan harap deh wajahmu bisa bebas dan jerawat meksipun sudah mati-matian pakai krim dokter.

5. Hobi menekan jerawat sampai pecah
time.com

Kemunculan jerawat itu emang bikin gemas. Keinginan untuk mengempeskannya juga semakin besar. Hobi memencet jerawat sampai pecah bisa jadi sebuah kesalahan yang membahayakan.

Ketika sebuah jerawat pecah dan mengeluarkan cairan, kesempatan bakteri yang hingga maupun yang terbawa angin, tangan, dan di tisu untuk mengelap bisa mengancam jaringan kulit dan luka bekas jerawat. Bukannya terbebas dari jerawat, risiko bekas jerawat yang menghitam, luka, rasa sakit, hingga kanker kulit bisa mengancam.

6. Berolahraga hingga minum kopi setelah facial

pexels.com

Banyak yang nggak tahu kalau setelah melakukan facial kamu nggak disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu keringat.

Di momen ini, kamu sebaiknya mengistirahatkan wajah. Ada baiknya kamu untuk menghindari olahraga, minum teh, kopi, serta hal yang menstimulasi keringat.

7. Menggunakan tisu pembersih sebagai pembersih

pexels.com

Membersihkan wajah dengan tisu pembersih itu dapat membuat pelindung alami kulit wajah ikut rusak. Pada umumnya, tisu pembersih diciptakan dengan mencampurkan berbagai macam zat kimia serta alkohol.

Hal ini dapat mengubah pH kulit. Sebenarnya, mencuci wajah dengan sabun khusus untuk kulit dan menggunakan toner setelahnya bisa cukup membantu kok. Kulit bisa terhidrasi dengan baik.

Merawat kulit wajah memang kudu telaten. Selain itu, banyak hal juga yang harus diketahui agar perawatan wajah yang dilakukan selama ini nggak sia-sia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Tips Mengatasi Keringat Berlebih Supaya Aktivitas Tak Ikut Terganggu

Tips Mengatasi Keringat Berlebih Supaya Aktivitas Tak Ikut Terganggu

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Style Agen Rahasia Ala Suzy di Drama Vagabond

Style Agen Rahasia Ala Suzy di Drama Vagabond

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Style Ikonik Billie Eilish Ini Jadi Identitas Penampilannya di Banyak Acara

Style Ikonik Billie Eilish Ini Jadi Identitas Penampilannya di Banyak Acara

loading