Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kamu Awet Muda. Jangan Disepelein Lagi Mulai Sekarang

06 Desember 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Tak dipungkiri, awet muda menjadi dambaan banyak orang ketika mulai menginjak usia 40-an dan seterusnya. Pujian “Masih keliatan kaya ABG ya,” menjadi sangat penting untuk mereka. Tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mengunjungi klinik kecantikan atau bahkan dokter bedah plastik demi mendapat penampilan yang awet muda.

Padahal, sebenarnya banyak lho cara dan tips mudah dan pastinya hemat yang bisa membantu peremajaan kulit. Awet muda dengan cara yang alami tentunya lebih aman dan tidak perlu merasa sakit karena tidak akan berhadapan dengan pisau bedah.

Nah, kali ini Tim Yukepo mau bagi-bagi tips dan trik agar kalian bisa awet muda dengan cara mudah, murah, aman, dan bisa kalian lakukan setiap hari. Yuk, langsung kepoin apa aja rahasianya!

1. Hindari makanan manis dan berkarbohidrat tinggi

Mengonsumsi makanan dengan gula yang berasal dari karbohidrat tinggi atau makanan yang mengandung pemanis buatan akan memicu proses glycation. Proses ini menyebabkan molekul gula mengikat protein dalam tubuh dan mengubahnya menjadi protein baru yang disebut AGEs (advanced glycation end-products) yang akan membahayakan sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, gula dari pemanis buatan akan merusak protein kolagen. Jika kolagen yang berfungsi untuk memberikan elastisitas kulit ini rusak, maka sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik. Inilah sebabnya muncul masalah-masalah seperti kerutan pada wajah, kulit kendur, dan sebagainya.

2. Tidur telentang

Percaya nggak, kalau tidur telentang bisa bikin awet muda? Tips yang satu ini emang agak unik ya, tapi tidur telentang emang bisa bikin kita awet muda lho. Jadi, ketika kita tidur menyamping, akan ada tekanan pada salah satu bagian wajah yang memudahkan munculnya kerutan pada wajah. Untuk mensiasatinya ya harus tidur telentang supaya tidak ada bagian wajah yang mendapat tekanan. 

3. Tidur nyenyak di malam hari

Sebelum tidur, tubuh kita akan memproduksi hormon yang bernama human growth hormone (HGH). Hormon HGH ini berfungsi untuk pembentukan karakteristik kulit pada orang-orang di usia muda. Hormon ini juga membuat kulit lebih kencang, halus, dan mulus. Tubuh kita akan memproduksi hormon ini ketika kita merasakan kantuk hingga benar-benar tertidur lelap.

Jadi, kalau tidur kita terganggu, tubuh kita tidak akan bisa memproduksi hormon HGH dengan baik. Selain itu, tidur malam yang nyenyak juga membuat kulit menjadi lebih cerah.

 

4. Mengangkat dan membersihkan sel kulit mati

Melakukan pengangkatan sel kulit mati secara rutin dengan peeling akan membantu regenerasi kulit yang baru tumbuh dengan cepat dan alami. Dengan sel-sel kulit yang baru, kulit akan berfungsi lebih baik dan membuatnya lebih halus dan juga cerah. Pengangkatan sel kulit mati juga bisa memberikan efek positif untuk merangsang produksi kolagen yang mencegah timbulnya selulit pada kulit.

5. Lindungi kulit dari bahaya sinar UV

Sinar matahari memang penting untuk pemenuhan kebutuhan vitamin D, tetapi paparan sinar matahari yang berlebihan juga tidak sehat untuk kulit. Munculnya kulit kering, noda hitam, elastisitas kulit menurun, hingga iritasi adalah dampak buruk dari sinar UV.

Oleh sebab itu, kalian perlu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kalian bisa memakai sunscreen atau menggunakan masker alami seperti mentimun dan tomat sebelum dan setelah kulit terpapar sinar matahari. Pastikan sunscreen kalian aman dan nggak mengandung bahan kimia berbahaya ya. Walaupun aktivitas kalian nggak banyak di luar ruangan, pakai sunscreen setiap hari tetep oke kok.

Gimana? Masih mau menghabiskan uang ke klinik kecantikan? Udah deh, mulai sekarang coba praktekin tips dan trik dari Yukepo ini. Dijamin hasilnya gak kalah dari klinik kecantikan, asalkan kalian konsisten ya ngelakuinnya. Eitsss, nggak cuma penampilan aja ya yang awet muda, jiwanya juga harus awet muda biar semangat terus! Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES