Kayak Jodoh, Milih Pembersih Wajah Pun Jangan Asal. Ini Jenisnya Sesuai Tipe Kulitmu!

22 Juni 2018
|Romlah Sundari
236SHARES

Salah satu tahapan paling penting dalam merawat kulit wajah adalah cleansing atau pembersihan. Setiap hari kita bergumul dengan polusi dan debu yang akan meninggalkan residunya di wajah kita. Belum lagi kalau kita sehari-hari mengenakan makeup. Tumpukan makeup dan kotoran di wajah ini jika nggak dibersihkan dengan seksama bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

Membersihkan wajah pun nggak boleh asal-asalan, harus dengan seksama agar maksimal mengangkat semua kotoran dari wajah. Pilihan pembersih wajah pun juga harus dicermati, gunakan yang sesuai dengan tipe kulitmu agar nggak menimbulkan masalah kulit baru. Biar nggak salah pilih, yuk simak ulasan berikut!

1. Kulit kering

Untuk kamu yang berkulit kering, hindari cleansing foam atau produk pembersih wajah apapun yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate atau Sodium Laurel Sulfate karena dapat membuat kulitmu semakin kering. Lebih baik pilihlah jenis pembersih cleansing balm, cleansing milk, atau cleansing oil. Ketiga jenis pembersih ini mampu mengangkat makeup dan kotoran dari wajah tanpa membuat kulit semakin kering.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak harus hati-hati dengan produk pembersih wajah yang berbahan dasar minyak karena dapat menyumbat pori-pori. Karena itu, pilihlah jenis pembersih wajah cleansing gel atau cleansing foam. Akan tetapi hati-hati dan tetap pilih yang lembut untuk kulit ya agar tidak membuat kulitmu kering.

3. Kulit normal

Kamu yang berkulit normal, berbahagialah karena kulitmu nggak butuh perhatian khusus. Dari micellar water hingga cleansing balm, bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kulitmu. Jika kulitmu terasa sedang membutuhkan kelembapan lebih, gunakan cleansing milk atau cleansing oil. Sedangkan jika kulitmu terasa sedang cenderung berminyak, coba gunakan cleansing gel atau cleansing foam yang lembut.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif memang kerap bikin bingung dan rewel karena nggak cocok dengan berbagai kandungan yang ada dalam produk kosmetik. Salah satu produk yang aman bagi kulit sensitif adalah cleansing milk atau micellar water yang tidak mengandung alkohol dan parfum. Bagi kamu yang kulitnya sensitif, rajin-rajin memperhatikan tabel komposisi di produk pembersih wajah ya. Hindari zat-zat yang bisa membuat kulitmu iritasi.

5. Kulit kombinasi

Coba perhatikan kulitmu, apakah terdapat perbedaan sifat antara satu bagian dengan bagian lainnya? Jika iya, berarti kamu memiliki kulit kombinasi. Jenis kulit ini agak sulit dalam pemilihan pembersih wajah karena harus mampu mengakomodasi dua tipe kulit yang berbeda. Karena itu, carilah pembersih yang dapat menyeimbangkan kelembapan kulit seperti cleansing gel.

6. Kulit rentan berjerawat (acne-prone)

Pemilik kulit rentan berjerawat pasti merasa kesulitan untuk mencari pembersih karena takut nggak cocok dan menyebabkan breakout. Carilah pembersih wajah yang mengandung zat-zat yang dapat melawan jerawat seperti salicylic acid atau lactic acid. Dan hindari pembersih yang mengandung zat-zat comedogenic.

Coba cek lagi jenis kulitmu, kenali sifat-sifatnya dengan baik. Agar kamu bisa menentukan produk pembersih wajah mana yang cocok untuk kulitmu. Jangan sampai kamu berniat merawat tapi malah justru menyebabkan masalah kulit baru.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
236SHARES