Kaya Rempah, 9 Wedang Khas Nusantara Ini Bisa Menghangatkan Hati yang Beku

resepgulaku.com

Indonesia memiliki minuman hangat tradisional yang biasa disebut wedang. Wedang umumnya terbuat dari rempah-rempah yang memiliki aroma harum dan cita rasa pedas. Rempah tersebut akan memberikan sensasi hangat pada tubuh ketika menyeruputnya. Oleh sebab itu, minuman ini sering dicari dikala cuaca dingin atau ketika badan kurang sehat. Selama ini, mungkin kamu hanya mengenal beberapa wedang khas nusantara tetapi ternyata minuman ini banyak jenisnya, lho! Bisa hangatkan hati yang beku, inilah wedang khas nusantara yang bakal membuat kamu ketagihan

1. Wedang Ronde

travelingyuk.com

Wedang Ronde terbuat dari air rebusan jahe, gula merah, dan serai. Isiannya berupa roti tawar yang dipotong kecil-kecil, kolang-kaling, kacang, dan bola-bola ronde. Ronde ini terbuat dari tepung ketan yang diisi kacang merah dan kemusian direbus. Minuman ini bisa ditemukan di Solo dan Yogyakarta saat menjelang malam.

2. Wedang Uwuh

beritagar.id

Masih dari Yogyakarta, ada minuman hangat lain yang bernama Wedang Uwuh. Wedang ini terbuat dari rebusan jahe, kayu secang, bunga dan batang cengkeh, kayu manis dan daunnya, pala dan daunnya, serai dan akarnya, serta  gula batu atau gula merah sebagai pemanisnya. Karena terbuat dari dedaunan dan batang-batang, minuman ini akhirnya disebut wedang “Uwuh” yang artinya sampah daun.

3. Sekoteng

merahputih.com

Wedang ini bisa dijumpai di Jawa Tengah maupun Jawa Barat. Sekoteng mirip dengan Ronde yang berkuah rebusan jahe. Namun, isinya agak sedikit berbeda, yakni kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, potongan roti, dan kolang-kaling. Perbedaan yang paling mencolok, sekoteng ditambah dengan susu kental manis.

4. Bajigur

infobandung.co.id

Manis, gurih, dan menghangatkan, itulah ciri khas wedang yang berasal dari Jawa Barat ini. Bajigur terbuat dari jahe, gula merah, pandan, garam, dan santan yang direbus sampai mengeluarkan aroma harum. Bajigur juga sering disajikan bersama kudapan manis seperti pisang goreng atau ubi rebus.

5. Bandrek
www.resepkubunda.com

Sama seperti bajigur, bandrek juga merupakan minuman asal Jawa Barat. Biasanya minuman ini memang dijual bersamaan. Bandrek memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibanding bajigur. Bandrek terbuat dari rebusan jahe dan rempah-rempah yang kental. Wedang ini biasa disajikan dengan irisan daging kelapa yang menambah kegurihannya.

6. Sarabba
beritagar.id

Minuman yang wujudnnya mirip bajigur ini berasal dari Makassar. Wedang ini terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, dan lada bubuk. Itulah mengapa wedang ini memiliki sensasi pedas yang sangat menghangatkan tubuh. Wedang ini memang dikenal dengan khasiatnya yang ampuh menyembuhkan masuk angin.

7. Bir Pletok

resepkoki.id

Walau namanya bir, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi. Dibuat dari berbagai rempah, seperti pandan, serai, kapulaga, kayu manis, merica hitam, dan kayu secang. Biasanya, selain disajikan hangat-hangat minuman ini juga bisa dicampur es.

8. Wedang Tahu

www.kotajogja.com

Wedang ini sebenarnya tidak benar-benar terbuat dari tahu. Bagian yang disebut tahu ini sebenarnya terbuat dari sari kedelai yang memadat seperti tahu. Wedang ini disajikan dengan kuah air rebusan jahe, gula merah, dan pandan. Saat disantap, tahu tersebut akan lumer di mulut saking lembut dan rapuhnya.

9. Wedang Secang

flohomerecipes.wordpress.com

Walau bisa ditemukan di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, wedang secang ternyata merupakan minuman khas kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Wedang ini biasa disajikan secara panas maupun dingin. Wedang secang berwarna merah yang berasal dari kayu secang sebagau bahan utamnya. Kayu secang direbus bersama serai, kayu manis, kapulaga, pandan, dan gula pasir.

Selain menghangatkan badan dan hati, rempah-rempah yang terkandung di dalamnya juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini memang paling pas diminum dikala badan meriang. Bahkan, hangatnya sampai meresap ke hati!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jadilah Satu-satunya Bidadari di Hari Pernikahanmu dengan Gaun Pengantin Syar'i Ini!

Jadilah Satu-satunya Bidadari di Hari Pernikahanmu dengan Gaun Pengantin Syar'i Ini!

Muka Cantik, Tapi Nyebut Dirinya Kentang. Kenapa Fenomena Ini Sering Terjadi?

Muka Cantik, Tapi Nyebut Dirinya Kentang. Kenapa Fenomena Ini Sering Terjadi?

Dear Traveler, Jangan Mau Dipanggil "Si Dekil". Jalan-jalan Ganteng Ala Hamish Daud Yuk!

Dear Traveler, Jangan Mau Dipanggil "Si Dekil". Jalan-jalan Ganteng Ala Hamish Daud Yuk!

Ketika Bad Hair Day Melanda, Lakukan Ini untuk Selamatkan Penampilanmu!

Ketika Bad Hair Day Melanda, Lakukan Ini untuk Selamatkan Penampilanmu!

Bye Jerawat dan Muka Kemerahan! Tomat Beku Bisa Bikin Wajah Cling Lagi

Bye Jerawat dan Muka Kemerahan! Tomat Beku Bisa Bikin Wajah Cling Lagi

10 Kuliner Khas Daerah Ngapak Ini Bikin Lidah Jatuh Cinta, Rugi Nggak Mencicipinya!

10 Kuliner Khas Daerah Ngapak Ini Bikin Lidah Jatuh Cinta, Rugi Nggak Mencicipinya!

loading