Kandungan Skincare Ini Nggak Boleh Dipakai Bersamaan! Mau Mukamu Rusak?

unsplash.com

Suka pake skincare berlapis-lapis? Wajar kok, apalagi kalo kamu menganut teknik dari Korea Selatan. Tapi kamu juga perlu berhati-hati ketika menggabungkan beberapa produknya. Harus paham tentang kandungan atau bahan aktif yang ada di dalamnya juga, karena ternyata ada yang nggak boleh dipakai bersamaan.

Pastikan bahwa kandungan dalam produk skincare yang kamu gunakan saling mendukung untuk mengatasi masalah wajahmu. Jangan sampai kandungannya malah kontradiktif dan justru menyebabkan breakout, iritasi, dan jerawat.

Mungkin banyak dari kalian yang belum paham tentang kandungan skincare mana yang boleh dan tidak untuk digabung. Untuk menjawab kebingungan kalian, kulik lebih dalam yuk!

1. Retinol dan AHA/BHA

www.passporttoorganics.com

Retinol, AHA, dan BHA adalah solusi dari masalah jerawat, kulit kusam, sampai tanda penuaan dini. Walau demikian, ketiganya tidak boleh digunakan bersamaan. Pemakaian Retinol dan AHA atau retinol dan BHA justru jadi pemicu kulit iritasi.

Fungsi Retinol adalah meregenerasi kulit, sedangkan AHA/BHA adalah mengeksfoliasi kulit. Jika ketiganya dipakai bersamaan, kulit menjadi over-exfoliated. Alternatifnya, gunakan Retinol dan AHA/BHA di waktu yang berbeda. Misal, AHA/BHA di pagi hari dan retinol di malam hari.

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide

shop.renewskinsolutions.com

Retinol dan Benzoyl Peroxide memang ampuh mengatasi jerawat, namun keduanya bisa membuat kulit kering sehingga jika dipakai bersamaan akan membuat kulit menjadi sangat kering dan flaky. Hal ini tentunya akan memperlambat proses penyembuhan jerawat. Bahkan di beberapa jenis kulit justru bisa membuat jerawat semakin banyak.

3. Retinol dan Salicylic acid

www.skinlaboratory.com

Retinol dan Salicylic Acid merupakan kandungan skincare yang kontradiktif. Retinol bertugas melepaskan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit yang baru. Salicylic Acid bertugas membersihkan pori-pori yang tersumbat serta melepaskan sel kulit mati.

Jika Retinol dan Salicylic Acid digunakan bersamaan, kulit akan mengalami peradangan dan over-exfoliated

4. Vitamin C dan Niacinamide
www.aliexpress.com

Gabungan vitamin C dan Niacinamide ini sebenarnya masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa gabungan kedua bahan ini akan membuat kulit menjadi merah dan mengurangi performa vitamin C. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa tidak semua jenis kulit akan mengalami dampak buruk tersebut.

Sebenarnya kulit kemerahan akibat vitamin C dan Niacinamide ini bisa jadi disebabkan oleh formulasi vitamin C yang kurang stabil. Jadi, untuk penggabungan dua bahan  ini harus sangat diperhatikan formulasi setiap produknya ya.

5. Vitamin C dan AHA
id.pinterest.com

AHA yang berfungsi mengeksfoliasi kulit bisa mengubah pH pada vitamin C jika kedua bahan ini digunakan dalam waktu yang bersamaan. Selain mengubah Ph, AHA juga bisa menghilangkan antioksidan yang dikandung oleh vitamin C, sehingga vitamin C tidak akan bekerja dengan efektif jika digabungkan dengan AHA.

Jika kamu menggunakan skincare yang mengandung AHA, sebaiknya gunakan serum dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi seperti green tea atau resveratrol.

6. Skincare dokter dan acne treatment OTC

theglitterguide.com

Beberapa pasien yang sudah mendapat treatment dan skincare dari dokter, masih sering menumpuknya dengan skincare yang dipasarkan secara bebas. Hal ini bisa jadi karena tidak sabar ingin melihat hasil yang siginifikan pada kulit.

Skincare dari dokter biasanya mengandung bahan yang konsentrasinya lebih dari skincare yang beredar di pasaran. Kebayang dong skincare dokter yang sangat concentrated masih digabung dengan skincare biasa. Bukannya sehat, kulit malah jadai semakian breakout deh.

7. AHA/BHA dan scrub exfoliants

www.londondrugs.com

Scrub exfoliants bekerja mengeksfoliasi kulit dengan membuka pori-pori. AHA/BHA pun merupakan kandungan aktif yang juga bekerja mengeksfoliasi kulit. Jika scrub exfoliants dan AHA/BHA digunakan dalam waktu bersamaan, dan pori-pori kulit yang terbuka terkena kandungan AHA/BHA maka kulit akan over-exfoliated. Kulit bisa terasa perih dan iritasi.

Itu dia kandungan dalam skincare yang nggak boleh digabung. Sekali lagi, kita harus mulai belajar mengenal kandungannya agar tahu apa yang dibutuhkan dan harus dihindari. Sekarang cek produk skincare-mu, apakah bahan tersebut ada dalam produk yang kamu gunakan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Usah Jauh-Jauh Ke Korea, Ini Resep Kimchi Halal yang Bisa Kamu Praktikkan

Nggak Usah Jauh-Jauh Ke Korea, Ini Resep Kimchi Halal yang Bisa Kamu Praktikkan

7 Tips Ini Buatmu Nyaman Saat Pakai Sheer Dress yang Semi Tembus Pandang

7 Tips Ini Buatmu Nyaman Saat Pakai Sheer Dress yang Semi Tembus Pandang

Ketagihan Operasi Plastik Puluhan Kali, Alasan Pria Ini Karena Benci Wajah Sendiri

Ketagihan Operasi Plastik Puluhan Kali, Alasan Pria Ini Karena Benci Wajah Sendiri

Farah Adany, Salah Satu Pilot Cantik yang Berhijab. Lihai Terbangkan Pesawat dengan Mulus!

Farah Adany, Salah Satu Pilot Cantik yang Berhijab. Lihai Terbangkan Pesawat dengan Mulus!

Jelly dengan Hiasan 3D Ini Bisa Dijadikan Sebagai Pengganti Kue Nikahan. Cuteness Overload!

Jelly dengan Hiasan 3D Ini Bisa Dijadikan Sebagai Pengganti Kue Nikahan. Cuteness Overload!

Cantik dan Jago Meracik Kopi, Barista Ini Siap Bikin Pelanggan Rela Antre Lama

Cantik dan Jago Meracik Kopi, Barista Ini Siap Bikin Pelanggan Rela Antre Lama

loading