Kamu Punya Banyak Stretch Mark di Tubuh? Yuk, Atasi dengan 8 Cara Mudah Ini!

tulawellnessmd.com

Stretch mark merupakan hasil dari penurunan berat badan atau berat badan yang tiba-tiba naik drastis. Pada dasarnya kulit yang pernah membengkak seperti pada ibu hamil tidak dapat kembali ke bentuk awalnya karena kulit telah kehilangan elastisitas dan kolagen sehingga meninggalkan beberapa tanda merah muda atau putih.

Stretch mark biasa muncul di area perut, tangan dan kaki dengan jumlah yang banyak tentu sangat menganggu penampilan apabila tidak segera di atasi. Jika kamu memiliki banyak stretch mark, berikut solusi yang pasti akan membantu mengurangi stretch mark di permukaan kulit kamu.   

1. Minyak rosehip

simplepurebeauty.com

Minyak rosehip mengandung antioksidan, vitamin A dan vitamin E yang meningkatkan produksi kolagen. Asam lemak yang ada di dalamnya meningkatkan kapasitas penyembuhan kulit sehingga mampu menyamarkan stretch mark dan bekas luka lainnya.

2. Kunyit

yogaretreatkerala.com

Kunyit mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk memperbaiki kondisi kulit. Campurkan 3 sendok makan bubuk kunyit dengan air hangat hingga berbentuk pasta. Oleskan pada stretch mark dan biarkan kurang lebih selama 10-15 menit. Aplikasikan secara teratur, setelah beberapa minggu kamu akan melihat stretch mark mulai memudar.

3. Scrub bubuk kopi

sevenroses.net

Bubuk kopi kaya cafein yang dapat menembus kulit dengan mudah. Scrub kopi akan merangsang degradasi lemak di bawah kulit dan juga memiliki sifat antioksidan. Gerakan scrubbing yang lembut akan meningkatkan aliran darah di area stretch mark. Campurkan bubuk kopi dengan air hingga berbentuk pasta. Gosok dengan lembut, gerakan melingkar selama 3-5 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan setiap hari.  

4. Baking soda
www.healthline.com

Baking soda mengandung alkaline yang bisa membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan lapisan kulit mati, sehingga mencerahkan stretch mark. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan jus lemon untuk membentuk pasta.

Oleskan pada area stretch mark, bungkus dalam plastic wrap, dan biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu, buka bungkusnya lalu bilas dengan air hangat. Terapkan ini setiap hari untuk menghilangkan stretch mark dengan cepat. 

5. Lemon
www.healthline.com

Jus lemon adalah pengobatan mudah lainnya untuk stretch mark. Jus lemon kaya akan vitamin C membantu mempercepat peredaran darah sehingga dapat mengurangi stretch mark dan bekas luka. Pijatlah jus lemon dengan gerakan memutar dan lembut pada area stretch mark selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

 

6. Aloe Vera / Lidah Buaya

www.momjunction.com

Lidah buaya sangat bagus untuk stretch mark, gel lidah buaya yang mengandung kolagen sangat menenangkan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka membantu memperbaiki elastisitas kulit. Oleskan gel lidah buaya pada stretch mark lalu diamkan selama semalaman dan bilas di pagi hari.

7. Minyak zaitun

www.shutterstock.com

Minyak zaitun mengandung antioksidan seperti Vitamin A dan Vitamin E. Vitamin E membantu menetralisir efek oksidan dari radikal bebas yang merusak kolagen. Vitamin A menstimulasi kulit secara alami dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Pijat lembut minyak zaitun yang sudah dididihkan selama 5-10 menit di daerah stretch mark dan biarkan meresap dalam semalam.

8. Kentang

mirrorspectator.com

Kentang kaya akan mineral dan vitamin serta bersifat emolien yang menenangkan kulit. Kandungan antioksidan pada kentang membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit sehingga dapat menghilangkan stretch mark. Potong irisan tebal kentang berukuran sedang, ambil salah satu irisan kentang dan gosok dengan lembut pada stretch mark selama beberapa menit.

Itu dia beberapa cara mudah dan hemat untuk menyingkirkan stretch mark. Lakukan langkah di atas dalam rutinitas perawatan kulit harian kamu demi mencegah stretch mark muncul dan juga memudarkan tanda yang sudah ada. Minum banyak air mineral juga bisa menjadi faktor pendukung untuk membuat penampilan kulit kamu lebih baik. Imbangi dengan makanan sehat untuk memastikan kulit kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Jadi, sudah kepikiran mau coba yang mana nih besok? Semoga bermanfaat ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Tentang Ibu Terjahat yang Lebih Parah dari Ibu Tiri Cinderella | Keepo.me

5 Film Tentang Ibu Terjahat yang Lebih Parah dari Ibu Tiri Cinderella | Keepo.me

Begini 7 Rahasia untuk Menumpaskan Jerawat Punggung yang Sering Menyiksa

Begini 7 Rahasia untuk Menumpaskan Jerawat Punggung yang Sering Menyiksa

Xiaomi Hadirkan Inovasi untuk Permasalahan Pemindai Sidik Jari di Dalam Layar | Keepo.me

Xiaomi Hadirkan Inovasi untuk Permasalahan Pemindai Sidik Jari di Dalam Layar | Keepo.me

Nikmati Pesona Bawah Laut Raja Ampat Dengan Mengunjungi 5 Spot Diving Luar Biasa Ini

Nikmati Pesona Bawah Laut Raja Ampat Dengan Mengunjungi 5 Spot Diving Luar Biasa Ini

Ponsel Mulai Lemot? Lakukan Cara ini untuk Optimalkan RAM di Ponsel Androidmu | Keepo.me

Ponsel Mulai Lemot? Lakukan Cara ini untuk Optimalkan RAM di Ponsel Androidmu | Keepo.me

8 Rekomendasi Foundation Stick yang Cocok untuk Kamu yang Masih Pemula

8 Rekomendasi Foundation Stick yang Cocok untuk Kamu yang Masih Pemula

loading