Kaleng Bekas Numpuk di Gudang? Yuk, Percantik dengan Teknik Gampang Decoupage Ini!

18 Desember 2017
|Ekky Riza
0SHARES

Sebentar lagi tahun baru, nih! Rumah udah cantik, tapi ada yang kurang deh kayaknya. Hmmm, ternyata kurang pernak-pernik untuk menghias rumah. Eitsss, jangan buru-buru beli di toko sebelah ya! Hehehe. Karena kamu bisa membuat pernak-pernik yang cantik dari kaleng bekas menggunakan teknik decoupage.

Apa sih decoupage itu? Kata 'decoupage' berasal dari bahasa Perancis yang artinya memotong. Secara singkat, teknik decoupage dilakukan dengan memotong kertas bermotif kemudian menempelkannya pada objek, dan melapisinya dengan varnish atau pelitur.

Nah, kelihatannya gampang banget ya? Yuk, kita intip satu per satu langkah teknik decoupage untuk mempercantik barang bekasmu!

1. Siapkan dulu alat dan bahannya

Untuk melakukan decoupage, kamu membutuhkan cat akrilik, lem decoupage (bisa dibuat dengan mencampurkan lem kayu putih dengan air), kertas bermotif (untuk pemula sebaiknya menggunakan kertas napkin dulu yaa), varnish (boleh yang glossy atau doff), paint brush, shrink wrap, ampelas dan tentu saja kaleng bekas yang akan dipercantik.

2. Bersihkan kaleng bekas yang akan dipercantik

Mula-mula kamu harus membersihkan kaleng bekasmu dulu, lalu mengampelasnya agar hasil decoupage-nya bisa cantik maksimal!

3. Lapisi kaleng bekas dengan cat akrilik

Kemudian lapisi kaleng bekas menggunakan cat akrilik dengan warna kesukaanmu. Sebelum ke langkah selanjutnya, jangan lupa dikeringkan dulu ya catnya.

4. Tempelkan kertas menggunakan lem pada permukaan kaleng yang sudah dicat

Setelah catnya benar-benar kering, kamu bisa mulai menempelkan kertas di permukaan kaleng. Gunakan lem decoupage untuk menempelkannya. Pastikan kertas telah tertempel dengan rata dengan cara menggosokkan shrink wrap di atasnya.

5. Oleskan kembali lem di permukaan kertas

Mengoleskannya harus pelan-pelan agar kertas tidak menempel pada kuas dan robek. Biarkan kering dulu ya sebelum ke langkah selanjutnya.

6. Lapisi seluruh permukaan kaleng dengan varnish atau pelitur

Nah, ini bagian paling penting. Varnish harus dilapiskan ke seluruh permukaan kaleng agar kertas decoupage-nya terkesan menyatu. Kamu bisa menggunakan varnish doff atau glossy, sesuai seleramu. Tunggu hingga kering. Pelapisan varnish bisa dilakukan beberapa kali agar hasil lebih bagus.

7. Selesai!

8. Beberapa kaleng bekas yang sudah disulap jadi cantik

9. Tidak hanya kaleng bekas, barang bekas lainnya pun bisa disulap jadi lebih cantik dengan teknik decoupage ini
10. Meja bekas pun jadi jauh lebih cantik!

11. Keranjang kayu yang biasa jadi luar biasa dengan teknik decoupage

12. Botol bekas pun nggak ketinggalan

13. Sepatu pun bisa dipercantik dengan decoupage lho!

Bagaimana? Mudah, 'kan? Sekarang kamu nggak perlu beli pernak-pernik yang harganya lumayan buat mempercantik rumahmu. Cukup manfaatkan kaleng bekas yang kamu punya. Kamu pun bisa jual karya decoupage-mu lho! Selain barang bekas jadi cantik, kamu juga bisa dapat uang tambahan. Untungnya dobel-dobel ya. Hihihi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ekky Riza
"live your life"
0SHARES