Kalau Mau Dagangan Online Shop-mu Laku Keras, Contek 12 Desain Memukai Ini!

12 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
144SHARES

Merintis usaha online shop memang susah-susah gampang. Selain produk yang dijual, ada satu hal lagi yang penting untuk kelangsungan bisnismu ini. Desain yang menarik untuk bisa menarik minat pembeli.

"Tapi belajar desain itu susah. Pakai Photoshop aja aku masih kesusahan."

Barangkali itu yang jadi kendala kenapa selama ini feeds dan postingan di lapak online shop-mu gitu-gitu aja.

Tapi sekarang, tanpa perlu mengoperasikan program editing gambar, kamu bisa bikin desain posting-an lapakmu nggak kalah menarik dan kece. Karena ini adalah kunci dagangan online-mu bisa laku banyak atau tidak!

1. Tanpa perlu install, pakai saja template gratis yang ada di websites ini

Pertama, kamu perlu aplikasinya. Gampang banget, kamu nggak perlu menggunakan aplikasi desain yang berat. Kamu juga bisa menggunakannya secara online. Salah satu yang paling mudah digunakan bahkan untuk kamu yang awam dengan dunia desain antara lain Canva, Stencil, Adobe Spark, Designbold, Desygner. Kamu bisa pilih dan utak-atik template yang ada di sana. Tinggal buat akun dan manfaatkan fitur gratisannya. 

2. Cari tahu tren desain saat ini

Di aplikasi tersebut, kamu sudah bisa menemukan berbagai template yang unik dan bisa kamu bikin desainmu sendiri sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengunggah foto dan logomu sendiri agar bisa dipadupadankan dengan template yang ada. 

3. Gunakan permainan tipografi

Salah satu tren desain saat ini adalah tipografi. Tenang, jika kamu tidak punya kemampuan tipografi manual dengan tulisan tangan, gunakan saja font yang ada. Kamu bisa memadukan kata-kata tertentu dengan foto yang ciamik. Seperti yang di atas.

Biasanya ini digunakan untuk menandakan kamu sedang mengadakan sale atau diskon besar-besaran. Tulisan besar akan membuat pesanmu tersampaikan lebih cepat. Asalkan bisa memadukannya dengan tepat, tulisan promo kamu nggak akan kelihatan alay. 

4. Manfaatkan fitur edit kontras dan kecerahan

Sekarang warna pastel yang soft juga sedang digemari. Kamu bisa meningkatkan kecerahan fotomu dan mengurangi kontrasnya sehingga gambarmu akan memiliki efek pudar. Kamu bisa memadukannya dengan tulisan berwarna putih yang bikin konten promomu makin epic. 

5. Penggunaan font yang bold

Tren berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah penggunaan font yang bold atau tebal seperti ini. Ini akan membuat pesanmu makin jelas, desainmu terlihat modern dan tetap elegan.

6. Kesederhanaan yang istimewa

Selain tulisan bold, kamu juga bisa menggunakan font simpel seperti ini. Biasanya font dengan tipe Sans Serif sehingga terlihat lebih modern. Tulis dalam ukuran kecil, letakkan di bagian tengah gambar, gunakan gambar atau background yang berwarna lembut. 

7. Fitur opacity juga perlu dimanfaatkan

Jika kamu menggunakan foto sebagai background, kamu juga bisa mengurangi opacity atau kesolidan warna font mu sehingga terlihat kece dan estetik seperti ini. 

8. Cari background yang sudah kece

Selain gambar yang penuh dan ramai, kamu bisa memilih background yang sudah estetik seperti pertemuan warna laut dan langit yang membentuk gradasi kece ini. Dengan background yang sudah kece ini, konten promomu pun akan makin keren tak terhingga. 

9. Bingkai tulisanmu

Kamu wajib memanfaatkan fitur bidang datar seperti persegi panjang, kotak, lingkaran, maupun segitiga untuk membingkai tulisanmu agar lebih mudah dibaca. Tidak akan mengurangi keindahan desainnya, 'kan? 

10. Tren pola geometris

Satu lagi tren yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu tren pola geometris. Bisa kamu aplikasikan dalam bentuk apa saja, misal shade warna, pola background, atau hiasan ornamen yang lucu ini. 

11. Efek duotone

Selain warna-warna soft kamu juga bisa mengekspresikan karyamu dalam warna mencolok nan berani ini. Padukan dengan font bold dengan warna kontras dan, feeds-mu akan tampil dengan gaya youthful. 

12. Gradasi warna

Kamu juga bisa membuat gradasi warna seperti ini untuk menambah kesan estetik pada konten promomu. 

Tuh, mudah 'kan ternyata. Dengan teknologi yang sudah maju ini, siapapun bisa membuat desain yang bagus. Eits, satu lagi! Tetap sesuaikan dengan brand yang sudah kamu buat untuk produkmu ya. Jadi, alasan nggak bisa desain bukan lagi alasan masuk akal. Katakan tidak pada desain alay!  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
144SHARES