Kaktusmu yang di Dalam Ruangan Nggak Akan Mati Sia-sia dengan 9 Tips Ini

02 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Kaktus merupakan tanaman cantik nan mungil yang sering digunakan sebagai hadiah atau kenang-kenangan. Tapi, masih banyak juga kok yang menjadikan tanaman ini sebagai primadona di kebun kecil miliknya. Selain gampang dirawat, kamu nggak perlu bingung saat nggak bisa menyiraminya tiap hari.

Namun, sering nggak sih kamu menemukan kaktus hadiah dari temanmu mati, padahal kamu sudah menyiramnya seminggu sekali. Kamu pun sudah menempatkannya di tempat dengan cahaya yang cukup. Ternyata merawat kaktus susah-susah gampang, apalagi yang ditaruh di dalam ruangan. Makanya, simak beberapa tips ini biar kaktus hadiahmu tidak mati sia-sia.

1. Perhatikan media tanam

Sebagai tumbuhan yang berasal dari wilayah kering dan tandus, ia bisa bertahan hidup tanpa banyak air. Untuk itu pastikan media tanam kaktusmu tidak terlalu basah atau terlalu kering. Caranya isi pot dengan 50% tanah lembap yang tidak terlalu becek dan 50% bebatuan yang bisa membantu menjaga bagian daunnya tidak terjamah air terlalu lama. Kamu juga bisa tambahkan sedikit pasir kering di dalam potmu.

2. Pastikan mendapat sinar matahari cukup, tetapi jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Meskipun kaktus merupakan tanaman yang tahan kering dan butuh matahari seperti tanaman lain, tanaman tidak disarankan berada di bawah sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkan potnya di dalam ruangan asal pencahayaannya cukup.

3. Tanaman mungil ini tetap butuh udara segar

Seminggu sekali keluarkan kaktusmu dari ruangan dan biarkan ia menikmati udara bebas selama kurang lebih 6 jam.

4. Siram dengan semprotan

Kaktus cukup disiram seminggu sekali. Jangan pernah menyiram tanaman mungilmu ini dengan mengguyur daun atau medium tanam dengan air secara serta merta. Gunakan semprotan untuk membasahi bagian tanah atau medium tanamnya secukupnya hingga terlihat lembap. Jangan sampai menggenang dan mengenai daun, ada resiko daunnya membusuk karena tergenang air terlalu lama.

5. Pilih pot yang tepat

Pot boleh lucu dan modis, tetapi perhatikan juga keselamatan tanaman kaktusmu. Pastikan potmu memiliki lubang di bagian bawah untuk membuang sisa air. Ganti tanah dalam potmu setahun sekali agar bisa menyerap nutrisi dari tanah yang baru. Pot berbahan tanah liat lebih disarankan karena permukaannya berpori.

6. Kalau perlu beli pupuk khusus kaktus

Pupuk khusus ini dijual di pasaran, bisa kamu gunakan bersamaan dengan pasir kering.

7. Jangan letakkan di ruangan ber-AC

Kaktus cukup dipelihara di suhu ruangan (24-30 derajat Celcius) dengan penerangan alami dari sinar matahari yang cukup.

8. Amati baik-baik pertumbuhan kaktusmu

Kaktus bisa memberikan tanda-tanda yang kadang kita abaikan. Ada dua tanda penting. Pertama, jika ia tumbuh mengarah ke arah cahaya matahari, artinya ia kurang mendapatkan sinar matahari. Coba cari tempat yang memiliki pencahayaan yang seimbang, misal ruangan dengan jendela yang lebih besar dan lebih terang.

Kedua, jika daunnya mulai lembek bahkan layu, tandanya kamu terlalu banyak menyiram air sehingga ada akar yang membusuk di dalam tanah. Untuk yang satu ini sayangnya kamu tidak bisa menyelamatkan kaktusmu.

9. Kalau kamu membeli sendiri dan bukan untuk hadiah, tanyakan tips merawat dari si penjual

Ketika membeli, jangan sungkan bertanya pada penjual termasuk jenis apa kaktusmu dan apakah ada perawatan khusus yang perlu kamu tahu.

Hmmm, lumayan juga perawatan tanaman mungil satu ini. Walau sering dikira gampang dan disepelekan, ternyata ada ilmunya juga. Yuk rawat kaktusmu, jangan biarkan dia mati sia-sia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES